8 Tips Memilih Virtual Office di Jakarta

“A hallway in an elegant office space in Munich” by Nastuh Abootalebi on Unsplash

Virtual Office Jakarta — Virtual office adalah sangat ramai akhir-akhir ini. Karena dengan virtual office, para pengusaha bisa menggunakan dan memilih dimana kantor mereka berada. Dan juga dapat menghemat pengeluaran daripada harus sewa kantor / ruko.

Menjamurnya keberadaan virtual office di Jakarta yang menawarkan jenis paket dan layanan yang banyak (membingungkan) tentu saja ada beberapa pertimbangan yang perlu di perhatikan dalam memilih virtual office di Jakarta.

Ini adalah 8 tips untuk memilih virtual office di Jakarta, simak ulasannya berikut ini:

1. Lokasi: Pilih Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Lokasi adalah salah satu pertimbangan dalam memilih virtual office. Pertimbangan tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu kamu juga harus tau mengenai zonasi Jakarta.

Apabila kamu telah membuat Akta Pendirian PT dimana di pasal 1 disebutkan bahwa PT kamu berkedudukan di Jakarta Selatan, maka kamu harus memilih virtual office yang beralamat di Jakarta Selatan. Ini yang kadang-kadang tidak diperhatikan oleh para pengusaha.

Selain itu pastikan bahwa lokasi virtual office berada di zonasi komersial (bisa di cek di sini).
Contoh peta zonasi Jakarta — area Kebon Jeruk (sumber zonasi jakarta)

Dengan gambar diatas, maka zonasi komersial adalah yang berwarna ungu (zona perkantoran), sedangkan warna kuning adalah zona tempat tinggal sehingga nanti tidak bisa digunakan dalam pengurusan izin usaha.

2. Fasilitas: Lihat Fasilitas Yang Ditawarkan

Masing-masing virtual office menawarkan fasilitas yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Akan tetapi fasilitas yang biasa diberikan diantaranya meeting room, resepsionis, high speed internet, layanan call forward, dll.

“The simple interior of a coffee shop with a pair of water skis against the wall” by Drew Coffman on Unsplash

Berikut ini adalah fasilitas yang biasa diberikan di layanan virtual office:

  • Meeting room
  • High speed internet
  • Proyektor
  • Loker
  • Layanan resepsionis
  • Call forwarding
  • Free coffee, tea & mineral water
  • Free parking
  • Dan lain-lain

Perbedaan jenis layanan yang diberikan akan mengakibatkan perbedaan harga yang ditawarkan. Pilihlah dengan fasilitas

3. Harga: Pilih Harga Yang Sesuai Budget

Harga sewa virtual office sangat bervariatif. Harga sewa per tahun mulai dari 2 jutaan Rupiah sampai dengan belasan juta Rupiah.

Harga tersebut tergantung dengan jenis paket dan layanan yang ditawarkan.

Selain itu pemilihan lokasi virtual office juga menentukan tingkat harga yang di tawarkan. Harga sewa virtual office di Jakarta Selatan tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa di Jakarta Timur.

4. Perhatikan Jenis Layanan Yang Ditawarkan

Dalam memilih virtual office, pastikan kamu juga harus mengetahui jenis-jenis layanan apa saja yang ditawarkan oleh penyedia virtual office.

Biasanya penyedia layanan virtual office juga menawarkan ruangan kantor (office space) agar kamu dan tim kamu bisa bekerja maksimal atau menawarkan coworking space yang lebih fleksibel. Layanan tersebut tentu saja dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan

Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Selain itu, pastikan juga bahwa penyedia virtual office mempunyai kemampuan dan kapasitas yang mampu menunjang bisnis kamu. Misal tersedianya layanan printing on demand dan layanan pengiriman surat via go-send, dll.

5. Event. Apakah Menyelenggarakan Event Bisnis

Penyedia virtual office harus memiliki kemampuan dan kapasitas yang dapat membantu berkembangnya bisnis kamu. Ada beberapa penyedia virtual office yang mengadakan event bagi para klien virtual office nya.

Photo by Franck V. on Unsplash

Event yang diadakan ada yang berbayar dan ada yang gratis. Dan dengan tema tertentu. Misalnya event pembuatan website untuk pemula, belajar digital marketing, pelaporan pajak perusahaan bagi pemula, dll dengan tema-tema bisnis.

Selain itu tujuan diadakannya seminar adalah kamu bisa berinteraksi dengan para pengusaha lainnya sehingga memperluas networking dan jiwa entrepreneurship.

6. Security Deposit. Ada Atau Tidak?

Ada beberapa penyedia virtual office di Jakarta yang meminta security deposit sebagai jaminan masa sewa. Biasanya bernilai 10–20% dari pembayaran sewa virtual office.

Apakah kamu tahu apa itu security deposit?

“A white neon in the shape of the dollar sign at night” by Jimi Filipovski on Unsplash

Security deposit adalah biaya tambahan dalam sewa virtual office (sifatnya ditahan dan dapat dikembalikan ketika masa sewa berakhir), biasa nya digunakan sebagai jaminan kerusakan atau kehilangan, dll.

Menurut kami tidak relevan apabila layanan virtual office dikenakan security deposit. Karena konsep virtual office dalam tanda kutip hanya menyewa alamat, maka kamu tidak berkantor sehari-hari di kantor virtual office dan akibatnya tidak mungkin kamu melakukan pengrusakan atau menghilangkan sesuatu.

Security deposit lazimnya dikenakan terhadap sewa ruangan. Misal selama masa sewa kantor kamu memecahkan jendela kantor atau merusak kursi kantor, maka atas kerusakan tersebut dipotong dari security deposit.

7. Apakah Menyediakan Layanan Legalitas?

Penggunaan virtual office adalah sebagai alamat legalitas bisnis kamu. Tapi apakah bisnis kamu telah memiliki entitas usaha?

Apabila belum, tentu saja kamu lebih baik memiliki entitas usaha karena lebih menguntungkan dari sisi perpajakan, lebih baik menggunakan entitas badan daripada menggunakan entitas pribadi dalam berbisnis.

Photo by rawpixel on Unsplash

Apabila kamu tidak sempat dan tidak mau ambil pusing dalam pengurusan legalitas, kamu bisa meminta kepada penyedia layanan virtual office untuk mengurus pendirian entitas badan kamu, baik itu PT atau CV.

8. PKP. Bisa PKP atau Tidak?

Yang terakhir perlu diperhatikan adalah virtual office di Jakarta ada yang bisa PKP dan ada yang tidak bisa PKP.

Bahwa (sampai dengan awal 2018) ada beberapa Kantor Pajak yang tidak memberikan PKP terhadap permohonan PKP dari pengguna virtual office. Setiap permohonan PKP tersebut langsung di tolak (tidak sampai dengan dilakukannya survey PKP).

Kamu bisa bertanya kepada penyedia layanan virtual office dan meminta konfirmasi atas PKP ini.

Dan pastikan juga apakah kamu dikenakan biaya tambahan atau tidak.


Mau Sewa Virtual Office di Jakarta.

Infiniti Office menyediakan layanan virtual office di Jakarta yang terjangkau terutama bagi para pengusaha pemula dengan harga Rp 7.700 / hari atau Rp 2.81 juta / tahun.

Harga kami paling simpel karena hanya ada 2 macam pricing virtual office saja dan tentu saja agar tidak membingungkan LOL.

Selain harga yang terjangkau, fasilitas yang kami tawarkan tentu saja juga lengkap. Yang dapat membantu produktivitas bisnis kamu seperti di bawah ini.

Layanan yang kami juga termasuk:

  1. Tidak ada security deposit.
  2. Bisa PKP (proses tidak ribet).
  3. Rutin menyelenggarakan event gratis.
  4. Tersedia juga layanan legalitas.

Mau Paket Instant Office?

Paket Jasa Pendirian PT + VO

Cocok untuk kamu yang tidak mau dipusingkan dalam proses pembuatan entitas PT.

Persyaratan mendirikan CV hanya KTP, NPWP, KK, Pas Foto Direktur, Stempel dan Kop Surat. Jasa Pembuatan PT akan selesai 25 hari kerja.

Tersedia juga Paket PT + VO + PKP. Untuk info detail lihat disini.

Paket Jasa Pendirian PT + VO dan Jasa Pembuatan PT + VO + PKP.

Paket Jasa Pembuatan CV + VO

Cocok untuk kamu yang tidak mau dipusingkan dalam proses pendirian entitas CV.

Persyaratan mendirikan CV hanya KTP, NPWP, KK, Pas Foto Direktur, Stempel dan Kop Surat. Jasa Pembuatan CV selesai 25 hari kerja.

Tersedia juga Paket CV + VO + PKP. . Untuk info detail lihat disini.

Paket Jasa Pendirian CV + VO dan Jasa Pembuatan CV + VO + PKP.

Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi www.infiniti.id atau chat WA dengan klik nomor ini 0817–141–555.