6 Tips Liburan Untuk Seorang Entrepreneur

Halo Bro!

Happy Friday :))

Tinggal beberapa jam lagi aktivitas rutin harian kita akan rehat dulu sejenak. Nikmati liburan dengan keluarga, sanak saudara, istri (jika sudah menikah) & orang tua Anda ya.

bersantai dengan anak

Mashable memberikan 6 tips penting bagi Anda yang merupakan seorang pebisnis agar liburan bermakna. Simak tips berikut ya..

1. Informasikan Liburanmu

Jika Anda punya klien yang sering hubungin buat diskusi proyek kalian, informasikan kalo Anda lagi liburan dan dimohon nggak diganggu.

Selain membantu ketenangan Anda waktu liburan, juga kita jadi bersikap professional dalam kerjaan kita.

2. Atur Waktu Online Anda

Beberapa pengusaha nentuin waktu “off” waktu liburan mereka, mungkin buat Anda ini sulit karena aktivitas kita kan banyak pake gadget.

Ini bisa diakalin dengan memberlakukan pembatasan untuk online yang terus-menerus, misalnya hanya saat pagi jam 7–9 Anda akan online untuk cek toko online, campaign atau bisnis online Anda, sisanya jauhkan diri dari laptop.

3. Fokus pada ‘Big Picture’

Saat hari-hari biasa mungkin Anda mikirin perintilan-perintilan bisnis Anda, hari libur saatnya Anda kembali evaluasi visi & misi besar bisnisnya.

Visualisasikan gimana bisnis kamu 5, 10, 20 tahun kedepan, gimana kebahagiaan keluarga nanti, dan hal-hal lainnya.

Ini juga saat yang tepat untuk memikirkan strategi bisnis Anda yang mungkin sudah usang, karena pasti dengan merubahnya zaman dan ‘behaviour’ konsumen maka perlu perubahan strategi juga.

Salah satu perubahan strategi yang unik adalah ‘Pivot’, kata ini diambil dari gerakan berpindah dari olahraga Basket. Saya mengulas lebih jauh tentang Strategi ‘Pivot’ di website khusus bisnis saya dan bagaimana menganalisa bahwa bisnis Anda perlu ‘Pivot’.

4. Pastikan Tim Kamu juga Memaksimalkan Liburan Mereka

Jika Anda sudah punya tim, pastikan tim Anda juga maksimalin liburannya. Mereka memiliki keluarga juga bukan? ;) Jadi liburan yang bermakna akan berarti buat mereka.

5. Jika Anda Mulai Stres, Katakan Tidak!

Menjadi seorang pebisnis tidak jarang bikin orang stres. Saat Anda mulai merasa stres, katakan tidak!

Maksudnya agar otak kita kembali tersugesti positif… ‘refresh’ lagi gitu :)

6. Jangan Minta Maaf atas Liburanmu

Waktu relax itu hal penting bagi tubuh dan pikiran Anda, ini berguna supaya tubuh dan pikiran Anda dapat kerja maksimal lagi nanti, jadi jangan minta maaf ke siapa-siapa yang misalnya lagi butuh Anda, karna itu hak Anda :P

corat-coret, ngilangin suntuk lho..

Nah, itu dia 6 tips penting buat Anda yang aktivitas udah banyak, maupun yang masih baru-baru mulai bisnis (biasanya yang baru2 mulai suka menggebu-gebu, liburan pun dihajar! :D )

Semoga tipsnya bisa membantu Anda ya supaya kamu nggak puyeng terus mikirin bisnis yang nggak ada abisnya, saatnya relax dan rehat :)

Regards, Raafi
Blogger, Worker, Entrepreneurs

Plaza Bisnis | Inspiring Marriage | Glanz Organizer