Proses Renovasi Rumah Keluarga Praka Anumerta Wahyudi Mulai Dilaksanakan

TNI telah kehilangan salah satu prajurit terbaiknya, anggota dari Detasemen Artileri Pertahanan Udara Rudal 004 Dumai, Prajurit Satu (Pratu) Wahyudi (26).

Wahyudi gugur saat melaksanakan tugas memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di di Desa Labuhan Tangga, Kecamatan Rokan Hilir, Riau pada Agustus 2016 lalu, sebagai bagian dalam Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam rangka mengapresiasi jasa almarhum yang telah berdedikasi menjalankan tugas menanggulangi karhutla untuk negara, Pratu Wahyudi diberikan gelar penghargaan sebagai Prajurit Kepala (Praka) Anumerta Wahyudi.

Sejumlah stakeholder pemerintah dan perusahaan memahami duka mendalam yang dirasakan keluarga yang ditinggalkan. Atas kehilangan ini, TNI di bawah Satgas Karhutla memberikan dukungan dalam bentuk moril dan material.

Inisiatif tersebut juga membuat Sinar Mas Forestry merasa tergerak untuk memberikan bantuan, yakni berupa renovasi rumah tinggal almarhum di Desa Pupus, RT 01 RW 12 Dusun Grumbulmalang, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Foto-foto: istimewa

Hari ini, Selasa 20 September 2016, proses renovasi rumah keluarga mendiang telah dilaksanakan dengan baik. Kita semua berharap proses ini akan berjalan lancar hingga selesai, dan tentunya bantuan tersebut bermanfaat untuk keluarga.

Direktur Asia Pulp & Paper (APP), Suhendra Wiriadinata menyampaikan ikut berbelasungkawa atas kehilangan salah satu prajurit terbaik Indonesia, dan ia berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan.

“Bantuan renovasi rumah yang kami berikan memang tidak akan menggantikan sosoknya, setidaknya dapat sedikit membantu meringankan beban keluarganya,” tutur Suhendra.

Mendiang Wahyudi semasa hidupnya menjadi tulang punggung keluarga, dan memiliki tiga adik yang masih dibantu untuk biaya sekolahnya. Selain dukungan material, Sinar Mas Forestry juga akan memberikan bantuan beasiswa kepada adik-adik korban.

Simbolis penyerahan sebelumnya telah dilakukan di markas Korem Pekanbaru, Riau pada 16 September 2016, dari Sinar Mas Forestry dan diterima Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang didampingi Kasipers Korem 031/Wirabima Kolonel Inf Chandra Wirawan untuk diteruskan kepada keluarga Praka Anumerta Wahyu di kampung halamannya, seperti dikutip dari Okezone.

Turut hadir pula Kepala BPBD Provinsi Riau, Edward Sanger, dan Kepala BMKG Sugarin.

Foto: istimewa

Jenazah Praka Wahyudi dikebumikan di kampung halamannya di Magetan, Jawa Timur, Rabu malam, 23 Agustus 2016. Wahyudi sempat menghilang dan terpencar dari tim sejak 18 Agustus 2016, saat dirinya bertugas memadamkan kebakaran hutan.