6 Cara Jitu Cerahkan Kembali Hunian Anda

Source: 3seems.com

Ketika Anda mudah lelah, cepat mengantuk, bahkan kurang nyaman beraktivitas di dalam rumah sendiri, sebabnya mungkin karena suasana yang terbangun di dalam rumah cenderung muram. Penggunaan warna yang salah atau minimnya pencahayaan merupakan dua kemungkinan yang secara tidak langsung mempengaruhi mood. Terapkan tips- tips berikut untuk menyalakan kembali semangat Anda.

1. Mengganti Bahan Tirai

Periksa apakah tirai yang Anda gunakan sekarang terbuat dari bahan tebal? Jika ya, maka terjawab sudah mengapa cahaya matahari yang masuk terblokir. Cobalah ganti dengan bahan tirai lain yang dapat meredam silaunya cahaya matahari namun tetap mengijinkan bias-biasnya menerangi ruangan. Sinar UV yang menyehatkan dapat meningkatkan sistem imun sehingga Anda kembali produktif.

2. Menambahkan Hiasan Berwarna Cerah

Berbagai hiasan rumah pun bisa menjadi solusinya. Mulai dari pernak-pernik seperti patung kecil, mini pot tanaman, buku, majalah, vas bunga, sampai bantal, karpet, dan lukisan berwarna cerah dapat menghidupkan ruangan. Pigura metallic juga cocok menjadi sentuhan manis di atas meja samping maupun kabinet pada ruang tamu atau kamar tidur. Keragaman warna dan corak pada hiasan merupakan solusi yang efektif dan praktis untuk mencerahkan ruangan.

3. Pemilihan Warna dan Material Furniture

Cahaya memantul pada furniture atau dinding berwarna bersih dan terang, serta perabotan dengan material transparan atau mengkilap. Untuk mencerahkan ruangan rumah yang terkesan gloomy, pilihlah meja atau rak yang memilliki unsur kaca, furniture berwarna terang atau dramatis seperti merah, orange, kuning, atau biru muda. Padukan warna yang berada pada satu tema supaya desain ruangan tetap serasi dan indah dipandang mata.

4. Penempatan Furniture yang Tepat

Pindahkan furniture yang dapat menutupi masuknya cahaya dari luar. Lalu pilih ulang furniture apa saja yang perlu berada dalam sebuah ruangan, dan posisikan dengan teratur. Ruangan dengan terlalu banyak furniture apalagi dengan bobot yang cukup berat, dapat membuat ruangan terlihat gelap. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan rutin ya, sebab debu yang menumpuk membuat furniture terlihat kotor dan usang.

5. Gunakan Pencahayaan Tambahan

Area yang tidak mendapat akses cahaya alami dapat dicerahkan dengan penambahan lampu. Pada sudut ruangan, sisi dinding yang terhalang lemari atau rak dan daerah sekitar sofa tempat Anda biasa bersantai. Jenis ceiling lamp, pendant lamp, dan can lights dapat dimanfaatkan untuk menambah cahaya buat di dalam ruangan.

6. Manfaatkan Cermin

Tidak hanya dapat membuat ruangan terkesan lebih luas, cermin juga berguna untul menambah cerah tampilan rumah Anda. Sifat cermin yang menangkap dan memantulkan cahaya berikut pemandangan di luar jendela, mampu membuat ruangan terlihat lebih terang. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya agar cermin dapat berfungsi maksimal dan merefleksikan cahaya dengan sempurna.


Originally published at Fabelio.com