Menjadi Speaker di Campus Starter 2018

Muhammad Ridho K. Pratama
Ridho's Personal Note
3 min readJan 30, 2018

Kehabisan bahan tulisan teknikal ceritanya, jadinya saya memutuskan untuk menulis ini saja.

Hari Sabtu dan Minggu kemarin (27–28 Januari) saya berkesempatan mengenalkan jurusan Teknik Informatika di acara tersebut ke dua kalinya, kali ini venuenya di Despro ITS. Sebelumnya pernah juga menjadi speaker di acara yang sama tahun lalu, di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

beberapa speaker yang terlibat, saya satu-satunya yang dari UB wkwk

Goalnya sebenarnya sederhana sih, supaya calon mahasiswa, terlebih yang ingin masuk ke Teknik Informatika bisa mengetahui lebih dalam tentang jurusan kuliah yang ingin dimasuki, agar tidak terjadi fenomena yang bernama salah jurusan.

Yang disampaikan selama materi berlangsung ada 3 bagian, deskripsi singkat tentang jurusan tersebut, yang dipelajari didalam jurusan tersebut apa aja, dan prospek karirnya. Bagi saya, waktu 60 menit tiap sesi sangat tidak cukup untuk bisa menjelaskan secara mendalam tentang jurusan yang sedang dibahas, terlebih Teknik Informatika, karena sebetulnya saya ingin membahas lebih dalam dari sisi tidak enaknya, yang mana kalau dijelaskan dengan rinci bisa membutuhkan waktu yang lama, bahkan lama banget 😅.

Saya kebagian mengisi materi di kelas Teknik 2A, bersama perwakilan dari Teknik Pangan (Hanum, UNPAS 2014) dan Teknik Kimia (Mas Askar, ITB 2013 dan Farida, ITS 2014).

Kita bergantian melakukan presentasi 3 bagian tadi selama kurang lebih 10 menit, lalu di lanjutkan QnA setelah 3 pemateri selesai presentasi.

lagi menjelaskan tentang profil lulusan

Dari 2 hari presentasi, saya bisa ambil kesimpulan bahwa peserta yang ikut ini tidak terlalu banyak yang berminat kuliah di Teknik Informatika. Saya bingung, harus senang apa harus sedih 🤔.

bersama speaker lain dan panitia
berdiri (ki-ka): Mas Adit, Mas Ricky, Me, Mas Anandre — duduk (ki-ka): Mas Firman, Mas Anashrull, Mas Adhie, Mas Habibie, Mas Eki
Teknik 2A 1st session (ki-ka): Hanum, Me, Farida
Teknik 2A 2nd session (ki-ka): Mas Askar, Hanum, Me

Saya bersyukur bisa kembali berkontribusi bersama orang-orang yang hebat, yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, yang memiliki prestasi segudang, dan yang memiliki goal yang sama untuk membantu siswa SMA/SMK tingkat akhir dalam mengetahui lebih dalam mengenai jurusan yang akan ia masuki. Serta saya bersyukur pula karena masih diberi kesempatan dan waktu untuk memperlebar lingkaran relasi dengan orang-orang hebat ini.

Terima kasih pengalamannya, dan semoga bisa bertemu dan berkontribusi di lain kesempatan.

--

--