Contoh Teks Eksposisi Terkait Pendidikan

Contoh teks eksposisi yang pertama, kita mulai dengan teks eksposisi yang bertema pendidikan. Dibawah ini umpamanya : 
Pergantian Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis : 
System pendidikan Indonesia jaman sekarang alami satu pergantian yang benar-benar vital. Pergantian itu bersangkutan dengan kurikulum yang difungsikan dalam dunia pendidikan Indonesia. Di mana, kurikulum 2006 yang sejak mulai lama difungsikan ditukar dengan kurikulum 2013. Walaupun tak segala sekolah memanfaatkan kurikulum ini, tapi tetap jalan sebagimana hendaknya.

Argumentasi : 
Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) dalam lebih dari satu peluang memaparkan kalau, kurikulum 2013 dikedepankan pada sekolah-sekolah yang punya akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang umum disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Ketentuan keterjangkauan distribusi buku juga jadi prasyarat pada sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga memaparkan kalau kurikulum 2013 ini konsentrasi pada pembangunan sikap, pengetahuan, ketrampilan, pembawaan yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. 
Tidak cuman itu, kurikulum 2013 juga memprioritaskan terhadap pertalian pada evaluasi dengan rasa sukur pada pemberian Tuhan Yg Maha Esa terhadap manusia sebagai pengelola alam lebih kurang. Teristimewa berpedoman pada evaluasi yang di awali dengan melihat, menanya, menalar, serta coba atau mencipta.

Musliar Kasim sebagai wakil Menteri Pendidikan serta Kebudayaan memiliki anggapan, kalau Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktek dari pada hafalan. Sebab sampai kini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang malahan di rasakan kurang menaikkan kreatifitas. Lewat Kurikulum 2013 ini, pemerintah pingin membuahkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, serta afektif. Dalam kurikulum 2013 tiap-tiap peserta didik dibuat supaya punya pengetahuan, ketrampilan, serta sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengutarakan kalau kurikulum 2013 ini punya tujuan buat membuat pembawaan generasi memiliki kualitas, cinta tanah air serta bangsanya. Tidak cuman itu kurikulum 2013 juga memprioritaskan peran aktif siswa dalam sistem belajar mengajar, jadi generasi lain kali terus punya jati diri bangsa Indonesia serta memiliki kualitas. 
Penegasan Lagi : 
Tapi, nyata-nyatanya juga banyak penduduk yang menampik berlakunya kurikulum 2013 ini. Pergantian kurikulum ini di kira benar-benar mendadak serta di paksakan. Bahkan juga, ada yang memiliki anggapan kurikulum ini kurang konsentrasi dikarenakan mencampurkan dua mata pelajaran yang punya substansi pokok yang berlainan. Meskipun, mata pelajaran yang bakal di ajarkan di buat lebih simple, tapi tingkat pengetahuan serta pemahaman yang dipunyai peserta didik bakal jadi tambah menyusut dikarenakan mata pelajaran itu tak dipelajari dengan cara utuh, tapi dengan cara terpisah-pisah jadi bakal bikin peserta didik jadi bingung.

Diatas seluruhnya, mesti kita akui kalau dalam tiap-tiap pergantian pastinya punya segi positif serta negatif, dan tak segala orang senang bakal pergantian. Kita menginginkan dengan pergantian berlakunya kurikulum 2013 ini bakal dihasilkan generasi Indonesia jadi semakin tambah maju, kreatif, inovatif, produktif, serta memiliki kualitas.

Contoh Teks Eksposisi Terkait Ekonomi

Buat contoh di bawah ini, yaitu teks eksposisi yang bersangkutan problem ekonomi. Bahasan ini bisa acap kali diangkat dalam pembuatan teks eksposisi. Dibawah ini umpamanya : 
Anomali Perkembangan Ekonomi Indonesia

Tesis : 
Di dalam keadaan perekonomian global yang dirundung krisis, catatan perkembangan ekonomi Indonesia perlihatkan hasil positif. Pada triwulan ke-2 th. ini dibanding dengan periode yang sama tahun yang lalu, ekonomi Indonesia tumbuh lebih kurang 6, 4 prosen. Perkembangan ini terus masih tetap terpust di Pulau Jawa dengan perkembangan sebesar 57, 5 prosen. Apabila diakumulasikan, perkembangan ekonomi Indonesia semester I th. 2012 tambah baik dibanding dengan semester I th. 2011 yang tumbuh lebih kurang 6, 3 prosen. 
Argumentasi : 
Tapi, perkembangan ekonomi Indonesia di kira alami anomali. Hal semacam ini diungkapkan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Beliau beralasan, perkembangan ekonomi ini tak diikuti dengan penambahan kesejahteraan penduduk. Selanjutnya daeng memaparkan, minimal ada empat elemen yang bikin ekonomi Indonesia alami anomali. Pertama, perekonomian Indonesia banyak digerakkan oleh utang asing yang nilainya senantiasa naik. “Utang Indonesia menjangkau Rp. 2. 865 triliun. Utang asing pemerintah bertambah tiap-tiap tahunnya. Utang ini jadi sumber pendapatan paling utama pemerintah serta jadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia, ” tutur Daeng. 
Ke dua, penambahan mengonsumsi penduduk diduga turut mendorong perkembangan ekonomi Indonesia. Mengkonsumsi penduduk yang bertambah bersumber dari harga sandang serta pangan yang alami kenaikan, dan ditopang oleh perkembangan credit lebih-lebih credit mengonsumsi. Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, rimba, migas serta bahan tambang, jadi kurang membuat nilai jadi serta lapangan pekerjaan. Elemen paling akhir, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh investasi asing yang bikin sumber daya alam Indonesia jadi dikuasai asing. 
Disamping itu, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Kampus Gadjah Mada, beranggapan, perkembangan ekonomi Indonesia mendapat dukungan oleh bidang domestik. Menurut beliau, resiko krisis global lewat defisit neraca perdangan serta penurunan ekspor baru bakal merasa pada kuartal ketiga serta ke empat th. ini. Beliau berpikiran peran ekspor pada PDB tak besar. 
Sama dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara mengemukakan, kalau beberapa sector ekonomi dalam negeri tumbuh dikarenakan mendapat dukungan oleh suku bunga rendah. Hal semacam ini nampak dari perkembangan credit yang menjangkau 26–28 prosen sekalian didorong oleh harga BBM yang rendah dikarenakan masih tetap disubsidi oleh pemerintah. Selanjutnya diekspos Mirza, bidang yang fokus dalam negeri alami perkembangan tinggi, seperti otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, serta perdagangan. Oleh karena itu, perkembangan bidang yang fokus dalam negeri menjadikan kecenderungan defisit neraca perdagangan yang jadi tambah besar. 
Penegasan Lagi : 
Menurut Tony, berbelanja pemerintah yang tambah besar serta cepat juga benar-benar menunjang perkembangan. Bersamaan hal semacam tersebut, tingkat inflasi yang ada dibawah 5 prosen cukup menunjang, meskipun hal semacam tersebut ada resikonya, yakni nilai subsidi kekuatan yang senantiasa membengkak yang sesungguhnya condong tak sehat.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated 4d1jonk’s story.