Obat Herbal Jantung Bengkak Alami

Beginilah Cara Mengobati Penyakit Jantung Bengkak Secara Alami dengan Tanaman Tradisional !

Didalam bahasa kedokteran penyakit jantung bengkak itu disebut dengan Kardiomegali (Cardiomegaly) yakni pembengkakan jantung sehingga ukurannya menjadi besar melampaui ukuran jantung normal. Dan hal ini biasanya baru bisa diketahui sesudah seseorang menjalani pemeriksaan rongsen dada. Terjadinya pembengkakan jantung diakibatkan respons terhadap kerusakan pada otot jantung.

Terdapat 2 jenis persoalan dalam hal ini, yang kesatu jantung bengkak terjadi akibat mengendurnya otot jantung sehingga volume bilik jantung jadi lebih besar atau yang disebut juga dengan kardiomegali dilatasi dan yang kedua jantung bengkak terjadi akibat penebalan pada otot jantung atau yang disebut juga dengan hipertrofi.

Kardiomiopati dilatasi (otot jantung menipis) merupakan jenis utama kardiomegali. Pada kardiomegali dilatasi, dinding kedua bagian kanan dan kiri jantung (ventrikel) menipis dan meregang. Hasilnya ialah pembesaran jantung. Sementara pada kardiomegali hipertrofi, otot ventrikel kiri jantung jadi menebal. Dan hal ini kerap sekali terjadi diakibatkan oleh hipertensi (tekanan darah tinggi) yang membuat ventrikel kiri (hipertrofi) membesar.

Mungkin, pada tingkat awal pembengkakan jantung masih bisa memompa darah dengan normal, akan tetapi dengan pembengkakan yang terus berkembang kemampuan jantung dalam memompa darah makin menurun sampai pada akhirnya terjadilah gagal jantung.

Mengenal Gejala Penyakit Jantung Bengkak Yang Muncul

Ada beberapa pengidap jantung bengkak yang tidak mempunyai gejala. Akan tetapi, jika jantung bengkak sampai memicu ketidakmampuan untuk memompa darah dengan efektif, maka gejala gagal jantung kongestif bisa timbul yang mencakup :

- Mengalami sesak napas (terlebih ketika beraktifitas / saat berbaring datar).

- Terjadinya bengkak pada kaki.

- Meningkatnya berat badan akibat pembengkakan.

- Kecapean.

- Kadang-kadang merasakan nyeri di dada.

- Mengalami jantung berdebar / palpitasi.

Berikut ini ada beberapa macam tanaman tradisional yang dapat Anda pilih salah satu untuk mengobati penyakit jantung bengkak secara alami, diantaranya..

҉ Temu Giring

Tanaman obat temu giring ini telah ditemui di Jawa. Dan sudah banyak pula tanaman temu giring ini di manfaatkan sebagai obat oleh penduduk jawa, tercakup untuk mengobati penyakit jantung bengkak ini. Tanaman obat temu giring ini mampu hidup tahunan, dengan rimpangnya yang berbentuk memanjang dan sempit serta membengkok kebawah dengan persimpangan yang berbentuk kaya bujur sangkar. Dan bagian dalam temu giring ini serupa pada temu mangga. Selain dari pada itu, temu giring ini juga mempunyai banyak kandungan berkhasiat seperti tanin, damar, zat pahit, amilum, saponin, minyak atsiri serta flavonoid.

Cara Meramu Obat Tradisional Jantung Bengkak dari Temu Giring

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain :

§ 5 gram rimpang temu giring.

§ 5 gram pulasari.

§ 1 sendok teh adas.

§ 3 siung bawang merah.

§ Siapkan daun sangketan & 5 butir angco yang sudah dibuang bijinya.

§ Cuci semua bahan sampe bersih.

§ Kemudian semua bahan direbus dengan 5 gelas air.

§ Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa 3 gelas.

§ Saring dan dinginkan.

§ Ramuan siap diminum.

Dosis : diminum 3x sehari, dengan takaran 1 gelas tiap kali minum.

҉ Kulit Manggis

Mungkin, baru sekarang-sekarang ini kulit buah manggis dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit jantung bengkak. Sebab, sebelumnya mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa kulit manggis ini mengandung manfaat yang begitu melimpah untuk kesehatan tubuh manusia. Yang jadi alasan mengapa kulit buah manggis ini dipercayai mampu mengobati penyakit jantung bengkak karena, didalam kulit manggis ini terkandung senyawa xanthone yakni antioksidan tinggi, senyawa itu mempunyai kemampuan untuk memerangi radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. Dikarenakan, radikal bebas itu dapat mengakibatkan timbulnya endapan dibagian pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Selain kandungan senyawa xanthone, masih banyak lagi kandungan lain yang terdapat didalam kulit manggis diantaranya kandungan mineral dan vitamin seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, natrium, serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niasin, zat tannin dan juga protein. Dengan melihat semua kandungan yang begitu melimpah pada kulit manggis, maka tidak aneh jika kulit manggis ini dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai alternatif pengobatan tradisional penyakit jantung bengkak. Kemudian zat antioksidan yang terkandung pada kulit manggis akan menangkap radikal bebas yang bertindak dalam penyumbatan lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bukan cuma itu, senyawa xanthone pada kulit manggis juga mempunyai kemampuan untuk meluaskan pembuluh darah dan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga dapat membantu proses penyembuhan penyakit jantung bengkak dengan cepat. Dan untuk mengambil khasiat dari kulit buah manggis ini, Anda dapat mengkonsumsi kulit buah manggis baik itu yang sudah di ekstrak ataupun yang dibuat jus.

҉ Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa yang dulunya tidak pernah dihiraukan sama sekali, sekarang ini menjadi pembicaraan orang mengenai kegunaannya. Alasan mengapa tanaman mahkota dewa ini dinamakan Phaleria Papuana itu karena memang pada dasarnya tanaman ini berasal dari Papua. Dan tanaman ini sudah banyak dikembangkan menjadi tanaman hias/tanaman peneduh. Tanaman mahkota dewa yang bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 3 meter ini memiliki buah yang unik dan begitu menarik, hal ini dikarenakan buahnya yang berwarna terang menempel dari batang pertama sampe ke bagian ranting-ranting pohonnya. Salah satu bagian dari tanaman ini yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional jantung bengkak adalah buahnya, karena didalam buah mahkota dewa ini terdapat beberapa kandungan zat aktif seperti polifenol, alkaloid, saponin dan flavonoid.

Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional Jantung Bengkak

Bahan-bahan yang perlu disediakan meliputi :

· 5 buah mahkota dewa kering.

· 15 gram daun pegagan.

· 10 gram daun sambiloto kering.

· 15 gram daun dewa.

· Semua bahan dicuci sampai bersih.

· Kemudian rebus dengan 5 gelas air.

· Tunggu sampai mendidih dan airnya sisa 3 gelas.

· Saring dan dinginkan.

· Ramuan sudah siap diminum.

Dosis : diminum 3x sehari, dengan takaran 1 gelas tiap kali minum.

҉ Bawang Putih

Salah satu jenis rempah yang satu ini biasanya dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk bahan pelengkap bumbu masakan, tapi faktanya selain bermanfaat untuk penambah bahan masakan, bawang putih ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional ampuh untuk mengobati penyakit jantung bengkak secara alami. Dan itu semua tidak terlepas dengan kandungan yang di miliki bawang putih seperti allicin aliin, minyak atsiri, dan mengandung senyawa kimia yang begitu melimpah seperti kalsium, fosfor, protein, besi, vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C.

Upaya Pembuatan Obat Tradisional Jantung Bengkak dari Bawang Putih

§ Ambil bawang putih secukupnya.

§ Kupas bawang putih.

§ Parut/blender bawang putih sampai halus.

§ Tambahkan madu secukupnya, agar rasanya agak manis.

§ Ramuan siap diminum.

Dosis : diminum 2x sehari.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bisa berguna dan menambah pengetahuan Anda semua yahh J, terutama untuk pengidap penyakit jantung bengkak.. Aamiin J

Sumber: http://diherbal.com/obat-alami-jantung-bengkak-yang-tepat-dan-cepat/