Begini Lho Cara Mudah Klaim Asuransi Allianz Indonesia

Bontie
Bontie
Sep 30 · 3 min read

Allianz merupakan salah satu lembaga asuransi terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu, popularitas perusahaan ini juga tidak perlu Anda ragukan lagi karena telah berhasil mendapat penghargaan lembaga asuransi terbaik tingkat dunia. Ada berbagai jenis program asuransi yang ada di Allianz, seperti asuransi perlindungan kesehatan, jiwa, aset, asuransi persiapan dana pendidikan dan masih banyak lagi. Berbagai jenis asuransi tersebut memang dipersiapkan untuk Anda agar dapat memiliki proteksi yang mumpuni untuk meminimalisir kerugian maupun hal buruk yang dapat terjadi di masa depan. Selain itu, proses klaim asuransi Allianz juga terbilang mudah jika Anda mengikuti semua prosedur dengan baik.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Allianz Indonesia adalah Easy Payment, dimana para nasabah dapat membayarkan premi asuransi dengan mudah, kapan dan dimana saja tanpa harus repot keluar rumah dan mengantri. Untuk Anda yang saat ini telah terdaftar sebagai nasabah Allianz dan akan melakukan klaim dana asuransi, maka berikut ini akan kita bahas berbagai syarat yang sebaiknya Anda penuhi agar proses pengajuan klaim dapat berjalan lancar, antara lain:

>> Hal pertama yang harus disiapkan adalah dokumen penting seperti keterangan kecelakaan jika Anda akan mengajukan klaim asuransi kendaraan maupun bukti tertulis dari dokter yang menyatakan diagnosa penyakit tertentu jika Anda akan mengajukan klaim asuransi kesehatan.

>> Setelah itu, Anda juga harus menyertakan dokumen pelengkap seperti surat identitas diri, surat perjanjian asuransi yang masih sah dan berlaku pada saat Anda mengajukan klaim tersebut.

>> Langkah berikutnya yaitu Anda harus menyertakan surat klaim asuransi Allianz yang pada saat perjanjian biasanya sudah di jelaskan secara detail bagaimana melengkapinya.

>> Pastikan Anda juga mengajukan klaim dan asuransi pada waktu yang tepat yaitu sesuai dengan masa perjanjian yang telah disepakati.

>> Selanjutnya syarat terakhir yang harus Anda penuhi adalah memastikan lembaga asuransi tersebut tidak sedang dalam kondisi lapse atau tidak aktif.

Umumnya setiap jenis program asuransi akan memiliki prosedur dan syarat klaim yang berbeda, tergantung pada jenis klaim yang akan dilakukan seperti klaim penyakit kritis, klaim akibat meninggal dunia dan klaim yang diakibatkan pada kecelakaan cacat tetap.

Hal ini nantinya juga akan dipengaruhi oleh berbagai poin penting pada surat perjanjian yang telah Anda tanda tangani dengan pihak asuransi pada masa perjanjian polis. Selain itu, beberapa lembaga asuransi juga mewajibkan lampiran berupa dokumen tertentu kepada para nasabah pada saat melakukan pengajuan klaim dana asuransi.

Salah satu hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum melakukan pengajuan klaim asuransi yaitu jangan pernah sengaja melakukan kecurangan dengan cara yang ilegal atau dengan sadar melanggar hukum, karena semua proses akan diteliti secara detail oleh pihak asuransi dan jika terbukti melanggar permohonan klaim Anda akan langsung ditolak oleh lembaga asuransi tersebut.

Demikian ulasan mengenai cara mudah klaim asuransi Allianz agar dapat langsung di setujui. Anda dapat menjadikan beberapa syarat di atas sebagai bahan referensi yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim ke lembaga asuransi tersebut. Perusahaan Allianz telah dikenal sebagai lembaga asuransi terpercaya yang sudah digunakan oleh banyak masyarakat karena terbukti memiliki layanan dengan kredibilitas yang teruji. Selain itu, riwayat perusahaan ini juga terbilang sangat bagus sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mempercayakan semua urusan proteksi keluarga hanya pada Allianz.

    Bontie

    Written by

    Bontie

    http://www.triharyadi.web.id