Manfaat Daun Bidara

12 bidara
12 bidara
Oct 23, 2016 · 2 min read

Tanaman bidara yaitu salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam class tanaman semak. Pohon bidara mampu tumbuh subur di semua daerah. Tumbuhnya bibit tumbuhan bidara banyak dilakukan oleh burung pemakan.
Di beberapa negara seperti China dan India, pohon bidara dimanfaatkan daun serta buahnya gunai dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Berikut ini manfaat daun bidara.
1. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Luka Bakar
manfaat daun bidara untuk mengobati luka bakar awalnya diterapkan di India. Daun bidara yang masih segar mampu menghasilkan efek dingin pada kulit yang terbakar. Selain itu, senyawa yang ada pada daun bidara dapat mengatasi luka bakar agar tidak jadi bekas luka pada kulit. Sehingga, bila memiliki luka bakar kecil dan masih bisa diobati sendiri, maka carilah beberapa lembar daun bidara segar dan masih ranum. Kemudian besihkan dan letakkan pada bagian yang terkena luka bakar.
2. Solusi Masalah Kecantikan
Manfaat daun bidara guna memperindah wajah telah digunakan sejak zaman kuno di China. Daun bidara secara efektif dapat menyelesaikan berbagai permasalahan pada misalnya jerawat serta berbagai macam reaksi penuaan dini contohnya keriput dan mata panda. Guna merawat kecantikan dengan daun bidara mampu memakainya menjadi masker, caranya:
Hancurkan daun bidara menjadi bubuk
kemudian tambahkan dengan air sedikit hingga jadi adonan masker
Gunakan masker secara meratanya pada wajah
Diamkan beberapa saat sampai kering
Bilas muka dengan air hangat setelah seluruh lapisan masker kering
untuk memperoleh hasil yang maksimal maka kita bisa memakainya secara teratur selama 2 x seminggu, dan rasakan kulit nampak sangat lembut.
3. Mengobati Diabetes
Kandungan senyawa yang dihasilkan pada daun bidara bubuk ternyata juga bisa memelihara tubuh dari kerusakan sistem penyusunan kadar gula. Hal inilah yang menyebabkan pemanfaatan daun bidara kering untuk pengobatan diabetes terbukti ampuh.
Diabetes mampu terjadi disebabkan oleh keadaan tubuh tidak mampu mengkondisikan kadar glukosa pada darah, kerusakan sistem insulin dalam tubuh akan menyebabkan beberapa ancaman ganguan lain contohnya ginjal dan jantung. Daun bidara serbuk yang dikonsumsi contohnya teh mampu menstabilkan kadar glukosa dalam darah dan menyusun sistem antibody terhadap pengaturan produksi insulin.
Pemanfaatan daun bidara untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit memang sudah begitu dikenal sejak dulu. Tapi tidak semua wilayah bisa mendapatkan daun bidara dan harus mengambil dari daun bidara dari wilayah lain baik pada bentuk kapsul, bubuk maupun serbuk. So, sekarang belilah daun dari di orang yang jual daun bidara.