Kota Ramah Sepeda Indonesia yang Harus Dikunjungi Selagi Muda

Kota Ramah Sepeda — Bersepeda adalah aktifitas yang sangat baik. Berguna untuk kesehatan dan ikut andil dalam mengurangi kemacetan. Di Indonesia, bersepeda belum begitu populer seperti halnya di Negara maju seperti Jepang, Belanda dan Korea. Masyarakat masih senang menggunakan mobil dan motor sebagai sarana transportasi sehari-hari. Meskipun begitu, tidak berarti sepeda tidak mendapat tempat sama sekali di masyarakat kita. Ada kota-kota ramah sepeda di Indonesia yang bahkan dinobatkan sebagai kota paling ramah bagi para pengendara sepeda. Ingin tahu kota apa saja yang termasuk, simak ulasan berikut.

Kota-kota Ramah Sepeda Indonesia

Yogyakarta

Siapa yang tak kenal kota klasik yang satu ini. Pernah menjadi ibukota Negara sementara, sampai sekarang pun Jogja masih menjadi kiblat untuk urusan kebudayaan dan akademik. Tak heran kota ini disebut kota pelajar. Selain itu, mungkin kita perlu memberi julukan baru untuk kota ini, Kota Ramah Sepeda. Ya, Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang masih memberi hak-hak untuk pengendara sepeda. Hal ini bisa dilihat dari rambu-rambu di jalan raya. Ada plang atau papan penunjuk jalan yang menunjukan jalan alternatif untuk sepeda. Ada juga ruang tunggu khusus sepeda di setiap traffic light di pusat kota.

Karena hak-hak pengguna sepeda masih dihargai, di Jogja tumbuh banyak sekali komunitas-komunitas sepeda dari mulai sepeda antik hingga sepeda yang menyesuaikan trend anak muda sekarang. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta pas malam minggu, aka ada rombongan pesepeda dari anak-anak sampai orang tua yang berkeliling di pusat kota Yogyakarta. Acara itu diikuti oleh beberapa komunitas sepeda yang ada di Jogja maupun masyarakat umum yang ingin ikut ‘ngonthel’ sepeda keliling kota. Benar-benar kotanya pesepeda bukan?

Jepara

Kota ramah sepeda ini bukanlah kota terbesar di Jawa Tengah. Dari segi keramaian maupun popularitas pun masih kalah bila dibandingkan Semarang atau Solo. Namun, tidak disangka, justru kota kecil seperti jepara yang belum terlalu padat menjadi kota paling asyik untuk bersepeda. Setidaknya hal itulah yang diutarakan olen ketua Komunitas Bike to Work Indonesia, Toto Sugiarto. Di kota yang juga tempat kelahiran salah satu putri terbaik Indonesia Kartini ini, terdapat jalanan yang masih lengang dari lalu lalang kendaraan bermotor. Meski di lalui jalur utama Jawa, yaitu Pantura, namun tata ruang kota memungkinkan pesepeda dapat menggowes sepedanya dengan tenang.

Pemerintah setempat tengah berusaha untuk menambah fasiltas bagi para pengguna sepeda di Kota Jepara. Selain itu, kota yang terkenal dengan kerajinan ukirannya ini juga pernah menyelenggarakan event Srikandi Inspirasi Negeri yang merupakan event tahunan dari komunitas bike to work yang mana pesertanya adalah perempuan. Event yang sukses diselenggarakan dua tahun lalu itu mengundang banyak pujian dari kalangan luas yang semakin menguatkan Jepara sebagai kota yang asyik untuk bersepeda.

Bandung

Paris van Java orang sering bilang. Pusat modenya Indonesia ini juga dikenal sebagai kota bagi para pengguna sepeda. Terwujudnya Bandung sebagai salah satu kota dengan tingkat kenyamanan tinggi untuk para pengguna sepeda adalah berkat pemimpinnya, yaitu wali kota Pak Ridwan Kamil. Beliau telah bertemu dengan Dubes Denmark dan tengah menyusun rencana untuk menjadikan Bandung menjadi kota sepeda seperti ibukota Denmark, Copenhagen.

Bandung memang sangat cocok untuk dijadikan kota ramah sepeda. Letaknya yang cukup tinggi membuat cuaca di sana tidak terlalu panas di siang hari. Kita tahu, Bandung sekarang semakin panas dan tinggi polusi akibat pertumbuhan kendaraan bermotor yang tak terkendali. Wacana dari walikota tentu angin segar bagi warga Bandung yang ingin melihat kotanya kembali bersih dan sejuk.Maka bagi penggemar sepeda, sudah wajib hukumnya untuk mengunjungi kota ini. Kalian tidak perlu khawatir tentang penginapan karena kalian bisa menginap di Bandung murah dengan diskon Hotel Bandung. Selain itu biaya hidup di kota ini juga belum terlampau tinggi.

Baca Juga: Keunggulan Sepeda Polygon, Produk Lokal yang Mendunia

Beberapa kota ramah sepeda di atas patut anda coba jika anda adalah salah satu penggemar aktifitas Gowes atau bersepeda. Hidup di kota-kota tersebut juga jauh lebih nyaman daripada di kota-kota besar lainnya karena udara disana masih bersih dari polusi kendaraan bermotor. Selamat menikmati pengalaman Gowes ria di kota-kota tersebut ya guys.

Comments

comments


Originally published at www.pricearea.com on April 30, 2015.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.