Ketagihan Pedas Manis Sate Beureum Mang Soleh

Heibogor.com — Bosan dengan menu kuliner yang itu-itu saja? Tak ada ruginya mencoba kuliner yang menjadi menu pilihan baru bagi penyuka olahan sate. Ya, Sate Beureum Mang Soleh namanya. Berlokasi di Jalan Raya Tajur No. 168 dekat Royal Tajur atau Lotus Motor, sate ini menyajikan rasa dan tampilan yang bikin ketagihan.

Jika sate pada umumnya mengutamakan bumbu kacang, atau sambal kecap sebagai pelengkap, yang ini memakai bumbu cabai merah sebagai bahan dasarnya. Menurut salah satu pengelola sekaligus operasional Sate Beureum mang Soleh Sigit Wahyudi alasan dinamakan Sate Bereum karena sate yang satu ini berbeda dengan sate lainnya.

“Saya ingin mengubah cita rasa sate ayam tapi tetap pas di lidah orang Bogor. Ini terinspirasi dari sate khas Banjarmasin, hanya saja di sana merahnya itu menggunakan saos,” ujar Mahasiswa Gici Business School jurusan manajemen itu saat ditemui heibogor.com, Senin (22/02/16).

Wahyu bersama dua orang teman lainnya memulai usaha ini sejak 9 bulan lalu yang awalnya hanya melayani pesan antar. “Dari situ kenapa kita gak buka lapak kecil-kecilan Alhamdulillah responnya terutama dikalangan anak muda sangat antusias karena kita juga menggunakan promosi melalui sosial media,” akunya.

Saat heibogor.com mencoba menu andalannya Sate Beureum, rasa pedas dari guyuran bumbu cabai sangat pas dilidah. Pedas bercampur manis bercampur menjadi satu rasanya? slurrrp…nyes pedas nikmat bikin nambah.

“Meski harga bahan baku saat ini lumayan mahal tapi bagi kami kualitas yang utama. Harga menu di Mang Soleh mulai dari 10 ribu hingga 18 ribu, murah bukan,” imbuhnya.

Penasaran? Coba menu pilihan seperti Sate Beureum dan Sate Lilit yang disajikan merupakan daging dada ayam fillet yang dioleskan oleh bumbu beureum dimasak hingga matang kurang lebih 15 menit. Bumbu yang sudah meresap pada saat pembakaran ini disajikan kembali dengan guyuran sambal.

Tak hanya dua menu andalan itu saja, Mang Soleh juga menyediakan Sate Cungkring, Sate Udang, Taco Beureum, Kulit Ayam Krispi, Siomay Goreng, Peuyeum Keju Susu, serta minuman berbau mocktail yang pas dinikmati bersama sate. Coba juga aneka minuman hangat yang menghangatkan tubuh seperti susu jahe dan chocolate cinnamon.

Buka mulai pukul 18:00 WIB hingga 24:00 WIB setiap harinya ini, Mang Soleh siap melayani pengunjung dengan suguhan sederhana lewat bangku maupun duduk lesehan. “Kalau makan disini tak lupa icip nasi wangi dan nasi wangi bakar sebagai teman makan sate yang tentunya lezat dan tak bikin kantong jebol,” selorohnya.

Penulis : Rahmawati Nasri


Originally published at pariwisata.heibogor.com.