Tahukah Anda Kapan Sofa Pertama Kali Diproduksi?

source: ruche.com

Sofa adalah satu furniture yang hampir selalu ada di setiap rumah. Sulit rasanya membayangkan sebuah tempat tinggal tanpa sofa empuk dan nyaman di dalamnya. Ragam jenis sofa mulai dari klasik, elegan, hingga sofa minimalis, semakin mudah dijumpai. Keberadaan sofa pun dapat menjadi bentuk penegasan mengenai karakter pribadi Anda. Tapi pernahkah Anda berpikir kapan sofa pertama kali diciptakan, dan siapa yang menciptakannya?

Sofa yang kita kenal sekarang baru ada dikisaran tahun 1600–1700. Pada saat itu, tempat duduk dan meja umumnya dibuat dari kayu dan memiliki desain sederhana. Lalu, kurang lebih tahun 1690, sekumpulan perajin kursi di Inggris dan Perancis mulai mengerjakan sesuatu yang baru untuk mengejar aspek kenyamanan, dan mereka berhasil. Sesuatu yang baru ini disebut “Kursi Windsor ganda tanpa pembatas”, sofa pertama yang dibuat di Inggris.

Meskipun beberapa sofa pertama kali dibuat di Inggris, produksi massal sofa dimulai di Perancis. Sayangnya, tidak ada satupun dari sofa tersebut yang selamat. Hanya iklan berbentuk ilustrasi berikut yang selamat dan bertahan hingga kini.

source: pinterest.com

Sampai saat ini, sofa menjadi perabot yang selalu ada di hampir setiap rumah. Tidak lengkap rasanya jika belum bersantai di akhir pekan dengan meluruskan kaki di sofa kesayangan anda. Seperti apa yang dikatakan Desainer Nate Berkus:

“Setiap ruang keluarga harusnya dibangun di sekeliling sebuah sofa yang sempurna”

Originally published at fabelio.com.