Sejarah Singkat Pramuka

Pemanduan yang dikenal di Indonesia dikenal sebagai Pramuka, dikembangkan olehTuhan Baden Powell sebagai cara untuk mendorong orang-orang muda di Inggrisyang terlibat dalam kekerasan dan kejahatan, ia dilaksanakan secara intensifpemanduan untuk pemuda dengan 21 orang yang berkemah di Pulau Brownsea 8hari pada tahun 1907. Mengalami keberhasilan Baden Powell sebelum dan setelahperkemahan di Brownsea ditulis dalam sebuah buku yang berjudul “Pemanduanuntuk Boy”.

Melalui buku “Pemanduan untuk Boy” yang adalah Pramuka berkembang termasukIndonesia. Pada periode 1950–1960 organisasi Kepanduan tumbuh lebih banyak danlebih nomor dan manifold, bahkan termasuk Kepanduan berafiliasi pada partai politik,itu jelas bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar dan metode pramuka.

Adanya Pramuka seperti suara ini tidak efektif dan dapat tidak mengimbangiperubahan zaman dan kecil menggunakan mendukung pembangunan bangsa danpembangunan generasi muda yang melestarikan kesatuan dan persatuan bangsa.

Memperhatikan keadaan itu dan atas angka-angka dari waktu, serta Pramuka adalahbertentangan dengan undang-undang dari MPRS No. II/MPRS/tahun 1960-an,Presiden Sukarno sebagai mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 ditujukan kepadakepemimpinan Pramuka di Istana Merdeka. Dia merasa diwajibkan melaksanakanamanat MPRS, untuk lebih mengefektifkan organisasi Kepanduan sebagai komponenbangsa potensi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Oleh karena itu ia menyatakan pembubaran organsiasi Pramuka di Indonesia danmeleleh ke organisasi satu pendidikan pramuka gerakan yang disebut gerakanPramuka yang diberi tugas untuk melaksanakan pendidikan pramuka anak-anak dankaum muda Indonesia. Gerakan Pramuka dengan tangan dari tunas kelapa dalambentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 pada tahun 1961,20 Mei 1961.

Meskipun kontrol gerakan Pramuka keberadaannya dibentuk dengan KeputusanPresiden Republik Indonesia Nomor 238 pada tahun 1961, tapi secara resmidiperkenalkan ke gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961, tak lama setelahPresiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji gerakan Pramuka denganKeputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 pada tahun 1961. Sejak itu jadipada tanggal 14 Agustus sebagai gerakan Pramuka.

Pengembangan gerakan Pramuka mengalami pasang surut dan pada periode tertentuyang kurang dianggap penting oleh orang-orang muda, sebagai hasil dari suksesinilai-nilai yang terkandung dalam filosofi Pancasila dalam pembentukan kepribadiandari orang-orang muda yang esensi pemanduan pendidikan tidak optimal. Menyadarihal itu kemudian pada peringatan ulang tahun gerakan Pramuka untuk 45-tahun2006, Presiden dari Republik dari Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dimulairevitalisasi gerakan kepanduan. Pelaksanaan revitalisasi gerakan Pramuka, antara laindalam pembentukan organisasi gerakan Pramuka upaya telah mengakibatkanpenerbitan hukum No. 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.