Tips Mengatur Finansial Keluarga untuk Membeli Rumah

Source: designrulz

Rumah adalah salah satu dari tiga kebutuhan pokok. Pada saat ini permintaan masyarakat terhadap rumah sangat tinggi. Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Dengan kondisi perekonomian yang tidak menentu menjadikan banyak keluarga sulit memiliki rumah sendiri. Berikut adalah tips menabung untuk membeli rumah:

1. Tentukan target jumlah tabungan

Pertama-tama, Anda harus memiliki target dalam tabungan yang Anda dimiliki. Target tabungan ini dapat berupa jumlah tabungan dan jangka waktu tabungan. Dengan target tabungan ini, setidaknya Anda dapat mengetahui seberapa banyak uang yang dibutuhkan paling tidak membayar uang pangkal bila menggunakan KPR dalam kurun waktu 2 hingga 5 tahun.

2. Menabung dalam bentuk logam mulia berupa emas atau perak

Nilai logam mulia yang stabil dan tidak terpengaruh inflasi karena nilai tukar mata uang asing menjadikan nilai logam mulia bila ditukarkan dalam bentuk uang akan menjadi bertambah.

3. Menabung dalam bentuk property berupa tanah dan bangunan

Bila Anda belum bisa membeli rumah yang besar atau sesuai idaman, mulailah dengan membeli sesuai tabungan yang Anda miliki. Dengan cara ini Anda dapat menukarkannya dengan rumah idaman Anda.

4. Membeli rumah dengan KPR

Dengan system Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang muka saja sebesar 20% dari total harga jual rumah dan sisanya dapat diangsur. Sehingga dapat membantu Anda dalam memprioritaskan pemasukkan untuk menabung membeli rumah.

BACA JUGA: 3 Kesalahan Finansial yang Dilakukan oleh Pengantin Baru


Originally published at fabelio.com.