7 Tips Menjadikan Rumah Sejuk Tanpa AC

source: scentofobsession

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari Air Conditioner? Jika iya, sudah saatnya mengganti kebiasaan ini dengan alternatif lain. Karena selain boros energi, penggunaan AC dalam waktu lama kurang baik bagi kesehatan dan jelas merusak lingkungan. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah Anda sejuk dan juga ramah lingkungan.

1. Tinggikan Ukuran Atap

Buatlah atap dengan ukuran 3 Meter ke atas untuk memastikan bahwa keluar masuknya udara akan berjalan tanpa hambatan.

source: yelp

2. Perbanyak Jendela

Jendela dalam jumlah banyak sangat membantu proses sirkulasi udara. Tidak masalah bila jendela menghadap ke arah Timur, karena sinar matahari pagi menyehatkan dan Anda akan menghemat tenaga listrik. Jangan malas untuk membukanya setiap hari ya!

3. Pemanfaatan Tumbuhan

Tanami kebun belakang Anda dengan 1 atau 2 pohon yang rindang. Beberapa pot tumbuhan hias juga boleh dimasukkan ke dalam rumah, namun jangan lupa untuk mengeluarkannya saat malam tiba karena kadar karbondioksida yang dapat membahayakan manusia.

source: 99create

4. Penambahan Unsur Air

Bila memungkinkan, buat kolam air mancur buatan dengan aliran alairan air.Suara gemericik yang ditimbulkan dapat memberi efek menenangkan sekaligus membuat ruangan menjadi sejuk. Jika dana terbatas, beli saja air mancur ukuran mini dan dapatkan efek serupa di rumah Anda.

5. Jangan Lupakan Ventilasi

Ventilasi sangat penting khususnya di dalam kamar mandi. Kamar mandi tanpa ventilasi akan menjadi pengap dan bau tidak sedap akan terkumpul di dalamnya. Pemasangan secara vertikal maupun horizontal cukup sesuaikan saja dengan desain rumah.

6. Tata Ulang Furnitur

Keluarkan sebagian benda atau furnitur dari ruangan, karena terlalu banyak furnitur akan membuat ruangan sesak dan aliran udara terhambat. Penggunaan furnitur dari bahan rotan atau bambu juga bisa menjadi pilihan. Kedua bahan alami ini dapat menyerap udara panas yang tinggi sehingga menyejukkan suhu dalam ruangan.

source: peenty

7. Efek Psikologis Warna Putih

Selain memberi kesan bersih, warna putih pada dinding ataupun furnitur dapat membuat ruangan tampak luas. Kombinasikan dengan atap yang tinggi dan jendela- jendela terbuka, maka kesejukkanlah yang akan selalu Anda rasakan ketika berada di rumah.


Originally published at fabelio.com.