Manisnya Hidup Seperti Ubi Cilembu

Is an Amateur
2 min readMar 6, 2023

--

[Rambling]

Ternate, 04 Maret 2023

Source: Kompasiana

Dari dulu gue sukaa banget sama ubi. Apalagi kalo direbus atau dikukus. Digoreng suka juga tapi ga suka pake tepung. Yaa meskipun ujung-ujungnya terkentut-kentut tapi tetep aja bakal dijabanin buat makan si ubi ini.

Kalo boleh dibilang, apa makanan yang punya hubungan toxic sama gue pasti jawabannya ubi cilembu.

Soalnya gue sukaaa banget sama rasanya yang legit dan manis, apalagi kalau madunya sampe keluar-keluar pas lagi baru mateng. Yaampun nikmaatnya…

Masalahnya, si ubi ini toxic, karena biasanya setelah makan perut langsung ga bisa diajak kompromi dan akhirnya jadi terkentut-kentut.

Tapi tetep ajaa, kalo ditanya hidup gue mau jadi rasa makanan? Jawabannya mungkin bakal ubi cilembu. Soalnya belum ada yang ngalahin makanan ini. Cuma dipanggang atau dioven aja rasanya bisa nikmat sampai ke ujung duniaaaaaa…..

Ubi cilembu ini juga punya banyak kenangan yang ga bisa dilupakan. Kalau inget ubi cilembu pasti keinget keluarga, terutama ibu. Soalnya waktu gue baru cabut gigi, gue kan gabisa makan apa-apa yang keras yaa… akhirnya gue beli aja ubi cilembu. Terus ibu juga sukaa.. soalnya ga neko-neko kan cuma ubi aja bukan jajanan atau makanan kaya jaman sekarang yang instan-instan gitu.

Dulu juga waktu kecil, ibu suka kukus ubi karena gue sukaa banget. Kadang digoreng juga tanpa tepung seperti yang gue suka. Kalau digoreng tanpa tepung, rasanya itu lebih enaak. Meskipun yaa harus dikupas dulu wkwkwkw.

Waktu gede juga punya pengalaman yang sebenernya agak mengharukan meskipun dikit wkkwwkw. Karena gue suka banget ubi cilembu sampe ngomongin soal itu terus, eh malah dikasih ubi cilembu. Mungkin nyogok biar diem aja kali yaa…

Oh sampe lupa kalo setahun lalu gue suka beli ubi buat dikukus. Soalnya gue saat itu lagi nerapin pola hidup sehat anti kolesterol wkwkw…

Karena gue suka ubi jadi gue bersyukur banget bisa tinggal di Ternate. Soalnya disini banyak banget ubiii. Kalau kita makan kebun, alias makan papeda dan ikannya. Biasanya ada ubi dan pisang rebus yang menemani. Aduh nikmatnyaaa……

Ga tau lagi harus ngomong apa sama ubi pokoknya love it sooo sooo muchhhhhh despite everything…

With love for ubi especially ubi cilembu, Isti.

--

--