Kontribusi untuk dunia programming di Indonesia

menang walaupun kalah

Ada 2 hal yang saya percaya tentang programming:

  1. Indonesia butuh lebih banyak programmer, orang yang bisa merealisasikan ide luar biasa untuk menyelesaikan berbagai masalah di negeri ini.
  2. Orang-orang belum banyak sadar, tentang impact yang bisa dihasilkan dengan kekuatan ini.

Ada 2 hal yang menjadi masalah:

  1. Sangat sedikit yang membahas seputar permasalahan non-teknis di dunia programming, sebagian besar blog/website/media lainnya fokus mengajarkan bagaimana mengerjakan sesuatu, sayangnya itu tidak cukup.
  2. Saat artikel ini ditulis, saya mengurus sekolahkoding tapi saya tidak tahu sampai kapan saya bisa dan mau mengelolanya. Di sisi lain, sumber belajar di luar sekolahkoding sangatlah banyak yang sayangnya belum dikenal oleh banyak orang.

Ada 2 hal yang saya lakukan:

  1. Mempelajari orang-orang hebat di dunia programming, para penulis bahasa program dan framework, apa kebiasaan mereka, apa yang membuat mereka berhasil dan hal-hal non-teknis lainnya yang jarang dibahas tapi sebenarnya ilmu mahal dan tidak terbatas waktu.
  2. Membuat satu tempat yang bisa menjadi referensi orang-orang mencari sumber belajar di seputar programming. (Loh bukannya itu sama dengan mempromosikan rival sekolahkoding? saya tidak mengenal rival, selama tujuannya sama, kenapa tidak saling membantu?).
Kodig.club

Kenalkan koding.club ! Saya sangat senang membuat sesuatu dengan ngoding, sebelumnya pun sudah banyak karya yang terkubur, tapi saya percaya “kita akan selalu menang walaupun kalah” saat berkarya. Dengan berkarya, saya mengusir rasa penasaran, bisa membantu orang lain dan belajar banyak hal baru.

Saya tidak pernah merasa ahli di bidang ini, saya bukan “hardcoder” dan bukan orang yang aktif di opensource, tapi saya ingin berkontribusi dengan apa yang bisa saya lakukan.

Terlepas dari apapun hasil dari koding.club ,sejauh ini saya sudah menang, dengan:

  • Melatih skill menulis.
  • Belajar dari para programmer handal di dunia.
  • Mengenal para kreator yang karyanya dibutuhkan banyak orang.

Ada 2 hal yang bisa KAMU lakukan:

  1. Kamu bisa membaca artikel di web koding.club dan mempraktekkan yang kamu dapat. Beri webnya saran dan kritik, jangan lupa bantu menyebarkannya ke teman-teman kamu yang membutuhkan
  2. Kalau kamu kreator, pembuat konten (screencast, podcast, web, mengurus komunitas) dll. silahkan masukkan data kamu disana, agar lebih mudah ditemukan orang lain.

Terima kasih sudah membaca! salam olahraga!