Tips Aman Ketika Akan Mengajukan Kredit Motor Honda

Anda tentu akan memerlukan sepeda motor sendiri untuk mempermudah mobilisasi, terutama jika pekerjaan menuntut Anda gesit bergerak kesana kemari. Namun sudahkah Anda punya biaya untuk membeli motor baru? Meski sekarang ini harga motor sudah lebih terjangkau, Anda tentu tidak bisa begitu saja menghabiskan tabungan Anda untuk membeli motor baru, bukan?

Anda selalu punya alternatif untuk mengajukan kredit. Kredit motor Honda, misalnya, adalah proses yang banyak dipilih orang sekarang. Hanya saja, sebelum Anda mengajukan kredit, perhatikan ini dulu:

· Perusahaan leasing-lihat reputasi perusahaan tersebut. Jangan hanya karena mereka menawarkan DP rendah atau bunga menarik, Anda jadi tergoda. Lihat opini orang yang pernah berurusan dengan mereka.

· Kemampuan membayar-bisakah Anda membayar cicilan per bulannya? Bandingkan dulu biaya administrasi dan cicilan per bulan antara dealer sebelum memutuskan.

· Tipe motor-ada banyak jenis tipe motor Honda yang dijual di pasaran, dari yang baru hingga bekas. Tentukan dulu mana yang paling cocok.

· Tahu sistem kredit yang dipakai-hal ini akan menghindari Anda dari penipuan ataupun salah perhitungan.

Bila Anda sudah mempertimbangkan 4 hal di atas, maka Anda bisa mengunjungi dealer untuk mulai memilih mana motor yang paling cocok. Tergantung dengan dealer yang Anda kunjungi, Anda bisa memilih perusahaan leasing sendiri, atau sudah sepaket. Namun perhatikan bahwa leasing tersebut:

ü Punya reputasi bagus, seperti yang sudah disebutkan di atas, sehingga ketika Anda mengambil BPKB, Anda tidak akan dipersulit.

ü Menawarkan skema kredit sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda. Tanyakan cicilan, bunga, dan periode pembayaran.

ü Cari leasing yang punya lokasi di daerah tempat tinggal Anda, sehingga pengurusan administrasi dan pembayaran lebih mudah.

ü Memudahkan Anda membayar cicilan tepat waktu. Tanyakan bisakah Anda membayar lewat ATM, pos, bank, atau sistem lainnya.

Semua hal di atas seharusnya sudah membuat Anda lebih siap ketika mengajukan kredit motor. Perhatikan skema kredit yang ditawarkan, dan jika ternyata Anda bisa negosiasi, lakukanlah sehingga beban cicilan Anda tiap bulannya bisa lebih rendah atau ringan. Namun dalam beberapa kasus, tidak semua pengajuan kredit untuk motor disetujui, baik oleh perusahaan leasing atau oleh bank.

Jika hal ini terjadi pada Anda, dan pengajuan kredit ditolak, maka ada beberapa hal yang harus Anda perbaiki atau ubah. Berikut ini yang bisa Anda lakukan:

1. Kelengkapan data

Sudah lengkapkah segala data dan persyaratan yang Anda serahkan? Tergantung leasing, mereka bisa meminta slip gaji, sertifikat rumah, dan data pendukung lainnya. Pastikan Anda memenuhinya semua.

2. Track record baik

Apakah Anda pernah menunggak pembayaran? Atau terlambat ketika membayar tagihan? Hal ini bisa mempengaruhi keputusan leasing untuk memberikan Anda kredit atau tidak.

3. DP lebih besar

Semakin besar DP atau uang muka yang Anda berikan ketika membeli, maka kemungkinan permintaan kredit diterima lebih besar.

4. Pekerjaan dan tempat tinggal jelas

Jika Anda punya sumber penghasilan tetap yang legal dan tinggal di kota yang sama dengan perusahaan leasing, Anda lebih mungkin dapat kredit.

Jangan lupa, ketika Anda mengajukan kredit motor Honda, tanyakan dulu tentang berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan. Fasilitas tersebut bisa berupa asuransi, mendapatkan suvenir, atau bahkan mendapatkan diskon. Pilih yang paling menguntungkan bagi Anda sehingga Anda tidak merasa dirugikan. Tanyakan pula kapan BPKB akan bisa Anda dapatkan, berapa lama Anda harus menunggu setelah Anda melunasi pembayaran.