Pengalaman mengikuti program DevHandal dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud

IlhamAlMubarok
6 min readOct 3, 2023

--

Pertama tama sebelum berbagi pengalaman saya dalam mengikuti program Devhandal saya ingin memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang apa itu Devhandal jadi. Program Developer Handal adalah program beasiswa belajar coding selama satu tahun dan sertifikasi developer internasional yang diselenggarakan oleh Codepolitan dan Alibaba Cloud selama 12 bulan. Program ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi talenta digital di Indonesia dengan memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk mempelajari teknologi Full Stack JavaScript secara gratis dan mendapatkan sertifikasi developer internasional.

https://id.alibabacloud.com/en?utm_key=se_1007707702&utm_content=se_1007707702&gad=1&gclid=Cj0KCQjw1OmoBhDXARIsAAAYGSFQRy2f-X_caz-cRClQ9t-7GdPC-CVVouMXSFiEdaAJr1EAxgCjgB0aAuArEALw_wcB
Alibaba Cloud https://www.alibabacloud.com/id/developer/students#J_1767456870 Dan Codepolitan https://codepolitan.com/

Program Developer Handal menawarkan pendidikan online yang berkualitas dan akses ke sertifikasi developer internasional. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar teknologi Full Stack JavaScript, seperti JavaScript, Bootstrap, Node Js, Express Js, Adonis Js, Nest Js, HTML, dan CSS. Program Developer Handal juga menawarkan beragam keuntungan yang berdampak luas pada karir dan masa depan, Keterampilan komprehensif, permintaan tinggi, peluang karir luas, penghasilan tinggi, investasi masa depan. Batas pendaftaran program Developer Handal adalah 20 Oktober 2023.

Setelah mengenal apa itu program yang telah saya ikuti selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana pengalaman saya selama mengikuti program DevHandal yang tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud.

1 Mengisi Data Diri

Tahap pertama yaitu tahap yang sebagian besar peserta pasti setuju jika dibilang mudah. karena tahap ini adalah tahap yang paling mudah untuk dilakukan yaitu peserta hanya diminta untuk mengisi data diri seperti Nama, Email, Jenis Kelamin, Pekerjaaan, Nomor Wa, serta memasukkan kode reffeeral memilikinya (opsional). Pengalaman saya selama melakukan tahap pertama ini dibilang sangat lancar dan tidak ada kendala sama sekali karena hanya diminta untuk memasukan hal-hal yang umum saja.

Setelah melakukan tahap pertama ini, peserta akan mendapatkan 100 poin untuk memenuhi kualifikasi beasiswa agar diterima, jadi untuk mendapatkan beasiswa ini, peserta harus mengumpulkan sebanyak 450 poin perlu beberapa tahap lagi untuk memenuhi kualifikasi beasiswa.

2 Buat akun Alibaba Cloud (+100 poin).

Setelah menyeleasaikan tahap pertama maka selanjutnya masuk ke tahap kedua yang mana tahap ini mungkin bagi sebagian orang tahap yang sedikit sulit dilakukan karena harus memenuhi syarat seperti beikut.

Bagi peserta umum yang tidak memiliki credit card bisa menggunakan Debit Card Fisik berlogo Visa atau Mastercard seperti BCA, Mandiri, Jenius Mcard, Jago Fisik atau bank lainnya.

  • Pastikan settingan debit online dan transaksi internasional aktif.
  • Pastikan terdapat saldo minimal 25 ribu untuk verifikasi kartu sebesar $1 (satu usd) dan akan dikembalikan ke dalam saldo kamu dalam beberapa jam setelahnya.

Saya melihat di grup telegram banyak sekali yang bertanya terkait hal itu. Saya sendiri menggunakan cara yang kedua yaitu registrasi mahasiswa di link,berikut:https://www.alibabacloud.com/id/developer/students#J_1767456870. Untuk menyelesaikan tahap kedua ini telah disediakan link youtube nya untuk mempermudah student dalam mendapatkan beasiswa, saya melihat tutorialnya dari link youtube yang telah disediakan https://www.youtube.com/watchsi=fU73PlkNwY6mmgEp&v=T_CCv79OHaA&feature=youtu.be. Dalam menyelesaikan Pembuatan Akun alibaba Cloud.

Melalui beberapa tahapan di dalamnya yaitu Tahap pembuatan akun, tahap verifikasi student dan terakhir yaitu mendapatkan benefit karena telah mengisi semua syarat di atas. Dalam menjalankan tahap kedua ini saya sedikit terkecoh karena tidak memperhatikan kolom text kosong pada pencarian nama universitas yang terdaftar. Saya pikir nama kampus saya tidak ada, Namun setelah di cek lebih teliti akhirnya saya menemukan nama kampus saya dan mengetahui jika itu hanya kelalaian saya saja.

Setelah mengisi semua data identitas yang diberikan maka data kita akan dikirimkan dan kita akan diminta untuk menunggu paling lama 2 hari pada hari kerja, senin-jumat. Namun itu tidak membutuhkan waktu lama karena pada isok harinya tidak sampai dua hari data saya diterima dan saya masuk ke tahap berikutnya.

Setelah menyelesaikan tahap kedua itu dan menerima pesan

Saya diminta untuk menscreenshot halaman Akun Alibaba Cloud, serta mengirimkan account id yang saya miliki . Itu dilakukan untuk menjaga data kita agar tetap aman dan memverifikasi identitas kita.

Pada tahap kedua ini saya bisa dibilang lancar juga karena tidak ada kesulitan yang signifikan dalam proses penyelesaian tahap kedua ini.

Setelah menyelesaikan tahap kedua saya otomatis mendapatkan poin 100 seperti yang tertera di atas dihitung dari tahap pertama yang sudah saya selesaikan maka total poin yang saya dapat baru 200 poin perlu 250 poin lagi untuk mendapatkan beasiswa coding. Setelah menyelesaikan tahap kedua maka selanjutnya naik tingkat lagi yaitu menuju tahap 3.

3 Tuntaskan ECS Labs dan Dapatkan “Certified Developer” (+200 poin).

Pada tahap ketiga ini adalah tahap yang sangat penting dimana kita akan mendapatkan sertifikat langsung dari Alibaba Cloud setelah menyelesaikan tahapnya. Dalam menyelesaikan tugas yang yang diberikan terdapat video penyelesaian yang dapat student simak baik-baik untuk menyelesaikan tugasnya. https://www.youtube.com/watch?v=1a8cUUFpP0s&list=PLsRgyXGy0Eo5o3mi5qNZ41w9zn8-fIzPJ&index=4list=PLsRgyXGy0Eo5o3mi5qNZ41w9zn8-fIzPJ. Lewat video dari youtube tersebut saya mulai mengikuti tahap demi tahap yang harus saya lakukan seperti yang telah diperlihatkan di dalam video.

Lewat link Alibaba Cloud saya mulai mengerjakannya.https://www.alibabacloud.com/developer/certified-developer?utm_content=m_1000379648.

Alibaba Cloud

Setelah memasuki link yang diberikan saya memilih bagian mana yang akan saya kerjakan, saya memilih salah satu dari tugas yang tersedia yaitu memilih tugas untuk deploy MySQL Databases seperti yang tertera digambar.

Setelah masuk ke dalam deploy MySQL Databases, selanjutnya saya mengklik elastic computer service namun sebelum itu saya harus sudah masuk terlebih dahulu ke dalam akun yang sya gunakan untuk mendaftar. Setelah masuk saya langsung mengklik kode berwarna biru yang terdapat dibawah tulisan create instance. dan lanjut ke tahap berikutnya pada tahap ini saya sedikit mengalami error karena pada saat itu saya telah mengganti password mysql yang saya gunakan.

Error

Namun setelah berkomunikasi dengan teman teman yang terdapat di telegram saya saya berhasil menyelesaikan tahap itu dan mengirimkan hasilnya dan selama 2 hari setelah saya menyelesaikan tugasnya. Saya mendapatkan pesan via email terkait dengan sertfikat yang sudah bisa di claim di website alibaba cloud.

Dan itu adalah sertifkat yang saya terima dari alibaba cloud setelah mendapatkan serfikat saya mengirimkan file itu ke halaman dashboard devhandal untuk melakukan verifikasi atas pengerjaan saya. Pada tahap ini juga banyak rekan rekan yang lain mengalami error, termasuk saya sendiri. Dan pada tahap ini menurut saya sebenernya tidak terlalu sulit jika mengikuti dengan baik video yang diberikan.

Setelah menyelesaikan tahap 3 akan mendapatkan 200 poin yang mana perlu 50 poin lagi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

4 Share twibbon ke sosial media.

Pada tahap ini adalah tahap yang sangat mudah bagi saya begitu juga rekan yang lain, karena tugas ini hanya diminta untuk memasang twibbon ke salah satu sosial media dari instagram, tiktok, facebook, X maupun Linkedin. untuk mendapatkan beasiswa maka memilih salah satu dari pilihan itu namun jika ingin mendapatkan benefit yang lain. Maka harus mengisi semua persyaratan itu.

5 Bonus Opsional

Pada tahap ini sebenarnya bisa tidak bisa juga iya untuk dilakukan karena jika untuk mendapatkan beasiswa maka hanya perlu menyelesaikan sampai tahap 4 saja namun jika ingin mendapatkan benefit lain maka harus menyelesaikan semua tahap yang ada yaitu membuat blog post Pengalaman mengikuti program DevHandal dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud”. seperti yang saya lakukan ini.

Pada kesimpulannya program beasiswa yang saya ikuti ini membuat saya lebih berinteraksi dengan rekan rekan grup untuk saling sharing terkait dengan masalah yang dihadapi dalam menyelesaikan error. Beasiswa ini memberikan banyak kemudahan bagi para rekan-rekan sekalian yang sekiranya ingin menjadi programmer seperti yang teman teman yang lain inginkan.

Mungkin sekian tugas yang dapat saya buat kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

--

--