Tips Menulis Press Release Untuk Promosi Web Anda

Pernahkah anda mendengar istilah Press Release? Jika belum mari kita pahami bersama apakah sebenarnya Press Release itu dan apa juga fungsinya? Sebenarnya Press Release itu merupakan salah satu sarana untuk mempublikasikan website atau blog anda. Publikasi ini harapannya akan menaikkan jumlah visitor dari website anda. Dengan bertambahnya visitor, maka tentu saja penjualan pada website anda semakin melonjak lebih jauh lagi.

Di dunia internet marketing, membuat press release ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Penulisannya haruslah menarik minat seseorang untuk membaca press release anda tersebut. Tidak hanya itu saja, penulisan press release ini tidak boleh bersifat persuasif atau mengajak. Selain itu, bahasa yang digunakan juga haruslah termasuk ke golongan straight news (bahasa berita) yang cenderung kaku dan lugas serta informatif.

Untuk lebih jelasnya anda bisa silakan simak beberapa tips untuk menulis press release website seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Tulislah Press Release Dengan Memposisikan Sebagai Orang Ketiga

Hindari menulis press release dengan menggunakan kata ganti “saya” (orang pertama). Hal ini menunjukkan bahwa tulisan anda terlalu subyektif. Gunakan sudut pandang orang ketiga dalam penulisan press release. Gunakan nama seorang pakar atau kata ganti orang ketiga jika anda menulis press release. Hal ini tentunya akan semakin meyakinkan pembaca mengenai tulisan anda. Kesan professional juga akan muncul jika anda menulis dengan menggunakan gaya bahasa seperti yang kami sebutkan di atas.

Selain sudut pandang penulisan, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Anda tidak diperkenankan untuk menulis press release yang mengandung kata-kata seperti: advertising, opportunity, atau sell. Intinya anda jangan terlihat sedang promosi atau menjual di press release tersebut. Pilihlah diksi kata lain yang dapat menyamarkan promosi anda melalui penulisan press release ini.

2. Grammar (Tata Bahasa) Harus Benar

Dalam konteks press release, kita sedang menghadapi konteks tulisan. Bisa dikatakan bahwa tulisan yang memiliki tata bahasa yang buruk akan terkesan tidak formal. Padahal dalam penulisan press release ini dituntut untuk dapat berlaku profesional kepada siapapun. Oleh karenanya bahasa yang sesuai dengan kaidah kebahasaan akan sangat membantu anda dalam menuliskan press release untuk bisnis anda.

3. Jumlah Karakter yang Dianjurkan

Ada baiknya tulis press release anda dengan jumlah kata antara 250–300 kata. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kata yang tidak efektif muncul di penulisan press release tersebut. Selain itu, standar optimasi SEO juga menyarankan untuk menulis artikel paling tidak sudah memenuhi standar 250–300 kata. Pembaca akan mendapatkan poin dari apa yang dia baca dengan efektif dan cepat.

4. Mengandung Kutipan

Jika di blog atau website anda memiliki kutipan, apalagi dari seseorang yang memiliki pengaruh baik di dunia, ada baiknya untuk mencantumkan kutipan tersebut. Selain tokoh yang berpengaruh, nama perusahaan ataupun toko juga dapat mendongkrak traffic di website anda nantinya. Kepercayaan para pembaca press release tersebut juga akan meningkat dikarenakan oleh nama tokoh atau perusahaan yang anda kutip tadi.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mengambil testimoni dari beberapa pelanggan anda. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 atau 3 testimoni saja sudah cukup. Hal ini tidak wajib, namun hanya optional saja. Akan lebih baik jika anda memberikan testimonial tersebut di press release anda. Tentunya semua usaha di atas akan membantu pengembangan bisnis online yang sedang anda jalankan.

Sumber

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.