Awal Mula Gue Kerja Remote

--

Foto iseng, gue bukan iOS Developer kok, cuman belajar ngompile react native aja.

Assalamualaikum… Udah lama banget gue enggak nulis di blog, saking lamanya sampe bingung mau mencet huruf yang mana dulu 😂. Kalau ditanya kapan terakhir gue ngeblog mungkin waktu SMK sekitaran tahun 2010, zaman pertama gue ngebet banget pengen dapet duit dari Google Adsense. Kalau ditanya lagi alesannya kenapa gue gak pernah ngeblog? Karena waktunya gak ada, motivasinya gak banyak, dan MALES.

Nah, berhubung sekarang gue udah bisa mengatasi ketiga alesan di atas, maka tulisan ini akhirnya bisa gue tulis dan bisa kalian baca (Insya allah) walaupun dengan bahasa yang paling gampang kalian semua pahamin. Gue ucapin Alhamdulillah, dan terima kasih buat pendidikan formal di negeri ini yang udah bikin kita jadi bisa baca-tulis.

Jadi begini bray, gue udah jadi remote worker mungkin udah 2tahun lebih, hampir 3tahun sih lebih tepatnya, kalau kredit motor mungkin gue udah dapet 2 sepeda motor, tapi sayangnya gue enggak kredit-kredit sampai sekarang 😂.

Awalnya gue sama seperti kalian, yaitu jadi programmer yang berangkat pagi pulang sore, namun gue menyadari jika produktifitas gue pagi hari di kantor sampai sore gak sebesar jika dibanding dengan gue kerja di malam hari, hal ini mengakibatkan gue harus ngelembur di rumah atau nginep di kantor, karena seharian di kantor gue nggak ngelakuin apapun, paling cuman koding seadanya aja 😤.

Ditambah lagi, kondisi lalu lintas surabaya setiap pagi yang bikin kita pusing 😩, udah panas, macet, dan lagi asap kendaraan, ngebuat gue bad mood sampai kantor. Lama kelamaan, namanya juga manusia pasti ada yang namanya letih, badan drop, dsb. Dengan berbagai alasan gue minta ke kantor untuk izin kerja remote dari rumah. Alhamdulillah dapet ACC, dan ini adalah pertama kalinya gue bisa ngerasain kerja remote (kerja remote KW sekian….)

Pertama kali ACC kerja remote dari RUMAH 😅 | 2015

Dan ternyata, produktifitas gue sangat meningkat ketika kerja di rumah 😇, gue berusaha meyakinkan kantor untuk gue terus remote, dan akhirnya gue semakin sering kerja remote di kantor lama gue, walaupun bukan fulltime remote.

Benefit kerja remote

Walaupun gue gak sepenuhnya kerja remote dan bisa dibilang newbie dalam dunia per-remote-an, tapi banyak benefit yang gue rasain saat itu, diantaranya adalah :

  1. Gak repot ke kantor, kena macet, panas, dll.
  2. Kerja nyaman di rumah, dan dekat dengan keluarga
  3. Lebih bisa berhemat, karena gue gak perlu keluar makan yang banyak, numpang makan dirumah orang tua, banyak cemilan. 😂
  4. Gue bisa kerja sambil ngopi di cafe.
  5. Produktivitas gue meningkat lebih tinggi.
Kerja di demandailing cafe, FYI, makanannya mahal. 😂

Dengan waktu yang sangat singkat gue bisa ngerasain benefit yang luar biasa, dan keren. Bagaimana kalau gue kerja remote sepenuhnya? Bagaimana kalau mendedikasikan hidup gue sepenuhnya untuk remote, hingga gue punya julukan Remote Guru. 😂 lebay banget dah. Intinya, semakin lama gue remote gue masih aja happy, dan nyaman, ditamah lagi gue sekarang udah menikah, gue makin bisa menikmati waktu bersama istri dirumah. ❤️

For your information, sekarang gue bekerja remote secara fulltime di salah satu perusahaan Malaysia, dan udah 2 tahun lebih gue melakukan pekerjaan sebagai Fulltime Remote Worker. Insya allah gue bakalan sharing bagaimana gue memulai kerja remote secara fulltime di tulisan berikutnya (Semoga saja ya…)

Terimakasih sudah membaca tulisan gue, semoga enggak ngehabisin waktu kalian. 😂😂😂

--

--