10 Cara Mengobati Gatal Alergi Pada Kulit Secara Alami

Penyakit Kulit

kumpulanpenyakit.com — Cara Mengobati Gatal Alergi Pada Kulit , Penyakit Kulit yang menyebabkan gatal dalam dunia medis atau kedokteran seringkali disebut pruritis. Pruritis adalah rasa gatal pada seluruh tubuh atau bagian tertentu pada tubuh yang lain. gatal dapat terjadi dalam waktu yang singkat namun juga dapat terjadi dalam waktu yang lama. kemudian gatal pada sebagian tubuh akan muncul diarea yang lain seperti pada kaki dan tangan seseorang.

Gatal dapat terjadi diseluruh tubuh, yang biasanya ditandai dengan kemerahan disekitar area yang gatal. Gatal dapat terjadi dalam waktu yang singkat maupun lama, tergantung penyebab dari gatal tersebut gatal yang terjadi dalam waktu yang singkat biasanya reda dengan sendirinya atau juga bisa reda karena pemberian obat yang ringan tergantung penyebab. Tetapi gatal yang dirasakan lama atau tidak kunjung reda dapat beresiko untuk menjadi kondisi gatal yang lebih serius.

Baca juga:

Penyebab gatal
 Penyebab gatal sangat penting untuk diketahui, karena merupakan awal diagnosa atau perkiraan untuk mengetahui penyebab gatal tersebut dan cara pengobatan lanjutannya, terkadang serangga dapat memicu gatal dengan gigitan sebagai penyebab gatal tetapi juga terkadang ada hal yang lain yang menyebabkan gatal seperti contoh dibawah ini:

Penyakit Kulit

  • Penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, kudis, panu, dermatitis dan fulikulitis prurigo. Rasa gatal yang muncul pada penyakit ini terjadi diarea kulit tertentu saja, iritasi tersebut dapat berupa kemeraan, bintik merah dan lainnya
  • Kulit kering (xeroisi) rasa gatal terjadi karena suhu ruangan yang terlalu lembab, sehingga permukaan kulit menjadi seperti bintik-bintik merah dan agak lembek. seperti habis mencuci baju yang lama atau hujan-hujan.
  • Penyakit dalam merupakan komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit yang diderita yang dapat menimbulkan gatal atau kelainan kulit lainnya, seperti penyakit dalam sirosis hepatik (penyakit kuningan) terjadi karena pecahnya hati sehingga menyebarkan kotoran yang disimpan dihati dapat muncul dan membuat kulit tampak kekuningan dan terasa gatal pada seluruh tubuh
  • Masa kehamilan pada seorang ibu dapat juga terjadi gatal pada bagian tubuh tertentu misalnya payudara, lengan, dan paha, hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon.
  • jenis penyakit kulit Alergi terjadi karena kondisi kulit yang menolak adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh maupun hanya sekedar menempel dikulit, misalnya pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan anjuran BPOM zat-zat yang berbahaya tersebut bisa mempengaruhi kulit sehingga terjadi kelainan yaitu gatal-gatal, kemerahan bahkan sampai ada yang parah sekali.

Cara Menghilangkan gatal yang dilakukan setiap orang penggarukan pada area yang gatal gatal merupakan hal yang paling menyenangkan bahkan paling dinikmati semua orang saat terkena gatal diarea tertentu, tetapi disamping itu menggaruk adalah penyebab penyebaran gatal sangat efektif, kenapa demikian?

Karena dengan menggaruk dapat menimbulkan bekas luka goresan kemerah-merahan yang mempermudah kuman, bakteri ataupun yang lain mudah melakukan invasi atau penyebaran yang lebih meluas berikut ini cara yang manjur untuk mencegah gatal terus menerus:

  • Potong kuku terlebih dahulu karena jika ada kuku maka anda akan merasa ingin menggaruk
  • Jangan pernah menggaruk area yang gatal cukup diusap saja
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang gatal untuk tetap ada, misalnya makanan yang pedas
  • Kompres bagian yang gatal menggunakan air dingin atau hangat dengan kain atau handuk yang bersih
  • Mandi dengan bersih dan gunakan antiseptik
  • Hindari handuk yang bergantian
  • Pakailah pakain yang tidak menyebabkan gatal contoh sutra
  • Berikan obat gatal / salep yang sesuai dengan penyebab gatalnya, bisa juga menggunakan lotion jika belum ada salep
  • Buat diri anda senyaman mungkin agar gatal tidak semakin parah
  • Jika gatal masih bertahan langsung periksakan kedokter spesialis kulit.

Demikian Penjelasan tentang bagaimana Cara Mengobati Gatal Alergi Pada Kulit Secara Alami, diatas semoga informasi kami bermanfaaat , semoga lekas sembuh. 🙂