Hidden Figures

Hidden figure adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel non fiksi karya margot lee shetterly yang bercerita tentang 3 orang tokoh wanita african american yang bekerja NASA pada tahun 1950an. Film ini sendiri berlatar belakang tentang kondisi amerika yang masih tersegresi berdasarkan warna kulit dan perlombaan menuju ruang angkasa yang sedang memanas antara amerika dan soviet. Keberhasilan sputnik mengorbit bumi membuat amerika harus berusaha keras mengejar ketertinggalan mereka dari soviet.

Banyak hal yang menarik dan pejaran berharga dalam film ini diantara nya adalah :

  1. Embracing the difference will slow you down.
Here at NASA we Pee the same color

kalimat diatas di ucapkan oleh al harison, direktur space task group ketika ia menghancurkan labaled colored ladies bedroom dan memerintahkan bahwa mulai saat ini di NASA tidak ada lagi segresi berdasarkan warna kulit karena kita semua sama apa pun warna kulit kita.

Ditengah perlombaan ketat dan dengan posisi tertinggal oleh soviet, kondisi amerika yang masih tersegresi benar-benar menghambat kinerja NASA. katherine globe, salah satu tokoh utama yang di ceritakan dalam film ini harus pergi ke sebuah toilet yang di khususkan untuk african amerikan yang berjarak 1 jam bolak balik dari gedung tempat ia bekerja ketika ia ingin buang air kecil karena gedung tempat ia bekerja tidak terdapat colored toilet.

2. The world keep changing time over time and we have to adapt

Pada tahun 1950 ketika space race ini berlangsung, NASA masih menggunakan “komputer manusia” untuk melakukan perhitungan-perhitungan rumit. Dorothy vaughan salah satu tokoh utama dalam film ini bertanggung jawab terhadap “Komputer Manusia” tersebut yang seluruhnya merupakan wanita african american. ketika dia melihat NASA mulai mencoba menggunakan sebuah komputer mainframe raksasa buatan IBM untuk melakukan perhitungan ia menyadari bahwa segera NASA tidak akan membutuhkan “Komputer Manusia” lagi. Tapi kemudian ia menyadari bahwa komputer mainframe tersebut membutuhkan banyak operator dan ia pun bersama dengan “komputer manusia” lainnya mulai mempelajari FORTRAN yang merupakan bahasa pemrograman yang di gunakan dalam pengoperasian komputer mainframe tersebut. Sampai Akhir karirnya di NASA dorothy vaughan dikenal sebagai seorang ahli fortran dan diakui sebagai salah satu wanita genius di NASA.

3. Never Give up

If you want you will find the way, if you don’t you will find excuses

Merry Jackson merupakan wanita pertama di NASA dan amerika yang berhasil menjadi seorang aeronautical engineer. But she did not get there easily. pada awalnya Merry jackson sama seperti wanita african american lainnya disana, adalah seorang “komputer manusia”. Salah seorang engineer NASA yang juga merupakan seorang imigran polandia Mr Zielinski meyakinkan merry untuk mencoba melamar sebagai engineer. Aplikasi merry di tolak karena walaupun ia memliki gelas sarjana di bidan sains dan matematika, NASA membuat sebuah syarat baru bahwa yang dapet mengikuti pelatihan engineer hanyalah orang-orang yang telah mengikuti pendidikan lanjutan di University of Virginia atau Hampton High school. Pada saat itu Virginia masih merupakan negara bagian yang menganut segresi secara kuat dan dua sekolah diatas adalah sekolah khusus kulit putih. Merry kemudian mengajukan petisi ke pengadilan untuk dapat menjadi wanita kulit hitam pertama yang mengikuti kelas lanjutan di hampton high school.

The way merry negotiate and convinced the judge is one of the best scene for me in this movie.

Bagi yang ingin tau lebih jauh tentang tiga sosok wanita yang terdapat dalam film hidden figure tersebut dan juga tokoh-tokoh lainnya bisa membuka website NASA https://www.nasa.gov/modernfigures/faq