Cari Jasa SEO Untuk Bisnis Online Itu Mesti Yang Gimana Sih?

Bontie
Bontie
Oct 10, 2019 · 4 min read

Tak dapat dipungkiri jika saat ini dunia digital bergerak dengan sangat cepat dan dinamis. Laksana fenomena climate change, perubahan yang terjadi di dunia digital juga adalah keniscayaan, sesuatu yang tidak dapat dihindari ataupun dibendung lagi kehadirannya.

Fenomena ini pun kemudian berdampak ke segala sektor, termasuk sektor bisnis. Kerap kali kita saksikan di layar kaca, toko-toko yang mengusung brand besar milik perusahaan korporasi tak pelak hancur lebur karena sepinya penjualan. Hal serupa juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan franchise yang stagnan penjualannya karena masih mengandalkan strategi promosi lewat flyers, poster dan strategi door to door seperti tukang parfum dan bedak di tahun 80an. Meskipun ini bukan lagi jamannya, tapi itulah satu-satunya strategi yang diketahui. Meski tak menghasilkan, tapi tetap dijalankan. Entah apa motivasinya, tapi biaya besar yang terus digelontorkan malah mempercepat perusahaan untuk makin terjun bebas, nyungsep kemudian terjungkal mati di gelapnya lorong kematian.

Jika begitu, mungkin analogi yang tepat adalah seperti supir bus yang menuruni jalanan berbukit dengan mata terpejam. Sedikit yang sampai tujuan berkat keberuntungan, tapi lebih banyak lagi yang ringsek tercebur jurang.

Turunnya penjualan kemudian memaksa efisiensi, mulai dari pemangkasan karyawan hingga menurunkan angka produksi. Namun semua itu terasa sia-sia manakala kehancuran yang sebenarnya sudah terdeteksi sejak dini tak dapat lagi dihindari. Terlambat sudah…itu adalah kalimat yang tepat untuk pemilik bisnis yang kurang cermat dalam “mengendus” perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis.

Peruntungan dari kedigdayaan Search Engine

Google telah mendominasi!. Bukan cuma di Indonesia, tapi dunia. Google seakan-akan telah menjadi “tuhan” bagi para oportunis di dunia online. Berbekal kemampuan internet marketing, Google dirubah; dari mesin pencari menjadi mesin pencetak duit. Kok bisa?.

Google dengan segala kedigdayaannya telah merubah Yahoo yang dulu sempat populer dengan Yahoo Search-nya menjadi publisher sekaligus agregator konten-konten berita dan iklan yang cuma kebagian remah-remah. Nasib serupa juga terdampak pada Bing. Ada tapi seakan-akan tak ada..ada tapi tak kelihatan, seperti angin. Begitulah nasibnya jika tak cepat-cepat mengantisipasi perubahan, melihat bagaimana pergerakan kompetitor, malas berinovasi dan nyaman dengan keadaaan (seperti mantan ber-citarasa pacaran. Padahal jauh dari pandangan, dia sudah jalan bergandengan)

Nah, bagi sebagian mereka yang pintar, level ke-super-an Google ini kemudian dimanfaatkan. Sebagian memanfaatkannya sebagai publisher dari blog, content creator di Youtube, atau jika punya skill lebih bisa jadi digital marketer yang andal. Dari sinilah pundi-pundi rupiah bisa dihasilkan. Begitu juga dengan pebisnis gaptek yang kemudian memanfaatkan ‘bakat-bakat’ tersebut untuk memasarkan produknya. Seakan trauma dengan kejadian tutupnya toko-toko besar di TV lantaran konsisten dengan ke-konvensionalannya, para pebisnis pun berburu digital agency yang mampu memberikan layanan jasa SEO profesional sekaligus terpercaya untuk menaikkan omzetnya, atau setidaknya menarik bisnisnya untuk tidak terlalu dipinggiran jurang.

Digital marketing, khususnya SEO telah menjadi senjata paling efektif untuk memasarkan berbagai produk, baik barang maupun jasa. Dengan menggunakan media internet pemilik bisnis bisa menjangkau berbagai wilayah pemasaran dengan biaya yang lebih hemat. Kasarnya, sambil tidur pun bisa tetap jualan!. Bukannya sombong, tapi semua itu tentu berkat orang-orang seperti saya yang setiap hari “bertemu” Google lewat browser. 8 jam sehari kami stay tuned di halaman mesin pencari untuk memantau, monitoring keyword klien-klien kami, melakukan pengamatan setiap perubahan kecil yang mungkin saja terjadi, fluktuasi serta berbagai hal kecil lainnya melalui “mikroskop” yang cuma dimiliki oleh saya dan rekan-rekan sejawat.

Berburu SEO Agency

Jangan sembarangan pilih jasa SEO!. Saya benar-benar menekankan ini karena menggunakan SEO bukannya tanpa resiko, akan tetapi justru sangat beresiko!. Oleh sebab itu jangan pernah tergiur dengan harga atau iming-iming hasil instan. Ingat, SEO adalah investasi jangka panjang. Kalau mau hasil cepat pasang iklan di Google Adword, jangan SEO!. SEO adalah hal yang jauh lebih luxury dan spesial dengan perlakuan yang juga spesial. Kalau punya uang banyak, bakar duit lewat iklan traffic langsung naik. Kalau duit sudah habis terbakar, ya udah traffic sepi. Beda halnya dengan SEO, sebab SEO bukan hanya bicara tentang uang, akan tetapi visi dan misi pemilik bisnis kedepannya!. Sejauh dan sebesar apa market yang ingin diraih, sebanyak apa pengembangan produk yang mau di scale up, kriteria audience seperti apa yang ingin ditargetkan dan bagaimana strategi yang mesti dilakukan agar bisnis tak hanya survive, tapi juga long last!. Pastinya ini impian setiap pebisnis kan?.

Ingat! Harus realistis. SEO punya konsekuensi. Sekali lagi jangan gunakan SEO cuma karena tergiur yang harga murah tapi ekspektasinya setinggi langit.

Nama.

Sebaiknya memilih penyedia jasa SEO yang sudah memiliki nama besar. Cara mengetahuinya adalah dengan bertanya pada mereka yang sudah pernah memakai jasa SEO untuk mendapatkan referensi. Penyedia jasa SEO yang sudah memiliki nama pasti akan lebih populer sehingga banyak orang yang akan menyarankan Anda untuk menggunakannya. Tulislah nama-nama jasa SEO yang direkomendasikan untuk dilakukan pemilihan lebih detail.

Pengalaman.

Semakin banyak pengalaman yang sudah dimiliki oleh penyedia jasa SEO maka akan semakin baik untuk Anda. Misalnya mereka sudah memiliki pengalaman untuk bekerja sama dengan client yang serupa dengan bisnis Anda. Cek portofolio yang mereka miliki untuk memilih dengan lebih jelas.

Biaya.

Biaya sangat relatif sesuai dengan kesepakatan di awal kampanye SEO. Ada istilah ada harga ada barang, saya rasa itu berlaku juga bagi hampir semua SEO agency, khususnya dimana saya bekerja sekarang. Biaya akan berpengaruh terhadap deliverables (yang bisa diberikan ke klien). Biaya yang besar, tentunya akan mendapatkan deliverables yang sesuai. Semakin besar deliverables, tentu akan berpengaruh ke performance juga.

Komunikatif.

Baiknya pilihlah agency yang memberikan layanan SEO yang komunikatif sehingga Anda atau karyawan Anda juga bisa bertanya mengenai sesuatu yang tidak dimengerti sehubungan dengan promosi di website yang Anda miliki. Dengan begitu, maka bukan hanya performance yang menjadi tolak ukurnya, akan tetapi juga knowledge transfer yang berguna bagi karyawan khususon perusahaan Anda. Selain itu tentu berpengaruh terhadap trust yang bisa menjadi modal kerjasama yang lebih lama dan sehat.

Nah, kira-kira itulah sedikit pemikiran dari saya bagi pemilik bisnis yang ingin mencari layanan jasa SEO untuk bisnisnya. Kalau Anda ingin bertanya lebih banyak juga boleh, bisa add connection Linkedin saya disini (boleh DM jika mau) https://id.linkedin.com/in/triharyadi82, kunjungi SEO Agency SmartDigital untuk konsultasi atau bertanya seputar layanan SEO. Atau kontak saya di https://cutt.ly/hubungi-orang-ini-via-WhatsApp

More From Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade