5 Pertimbangan Sebagai Langkah Awal Membangun Bisnis

Johanes Chandra Ekajay — Memulai sebuah usaha bukanlah suatu perkara yang mudah. Pasalnya dalam memulai suatu usaha banyak hal yang harus kita pikirkan dan kita canangkan dengan sebaik mungkin. Mulai dari planning, hingga pelaksanaannya harus benar — benar kita cover supaya benar — benar matang. Disamping itu kita juga harus memiliki pertimbangan — pertimbangan dalam memulai suatu usaha baik pertimbangan yang didasarkan pada aspek internal maupun pertimbangan yang didasarkan pada aspek eksternal.

Seringkali para pemula bisnis yang telah menemukan ide bisnisnya sekaligus konsep yang akan dijalankan, bingung kembali ketika akan melakukan apa yang harusnya dilakukan. Kebimbangan ini berujung pada suatu titik dimana semua pertimbangan yang sudah ada di benak tidak berjalan lancar. Karenanya kita tentu harus benar — benar mengcover seperti apa langkah awal yang nantinya akan kita lakukan dalam bisnis yang kita bangun. Nah, berikut ini marilah kita telaah hal tersebut dalam bahasan mengenai 5 Pertimbangan Sebagai Langkah Awal Membangun Bisnis berikut ini :

1. Pertimbangan produk

Sebelum mendesain produknya, kita harus memikirkan produk kita dahulu. Kepada siapa produk kita akan ditujukan, kepada konsumen mana sasaran target dari produk kita dan apa manfaat produk kita harus benar — benar kita pikirkan agar produk kita bukan hanya laku sekali saja melainkan juga laku dalam jangka yang panjang.

2. Pertimbangkan sistem manajemen

Dalam usaha yang kita dirikan kita harus tahu siapa saja yang akan terkait dalam usaha kita supaya kita lebih mudah dalam melakukan manajemen usaha. Hal ini juga bertujuan agar tidak ada tumpang tindih kewenangan dan kekuasaan nantinya.

3. Analisa pasar

Produk yang kita buat tentunya akan kita bidik pada segmen pasar tertentu. Karena itu sebelum membuat produk alangkah baiknya kita menganalisa pasar dahulu agar nantinya produk sesuai kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen.

4. Strategi pemasaran

Sebagai seorang pebisnis pastinya hal yang turut kita pikirkan adalah berapa banyak produk kita laku terjual. Karena itu supaya omset dan penjualan produk memenuhi yang ditargetkan tentu strategi pemasaran harus optimal.

5. Analisis keuangan

Jangan sampai nantinya pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Karena itu sebaiknya kita harus benar — benar menganalisa keuangan kita.

Itulah 5 Pertimbangan Sebagai Langkah Awal Membangun Bisnis yang dapat kita lakukan. Karena itu mari kita benar — benar melakukan perencanaan yang matang agar bisnis yang kita bangun juga berjalan lancar.

Oleh Johanes Chandra Ekajaya.

Like what you read? Give Johanes Chandra Ekajaya a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.