Jerzy Dudek: Lionel Messi ‘Licik’ dan Cristiano Ronaldo ‘Arogan’

Mantan kiper Liverpool dan Real Madrid, Jerzy Dudek, memberi kecaman pada bintang Barcelona, Lionel Messi dan superstar “El Real”, Cristiano Ronaldo, dalam peluncuran bukunya yang kontroversial yang menceritakan karirnya selama 4 tahun di Santiago Bernabeu.

Dudek — yang menjadi bagian dari skuat Liverpool yang menjuarai Liga Champions pada 2005 di Istanbul — mengecam Lionel Messi karena dianggap sebagai sosok “licik dan provokatif”. Di sisi lain, dia juga menyebut Cristiano Ronaldo sebagai sosok “arogan, tapi di latar belakangnya dikenal sebagai pribadi yang autentik”.
“Di bawah Pep Guardiola, Barcelona itu tim provokatif,” tulis Dudek.

Ia juga mengkritik Messi dengan berujar: “Dia mungkin mengatakan kata-kata kasar kepada Pepe dan (Sergio) Ramos, hal-hal yang tak mungkin Anda bayangkan dari sosoknya yang tenang dan orang baik.”

Dudek juga menyerang mantan rekan-rekan setimnya di Real Madrid. Salah satunya, dia melabeli Raul dan Ronaldo sebagai pemain yang “egosentris” di buku, mengklaim dua pemain yang masih aktif bermain itu seperti “lebih baik tim menang 2–1 dengan gol-gol mereka, dibanding menang 5–0 tanpa gol mereka di papan skor.”

Iker Casillas juga disebut dalam buku yang ditulis oleh Dudek. Sedangkan pemain depan Atletico Madrid, Fernando Torres, dinilai sebagai pemain yang terlalu tinggi dinilai dalam sepakbola Spanyol.

Dudek juga mengingatkan sebuah episode khusus yang tak pernah terungkap selama ini. Saat itu, pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, masuk ruang ganti dengan marah, setelah ada seorang pemain yang membocorkan ke media perihal keinginan memasang Pepe di gelandang sejak menit awal pertandingan kontra Barcelona, sebuah taktik yang sebetulnya mesti dirahasiakan di dalam skuat.

“Mourinho mengeluarkan tangisan dari kedua matanya. Saya belum pernah melihat dia dalam kondisi semacam itu. Dan ia masih berteriak: “Dimana tikus ini? Siapa tikus itu? Siapa yang mau menjadi tikus itu? Mungkin Anda…” lalu dia (Mourinho) menunjuk Esteban Granero.

“Mourinho kemudian menjelaskan: ‘Ini mungkin ada seseorang yang bermain di sini sekian lama.’ Dia menunjuk pada tiga atau empat pemain, lalu bertanya: ‘Bagaimana bisa Anda menghancurkan apa yang sudah kami kerjakan selama seminggu penuh?’.”

“Mourinho melempar botol plastik ke tembok, membanting pintu dan pergi,” tulis Dudek dalam bukunya.

Ballball.com http://www.ballball.com/in-id/article/78527-jerzy-dudek-sebut-lionel-messi-licik-dan-cristiano-ronaldo-arogan-video/