Desain Studio Musik dengan Furniture Minimalis

Source: etsy.com

Bagi Anda yang hobi musik serta produktif melahirkan karya, memiliki studio pribadi di dalam rumah mungkin adalah salah satu impian terbesar. Kemudahan berlipat akan Anda dapati dengan adanya studio musik yang berjarak hanya selangkah dari ruang keluarga Anda. Tidak ada lagi keterbatasan waktu dalam berkarya, malahan Anda dapat mengantongi keuntungan dengan menyewakan studio kepada sesama teman musisi.

1. Pilih Ruangan Berukuran Luas

Semakin luas ruangan semakin baik pula kualitas musik yang dihasilkan. Studio musik yang luas dapat memberi lebih banyak ruang untuk alat musik serta perlengkapan pendukung lainnya. Penggunaan furniture minimalis dalam ruang musik sangat berguna untuk memberi lebih banyak ruang gerak. Ruangan yang luas juga menjadi tempat berkumpul yang asyik bagi sesama musisi namun jangan lupakan penataan lampu yang sesuai.

Source: deezen.com

2. Gunakan Peredam Suara

Bisingnya suasana sekitar tempat tinggal Anda dapat mengurangi kualitas musik yang dihasilkan. Disitulah fungsi peredam suara sangat dibutuhkan. Coba gunakan drywall dan panel kayu pada sekeliling dinding untuk menghasilkan kualitas akustik yang lebih baik. Peran furniture minimalis sebagai penambah alat peredam merupakan trik yang juga jitu.

Lengkapi studio Anda dengan beberapa jenis furniture minimalis untuk kenyamanan berkarya. Perlu diingat juga bahwa suara yang ditimbulkan AC pun dapat mengurangi kualitas akustik, jadi sebaiknya pilih AC dengan suara mesin yang sehalus mungkin.

Source: akustikahap.com

3. Pengaplikasian Dinding Asimetris

Selain kedap suara, desain sebuah studio musik juga harus dapat mengurangi pantulan bunyi. Saat bunyi alat musik terdengar dan memantul ke benda keras dalam ruangan dan terdengar kembali ke telinga Anda, itulah bunyi pantul. Hindari penggunaan ruangan yang berbentuk persegi dengan sisi yang sama satu dengan lainnya, karena suara akan lebih mudah dipantulkan. Gunakan dinding yang tidak simetris seperti gambar diatas untuk meminimalisir bidang pantul. Lengkapi studio Anda dengan furniture minimalis berupa sofa, meja dan kursi untuk menyerap bunyi yang dihasilkan agar mengurangi bunyi pantul. Karena bahan baku kayu pada furniture minimalis media yang tepat untuk fungsi tersebut.

4. Bangun Plafon Berukuran Tinggi

Selain menambah furniture minimalis dalam ruang musik, Anda juga bisa mengupayakan untuk membuat langit-langit yang cukup tinggi juga penting untuk membantu mengurangi bunyi pantul. Panel kayu pada bagian atas ruangan dapat memaksimalkan peredaman suara sehingga sangat membantu ketika Anda melakukan recording.

Source: brightonroadrecordingstudios.com

5. Lapisi Lantai dengan Parket

Lantai berlapis karpet sering dijumpai pada studio musik, sayangnya bahan karpet membuatnya cepat kotor dan lebih mudah berbau. Meski karpet memang memiliki sifat meredam suara, tapi karena seringnya dilalui dapat membuat karpet lebih cepat usang. Sebagai alternatif coba gunakan parket pada seluruh permukaan lantai. Selain selaras dengan furniture minimalis yang sudah Anda miliki, lantai parket juga memudahkan saat dibersihkan.


Originally published at fabelio.com.