[TIPS SBMPTN 2017]

Sumber: berdasarkan pengalaman sendiri dan sudah berusaha diimprove dari kesalahan-kesalahan dalam hal mempersiapkan SBMTPN 2016 (maba Teknik Industri ITS 2016).

JADWAL SBMTPN 2017
Kegiatan
Tanggal

Pendaftaran CBT dan PBT
11 April - 5 Mei 2017

Ujian Tulis CBT dan PBT
16 Mei 2017

Ujian Keterampilan
17 dan/atau 18 Mei 2017

Pengumuman Hasil
13 Juni 2017

(Sumber: http://sbmptn.ac.id)

Sebelum Tes (Persiapan)
1. Bikin timeline kegiatanmu selama kurang lebih 1 bulan sebelum tes SBMTPN berlangsung.
Hari
Kegiatan
Yang perlu diimprove

1
Review materi Mat IPA
Materi A belum seberapa paham

2
Riview materi MatDas
Alhamdulillah lancar

3
Riview materi Saintek
Dst

4
Mengerjakan Soal SBMTPN tahun...

5
Dst

6

dst

Tips: Lebih di breakdown lagi lebih bagus. Misal: Hari ke-1, kalian breakdown berdasarkan jam.
Jam 03.00-06.00 materi A
Jam 07.00-09.00 materi B
Dst
Alasan: agar kegiatan kalian lebih terarah, dan meminimalisir segala hal yang wasting time (kegiatan yang tidak terlalu penting, ex: stalker ig mantan).

2. Buat peraturan untuk diri kamu sendiri apabila kegiatan” yang sudah kamu rencanain sedikit lepas kontrol. Misal seharusnya belajar materi B, tapi masih di materi A, maka harus ada peraturan supaya apa yang udah kamu rencanain tetep terlaksana meskipun waktu pelaksanaannya berubah. Contoh peraturan: ikhlas mengorbankan jam tidur untuk tetap belajar materi yang seharusnya hari itu dipelajari.

3. Dalam hal riview materi: usahakan kamu bisa paham konsep, dalam SBMPTN siswa tidak dituntut untuk bisa menjawab semua soal. Tetapi siswa dituntut untuk menjawab banyak soal, dari materi/ konsep yang sudah dikuasai. Jadi, materi yang sekiranya 50% lebih sudah dikuasai, usahakan perdalam lagi, karena ini bisa menjadi strategi kamu.
Dalam hal mengerjakan soal: beberapa siswa cenderung langsung mengerjakan soal untuk bisa memahami konsep. Langkahnya: kerjakan dan bahas 1 soal beserta konsep materi soal tersebut. Misal soal no 1 tentang Kimia Organik, kerjakan 1 soal tersebut dan bikin notes tentang konsep Kimia Organik. Jadi mengerjakan soal sekaligus memahami konsep. Apabila punya cukup waktu, kerjakan beberapa soal lagi yang berhubungan dengan Kimia Organik, agar konsep sekaligus pengaplikasiannya bisa benar-benar dipahami.

4. Selalu punya pemikiran dimana TIPE soal sbmptn setiap tahun BISA AJA sama. Oleh karena itu, usahakan sudah mengenali setiap tipe soal sbmptn tahun lalu. Minimal 5 tahun sebelumnya. Jangan sampai pada hari-H atau mendekati hari-H kalian belum tahu/ masih kurang tahu tipe soal SBMTPN seperti apa.

5. Dalam hal pemahaman konsep ada beberapa yang bisa dilakukan, misal materi matdas mengenai logaritma. Kalian sudah melakukan riview materi ini, selanjutnya adalah mengerjakan setiap soal yang berhubungan dengan materi logaritma, soal ini bisa dari SBMTPN 10 tahun yang lalu atau terserah kalian. Usahakan dari semua soal tentang logaritma yang sudah kalian kerjakan, kalian benar-benar sudah paham dengan konsep logaritma. Hal ini sekaligus memberikan keyakinan pada kalian, nanti saat hari-H SBMPTN, soal mengenai logaritma pasti dan harus benar mengerjakannya.

6. Usahakan konsisten dengan timeline yang kalian susun. Usahakan kalian benar-benar konsisten dalam hal mempersiapkan SBMPTN. Di tengah-tengah nanti memang pasti kalian akan mulai jenuh dengan soal-soal yang ya memang sulit, bisa jadi semuanya jauh lebih sulit dari apa yang sudah kalian dapat di SMA. Ya ini memang sifat manusia, kecenderungan untuk mulai merasa jenuh mengerjakan suatu hal yang sama, kurang disukai karena sulit, dan dilakukan secara terus menerus. Tetapi kalian juga harus kembali lagi pada tujuan/ hal apa yang ingin kalian capai. Jadi usaha/ effort kalian juga harus lebih untuk mencapainya. Jenuh wajar, tapi jangan pernah berhenti untuk selalu berusaha.

7. Tetap selalu berdoa dan meminta restu kepada orang tua dan juga keluarga. Wajah orang tua kalian sangat bisa menjadi motivasi kalian untuk tidak pernah berhenti berusaha ketika kalian sudah mulai merasa lelah.

8. Belajar sambil berdiskusi bersama teman bisa saja menambah pemahaman kalian mengenai suatu materi. Akan tetapi untuk beberapa kondisi, berdiskusi bisa saja tidak memberikan pengaruh yang cukup baik dalam persiapanmu. Hal ini bisa saja karena terlalu banyak aktivitas yang tidak penting (ex: menggosip), yang porsinya jauh lebih besar daripada seberapa banyak materi yang sudah di riview atau jumlah soal yang sudah berhasil dikerjakan. Sehingga kalian perlu memperhitugkan matang” tentang ini, hal ini bukan lagi soal kalian yang “tidak mau belajar bersama teman”, tetapi tentang “seberapa besar pengaruh positif yang bisa kalian terima, apakah masih jauh lebih besar daripada hal yang tidak berpengaruh yang kalian terima”. Refreshing bersama teman boleh lah, tapi jangan keterusan.
9. Mengenai passing grade, yang pastinya banyak menjadi acuan siswa. Gunakan passing grade sebagai motivasi kalian untuk terus improve materi yang berhasil kalian kuasai, dan untuk improve jumlah soal yang bisa kalian kerjakan dan benar. Jangan pernah menjadikan passing grade ini sebagai suatu hal yang menghalangi langkah mu, yang justru membuat kamu tidak percaya diri dengan kemampuan mu sendiri. Apabila setelah mencoba menggunakan passing grade dan kalian merasa menjadi minder terhadap kemampuan kalian, STOP penggunaan passing grade tersebut. Akan jauh lebih baik jika kalian merasa yakin terhadap kemampuan kalian sendiri daripada terus merasa minder. Akan tetapi merasa terlalu minder dan merasa terlalu percaya diri juga bukan suatu hal yang baik, yang terpenting adalah bagaimana kalian bisa terus improve kemampuan dalam pengerjaan soal SBMPTN.

Sebelum Tes (Pada Hari H)
1. usahakan tiba di tempat tes H-1 sebelum pelaksanaan tes, sehingga kalian perlu menginap disekitar tempat tes tersebut. Biasanya nama beserta nomor ruangan sudah bisa dilihat H-1 tes, biasanya sore hari. 
Hal ini untuk strategi kalian agar saat hari H tes kalian tidak lagi kebingungan mencari ruangan kalian tes, sehingga kalian bisa lebih santai.

2. usahakan malam hari, sebelum pagi harinya tes, tidak terlalu berat dalam belajar. Waktu”ini kalian gunakan saja untuk sekedar riview materi dan istirahat yang cukup. Usahakan kalian sudah benar” yakin dengan kemampuan kalian (tercermin dengan usaha yang sudah kalian lakukan).

3. sholat tahajud sangat dianjurkan.

4. ketika pagi harinya, usahakan bangun tidak terlalu pagi, ataupun malah terlalu kesiangan, yang sedang-sedang saja. Hal ini untuk mengindari peristiwa” yang tidak diinginkan, misal karena terlalu pagi menjadi mengantuk saat mengerjakan soal, karena terlalu kesiangan malah datang terlambat.

5. usahakan sarapan, karena mengerjakan soal SBMTPN sangat membutuhkan energi yang banyak.

6. ketika kalian sudah tiba dilokasi tes, kalian pastinya akan melihat mayoritas siswa belajar baik itu riview materi ataupun malah mengerjakan soal. Disarankan untuk tidak melakukan hal ini, karena hal ini justru membuat kalian tidak yakin dengan kemapuan/ materi yang sudah kalian pelajari dan persiapkan sebelumnya. Jika kalian melakukannya, kalian akan cenderung berfikir bahwa kalian masih kurang paham materi A, B, C, D, yang hal ini justru bisa aja mengurangi tingkat kepemahaman kalian dengan materi lain yang sudah berhasil kalian pahami.

7. Yang pastinya jangan lupa bawa berkas” yang perlu dibawa.

Ketika Mengerjakan Tes
1. identitas adalah suatu hal yang krusial dalam hal ini.pastikan identitas kalian sudah benar. Jangan lupa baca / perhatikan aturan pengerjaan soal, biasanya dibacakan oleh pengawas dan juga tertulis dihalaman depan soal.

2. kerjakan soal yang menurut kalian mudah terlebih dahulu. Jangan sampai waktu kalian terbuang untuk fokus pada suatu soal yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan poin nilai soal yang mudah dan yang sulit sama saja, sehingga akan jauh lebih menguntungkan jika kalian bisa mengerjakan banyak soal tipe mudah terlebih dahulu.

3. time keeper disini cukup penting. Sesekali lihatlah jam untuk memastikan sisa waktu pengerjaan.

4. prinsip berani menjawab soal juga penting, daripada terlalu takut menjawab soal. Akan tetapi terlalu berani juga tidak dianjurkan. 
Tips; misal kalian mempunyai 5 soal yang kalian ragu untuk menjawabnya.
Dari 5 soal apabila semuanya benar kalian bisa mendapatkan 20 poin (5x4 poin untuk soal benar). 20 poin ini sangat berarti sekali untuk kalian, dimana perbedaan 1 pion saja bisa jadi menyingkirkan ribuan pesaing, apalagi perbedaan 20 poin. Kemungkinan selanjutnya, apabila dari 5 soal tersebut hanya benar 1 soal, berarti poin kalian impas ((1x 4 poin benar) – (4x (-1)poin salah)). Hal ini cukup meberikan masukan kepada kalian untuk lebih berani menjawab soal, akan tetapi juga tidak lupa dengan setiap kemungkinan yang bisa saja terjadi.

#Tips pengerjaan soal:
Berdasarkan https://www.zenius.net/blog/10804/informasi-peraturan-jadwal-syarat-sbmptn , urutan pengerjaannya adalah sebagai berikut: 
TKD Saintek (07.30-09.15 WIB) >> TKPA (10.00-11.45 WIB) >> TKD Soshum (13.15-14.30)

1. TKD Saintek [105 menit]
-mat ipa (15 soal)
-kimia (15 soal)
-biologi (15 soal)
-fisika (15 soal)

Setiap jenis soal pada TKD Saintek (mat ipa, kimia, biologi, fisika), pasti ada tingkatan soalnya mudah-sedang-sulit. Akan lebih baik jika kalian bisa mengerjakan setiap soal kategori mudah, dan minimal bisa mengerjakan 5 soal tiap jenis mapel yg diujikan.

Urutan pengerjaan [mat ipa: mudah]>[kimia: mudah]>[biologi: mudah]>[fisika mudah]. Urutan ini bisa kalian rubah, bergantung pada mapel yg paling kalian pahami, atau yg paling kalian kuasai. (Minimal dapat 5 soal.tiap mapel lah ya)

Habis itu berlanjut ke soal tipe sedang, aturannya sama seperti soal.tipe mudah

Untuk soal tipe sulit, ada 2 opsi yg bisa kalian pilih: mengerjakan ulang tipe soal mudah dan sedang yg masih kalian ragukan jawabannya atau lanjut mengerjakan tipe sulit.

Secara umum metode pengerjaan mudah>>sedang>>sulit. Akan tetapi jika kalian misal sangat pro untuk mapel tertentu, misal mapel Fisika kalian bisa untuk mengerjakan keseluruhan kategori (mudah,sedang,sulit) yang kalian bisa. Meskipun kalian sangat pro dibidang ini, jangan sampai kalian menghabiskan waktu kalian di mapel ini ajaaa.

Prinsip berani menjawab soal dianjurkan, tetapi terlalu berani juga tidak dianjurkan. Selalu ingatlah bahwa setiap 1 soal yang kalian anggap itu benar , bisa untuk mengcover 4 soal lainnya yg salah. Misal kalian punya 5 soal.dimana 4 di antaranya kalian masih ragu dan 1 soal kalian yakin pasti benar. Apabila memang dari 4 soal yang kalian ragukan tersebut ternyata salah, berarti impas.( 1x4 poin benar) - (4x (-1) poin salah). Akan tetapi, bisa aja dari 4 soal yang kalian ragukan ada yang benar 1 saja. Otomatis itu akan menambah poin kalian, dimana poin ini bisa jadi menyingkirkan ratusan/ ribuan pesaing.

«Lanjut TKPA»

2. TKPA (105 menit)
-tes kemampuan verbal (15 soal)
-numerikal (15 soal)
-figural (15 soal)
-matematika dasar (15 soal)
-bahasa indonesia (15 soal)
-bahasa inggris (15 soal)

Pada soal TKPA ini, masih tergolong mudah untuk keseluruhan soal SBMPTN.
Meskipun memang masing" tipe (numerik, figural, dst) pastinya memiliki tingkatan dari mudah, sedang, dan sulit. Untuk itu, kalian perlu memaksimalkan poin nilai kalian di TKPA ini. Kerjakan dr yang mudah ke yang sulit, minimal dari setiap tipe soal TKPA mengerjakan 5 soal dan kalian pastikan bahwa ke 5 jawaban tersebut benar.

Mengerjaan banyak soal untuk TKPA sangat dianjurkan, karena memang soalnya tidak sebegitu sulit daripada TKD. Kembali lagi, prinsip berani menjawab soal tapi juga tidak terlalu berani. Tetap memperhitungkan negatifnya.

3. TKD Soshum (75 menit)
-sejarah (15 soal)
-geografi (15 soal)
-ekonomi (15 soal)
-sosiologi (15 soal)

untuk strategi pengerjaannya sama seperti TKD Saintek.

Pastikan untuk setiap jenis soal, minimal ada jawabannya tidak kosong. Jadi misal pada TKD Saintek, dr awal masuk SMA kalian memang tidak suka Fisika, dan jurusan yang kalian pilih tidak ada hubungannya sama sekali dengan Fisika, akan tetapi kalian sangat dianjurkan untuk tetap mengisi soal Fisika pada soal SBMTPN. Jadi tidak ada jawaban kosong untuk setiap jenis soal.

Terus kalau misal kalian memilih jurusan nantinya yang prefer ke beberapa mapel aja, misal jurusan Teknik Mesin (prefer ke mapel matematika dan fisika), maka kalian disarankan kalau bisa banyakin mengerjakan soal SBMPTN yang matematika dan fisika, dan tetap mengisi jenis soal lainnya tanpa ada yang kosong.

Selesai SBMPTN
1. Usahakan tidak usah membahas soal yang sudah kalian kerjakan, agar kalian merasa lebih pd.
2. Dalam hasilnya nanti, pasti hanya ada 2 kemungkinan kalian dinyatakan LOLOS atau masih BELUM LOLOS. Oleh karena itu mencari alternatif tes dikampus lain sangat dianjurkan. Pastinya banyak sekali universitas” yang membuka pendaftaran jalur tes (tes mandiri ataupun sejenisnya). Dan waktu pendaftaran dan pelaksanaannya bisa jadi berdekatan ataupun malah bersamaan. Untuk itu kalian sangat dianjurkan untuk membuat timeline pendaftaran/ pelaksanaan test yang akan kalian ikuti. Contohnya sebagai berikut:

Nama Jalur Masuk
Waktu Pendaftaran
Waktu Pelaksanaan Tes
Lokasi

UTUL UGM
DD-MM-YYYY

Mandiri UNDIP

Dsb

3. Untuk strategi persiapan sama dengan SBMPTN, akan tetapi untuk belajarnya lebih memperdalam soal seleksi masing” kampus yang diikuti.
4. Yang pasti teruslah berdoa, dan bertawakkal.
 
[USM PKN- STAN]

Sumber: berdasarkan pengalaman sendiri dan sudah berusaha diimprove dari kesalahan-kesalahan dalam hal mempersiapkan tes PKN-STAN 2016. (maba Teknik Industri ITS 2016).

Jadwal USM PKN-STAN 2017
Tes Tahap 1 (TPA dan TBI)
23 April 2017

Pengumuman
3 Mei 2017

Tes Tahap 2 (Tkesehatan dan Kebugaran)
8-13 Mei 2017

Pengumuman
24 Mei 2017

Tes Tahap 3 (TKD)
5-9 Juni 2017

Pengumuman
16 Juni 2017

(Sumber: http://www.pendaftaranonline.web.id)

Bagi teman-teman yang sekiranya mengikuti USM PKN STAN dan SBMPTN 2017, disarankan untuk memperbanyak intensitas belajar untuk USM PKN STAN mengingat pelaksanaannya sebentar lagi. Akan tetapi, sangat dianjurkan setiap harinya untuk tetap belajar/ mengerjakan soal SBMPTN agar bisa merata.

Tes Tahap 1
1. Kenali, Pelajari, Kuasai soal TPA dan TBI minimal 5 tahun sebelumnya, usahakan minimal mengetahui tipe soalnya. Untuk TBI, usahakan paham konsepnya.

2. Untuk strategi belajar bisa sama seperti persiapan SBMTPN, yaitu dengan mengerjakan soal sekaligus riview materi. Hal ini terutama untuk TBI, misal ada soal tipe Gerund, kerjakan soal tersebut sekaligus riview/ membuat notes kecil di soal tentang Gerund.

3. Datang ke tempat tes H-1 sebelum pelaksanaan, untuk mencari ruang dimana kalian tes sehingga lebih santai.

4. Untuk malam hari sebelum tes, sama seperti pada SBMTPN, usahakan hanya meriview materi saja dan istirahat dengan cukup.

5. Jangan bangun terlalu pagi/ terlalu siang. Jangan lupa sarapan.

6. Santai saja, percaya diri, paginya saat mau tes tidak usah belajar agar terasa lebih percaya diri.

7. Prinsip berani menjawab soal juga penting, akan tetapi terlalu berani juga tidak dianjurkan. Strateginya sama seperti strategi mengerjakan soal SBMPTN.

8. Selalu melihat lama waktu pengerjaan.

9. Setelah selesai, lupakan tidak usah dibahas.
10. Yang pasti teruslah berdoa

11. Jangan lupa bawa berkas” yang perlu dibawa.

Selama selang waktu setelah tes tahap 1 menuju ke tes tahap 2, Tes Kesehatan Kebugaran, alangkah lebih baiknya kalian melakukan beberapa hal seperti berikut:
1. Ceck kondisi kesehatan ke rumah sakit terpercaya, sehingga apabila ada indikasi-indikasi yang bisa saja menjadi penyebab kegagalan saat tes tahap 2 bisa kalian antisipasi.
2. Karena nanti ada tes kebugaran, yang pastinya lari, latihan secara rutin sangat dianjurkan.
3. Jangan minum air es, karena menurut beberapa pendapat kaan-kawan yang ikut tes di POLRI minum air es bisa membuat kalian cepat kelelahan ketika berlari.

Tes Tahap 2 (Tes Kebugaran dan Kesehatan)
1. Sangat dianjurkan untuk datang H-1 sebelum tes.

2. Untuk tes ini dilangsungkan tidak dalam 1 hari, tetapi beberapa hari. Ini bisa menjadi strategi untuk kalian yang misalnya kebagian tes hari kedua dst. Jika kalian datang H-1, dan mencoba mengunjungi tempat tes, kalian pastiya akan melihat peserta lainnya sedang melakukan tes kebugaran (yang paling terlihat, karena sifatnya out door). Kalian bisa melihat bagaimana mereka berlari dan juga shuttle run. Ini bisa menjadi strategi untuk kalian baik cewek/ cowok. Dalam hal berlari, kalian bisa menghitung dalam rentan waktu yang diberikan, rata-rata peserta hari itu mendapatkan berapa putaran (cewek berapa dan untuk cowok berapa). Kemudian untuk shuttle run, kalian bisa menghitung juga dari rentan waktu yang diberikan rata-rata peserta mendapat berapa putaran. Hal ini bisa kalian buat kesimpulan, berapa minimal putaran yang harus kalian dapat, agar kalian bisa lebih baik dari peserta di hari itu (asumsi posisi aman).

3. Ketika berlari, ketika kalian tiba di posisi start setelah berputar mengelilingi lapangan, kalian dimita untuk meneriakkan nomor punggung kalian. Di sini usahakan kalian berteriak dengan keras. Ini bisa jadi menarik perhatian juri, dan membuat mereka menyimpulkan bahwa anak ini benar” semangat untuk ikut tes.

4. Ketika berlari usahakan selalu konstan, tidak pernah berhenti berlari. Apabila kalian mulai lelah usahakan berjalan dan jangan pernah berhenti. Karena ini bisa jadi untuk mengukur daya tahan tubuh kalian.

5. Tetap semangat terus, minum air putih yang banyak, dan terus berdoa.

6. . Jangan lupa bawa berkas” yang perlu dibawa ketika tes.

Tes Tahap 3 (Tes Kemampuan Dasar)
Ada 3 jenis soal:
1. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
2. TIU (Tes Intelegensi Umum)
3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Menurut aku, yang gagal dalam tes tahap ini, yang menurutku paling sulit adalah TWK, kemampuan kalian dalam mapel PKN benar” bermanfaat dalam hal ini. Tips: riview materi” PKN selama SMA dan baca” soal dan pembahasan tes CPNS.

NOTES: semua hal yang ada dalam file ini adalah perspektif penulis. Untuk hasil yang lebih baik, bisa teman-teman improve sesuai dengan pribadi temen-temen masing-masing. Thank You

Dari kesuluruhan tips diatas, akan hanya jadi tips jika kalian tidak mau berusaha sekaligus berdoa.
Tetap semangat kawan-kawanku ☺

“GOD, I TRUST WITH WITH ALL OF MY HEART. WHEREVER YOU WANT ME TO GO, I WILL GO. EVEN IF IT’S NOT WHERE I PLANNED. LEAD ME AND I WILL FOLLOW.”