Jelajahi Taman Nasional Kita, Lalu Terinspirasilah!

“The world is a book, those who do not travel, read only a page” -St. Augustine

Siapa yang tidak setuju dengan kata-kata di atas? Dunia adalah sumber inspirasi, sumber dari segala yang diciptakan. Kalau sebelumnya saya men-suggest untuk membaca buku, maka kali ini saya akan mengajak berjalan-jalan!

Salah satu cita-cita saya adalah mengelilingi semua taman nasional di Indonesia, ya! Taman Nasional!

Indonesia punya tidak kurang dari 50 taman nasional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke loh!

Yap! Lima puluh! Banyak banget kan? Dan nanti akan saya berikan list yang most recommended-nya, tapi sekarang mari kita bicarakan kenapa harus taman nasional sih?

Banyak banget alasan yang bisa diberikan, tapi kira-kira begini:

  1. Taman Nasional di Indonesia itu sudah melingkupi daerah-daerah primadona dari tiap region, maksudnya adalah di setiap bagian utama dari Indonesisa memiliki taman nasionalnya sendiri, misalkan di Jawa Timur ada Baluran, di Jawa Barat ada Ujung Kulon, dst.
  2. Taman Nasional biasanya jarang dijamah oleh wisatawan yang memang bermental turis, maksudnya adalah, biasanya orang-orang yang pergi ke taman nasional memang punya misi khusus dan rata-rata bukan untuk jalan-jalan, jadinya mereka lebih memiliki etika untuk menjaga tempat ini agar tetap asri.
  3. Taman Nasional bro! Namanya aja udah taman nasional, artinya tempat ini adalah tempat yang memang dikelola langsung oleh pemerintah dalam rangka mendukung pelestarian alam yang tidak dipaksakan seperti kebun binatang, jadinya lebih alami dan sehat!
  4. Ada prestige tersendiri ketika kita mendatangi taman nasional di Indonesia, konon, tiap taman nasional memiliki badge masing-masing yang dapat kita kumpulkan.

Begitu kira-kira sedikit dari ribuan alasan yang ada.

Bicara soal taman nasional, tiba-tiba saya kangen dengan tempat yang satu ini, Taman Nasional Baluran, dua kali saya pergi ke tempat ini di tahun 2014.

Baluran National Park, May 2014, photo by Aditya Wicaksono

Tempat ini benar-benar memanjakan mata para pelancong yang pergi ke sana, Baluran terletak di pojok Jawa Timur, tepat di atas Banyuwangi. Tempat ini disohorkan dengan nama Africa van Java yang artinya Afrika di Jawa. Hal yang paling mahal di tempat ini adalah padang savannah-nya yang luas, yang membuat mata yang jarang melihat hal ini akan terkagum-kagum dibuatnya.

Baluran sendiri juga memiliki keanekaragaman hewan yang cukup beragam. Di sana kita dapat menemukan Banteng Jawa, Monyet, Merak, hingga Macan(ini sangatlah sulit untuk dicari, dibutuhkan keberuntungan yang luar biasa). Dan di sana kita dapat menemukan sebuah pantai yang bernama pantai Bama yang sangatlah sepi jika kita beruntung(sebelum tempat ini nge-trend, yang mana sekarang sudah cukup ramai karena sudah terkenal).


Sedikit bercerita tentang perjalanan saya ke Baluran tahun lalu, saya melanjutkan perjalanan ke Menjangan yang mana terletak di atas pulau Bali. Seperjalanan ke sana, saya melewati taman nasional pula, taman nasional Bali Barat namanya, yang mana menjadi satu-satunya tempat habitat Jalak Bali saat ini(berdasarkan data dari Wikipedia). Namun, saya tidak sempat ke sana. Yang jadi sorotan adalah, perjalanan dari Baluran menuju Bali Barat tidak memakan waktu yang terlalu lama, kurang lebih 4 jam perjalanan. Artinya, akan sangatlah lumayan apabila kita pergi ke dua tempat tersebut secara bersamaan.

Nah, itulah sedikit cerita dari taman nasional yang pernah saya datangi.

Sedikit cerita, saya punya target yang sangat saya impikan untuk pergi ke taman nasional, yaitu adalah….

Nasalis larvatus atau yang biasa disebut Bekantan merupakan hewan endemi asli Kalimantan Selatan, gambar diambil dari Google

Taman Nasional Tanjung Puting! Taman nasional yang terletak di Kalimantan Tengah. Merupakan taman nasional yang menampung hewan-hewan primata seperti orang utan, monyet, gorilla, dan yang paling saya senangi adalah bekantan! Hewan yang menjadi maskot Dunia Fantasi ini adalah sejenis kera yang memiliki hidung mancung, dan memiliki rambut berwarna merah, sehingga biasa saya sebut monyet bule, hehehe.


Yap, jika membicarakan tentang melimpahnya keanekaragaman hayati Indonesia tentunya tidak akan selesai dalam satu artikel, dan inilah hal-hal yang sekiranya membuat saya tertarik untuk bertualang menuju taman nasional yang ada di Indonesia(sebelum keluar negeri tentunya).

Buat apa keluar, sementara kita punya sesuatu yang penuh dengan keajaiban alam?

Buat saya, keluar negeri itu jika dan hanya jika ada keperluan, kalau tidak, saya lebih memilih untuk jelajah negeri sendiri dulu, karena serius! banyak sekali hal-hal yang super menarik yang bisa dijelajahi. Saya baru menyinggung soal taman nasional loh! Belum yang lain-lain.


Kembali ke topik awal, ketika kita berkenalan dengan alam, inspirasi akan datang seperti air, dan kembali ke artikel sebelumnya pula, pikiran akan berjalan lebih lancar untuk menuangkan sesuatu ke medium apapun, berkarya menjadi lebih nikmat, dll.

Jadi, berjelajahlah!

List Taman Nasional yang recommended untuk pemula:

  1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, Savanna-nya luar biasa
  2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, landscape pegunungannya luar biasa
  3. Taman Nasional Way Kambas, Lampung, banyak gajahnya,! dan kalau hoki bisa dapat badak, tapi susahnya setengah mati
  4. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, banyak monyetnya, menjelajahi hutan dengan kapal!
  5. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, diving site-nya luar biasa

dan lainnya yang pastinya tak kalah menarik, saya tidak mencantumkan situs pendakian seperti Merapi, Halimun, dll. karena tidak direkomendasikan untuk pemula.

Selamat mencoba!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.