4 Teknik Meditasi Headspace untuk Pemula: Tenangkan Pikiran, Tingkatkan Fokus!

Liptuseka
4 min readApr 14, 2022
Netflix/YouTube

Akhir tahun 2021, setelah beberapa bulan main TikTok, aku kehilangan fokus. Pikiranku tak pernah puas meski selalu mendapatkan distraksi singkat lewat TikTok, Twitter, dan Instagram. Ujungnya, aku tak bisa diam untuk melakukan suatu tugas kecil lebih dari 10 menit. Jadinya, kerjaanku tak pernah beres dalam waktu singkat.

Sebetulnya, aku sudah tahu daridulu kalau meditasi adalah salah satu cara untuk mengembalikan fokus dan meredam suara berisik di pikiran. Tapi, aku belum pernah benar-benar melakukan meditasi. Alasannya? Aku malas.

Sampai aku bertemu Andy dari Headspace Guide to Meditation di Netflix. Tadinya, aku suka dengan visual dalam videonya. Lama-lama, aku merasa cocok dengan gaya meditasi orang ini. Aku pun mulai rutin melakukan meditasi sejak Januari 2022 dan sudah mulai merasakan efeknya, terutama pada fokusku.

Di artikel ini, aku ingin berbagi teknik-teknik meditasi yang menjadi rekomendasiku untuk meningkatkan fokus. Selain itu, aku juga ingin berbagi beberapa pemahamanku yang salah soal meditasi. Di akhir artikel, kamu bisa menentukan sendiri apakah kamu mau mulai mencoba atau tidak. It’s all your choice!

Fakta Soal Meditasi

Sebelum masuk ke episode meditasi favoritku, aku ingin menjelaskan beberapa fakta soal meditasi yang baru aku tahu setelah rutin melakukan meditasi.

Pertama, aku pikir meditasi harus duduk bersila dengan jari tangan membentuk OK yang menengadah ke atas dan diletakkan di atas paha. Ternyata tidak. Kamu bisa meditasi sambil rebahan, duduk, bahkan sambil berjalan. Senyamannya kamu saja.

Netflix/YouTube

Kedua, aku pikir meditasi akan membuat pikiran ku kosong begitu saja. Salah besar. Saat pertama kali mencoba, aku malah stres karena sulit sekali untuk fokus pada napas. Tapi, setelah beberapa bulan, aku mulai menemukan fokusku kembali.

Terakhir, aku kira meditasi harus terus fokus pada napas. Momen saat pikiran ku mengembara ke mana-mana adalah sebuah dosa besar yang tak boleh aku lakukan. Lagi-lagi aku salah. Malahan, inti dari meditasi itu sendiri adalah gerakan tarik ulur antara pikiran yang mengembara dan napas yang naik turun.

4 Teknik Meditasi untuk Tingkatkan Fokus

Sekarang, simak 4 teknik meditasi yang sudah berjasa membantuku untuk lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Episode 1: How to get started

Netflix/YouTube

Tak tahu harus fokus ke mana? Episode ini bisa jadi obatnya. Di episode ini, kamu belajar untuk fokus pada napas sembari membiarkan semua hal terjadi di sekitarmu. Terdengar mudah, tapi bagian ini cukup sulit dilakukan, terutama ketika pikiranmu sedang kacau-kacaunya. Ketika kamu merasa tak cukup sukses melakukan teknik meditasi ini, kamu akan sadar bahwa itu adalah hal yang biasa, dan tidak apa-apa.

Episode 3: How to fall in love with life

Netflix/YouTube

Salah satu hal yang bisa membuatmu tak fokus adalah hobi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ujungnya, kamu merasa tak cukup baik dan jadi rendah diri. Karena itu, salah satu obat mujarab untuk hal ini adalah bersyukur dan kembali jatuh cinta kepada hidupmu sendiri.

Di meditasi ini, kamu akan ditanya, “Apa atau siapa yang membuat kamu bersyukur hari ini?“ Tunggulah sampai ada sesuatu yang muncul dari benakmu. Kadang ada, kadang tidak ada. Kalau ada, rasanya hangat dan menyenangkan. Kalau tidak ada, kamu bisa bersyukur kamu masih diberi kesempatan untuk hidup dan melakukan meditasi.

Episode 4: How to deal with stress

Netflix/YouTube

Tingkat stres yang tinggi jelas mengurangi kemampuanmu untuk fokus. Untuk menurunkan tingkat stres, kamu bisa melakukan teknik meditasi yang disebut “noting.” Teknik ini membimbingmu untuk menyadari pikiran dan memberikan sebuah label.

Hanya ada 2 label yang tersedia: pikiran atau perasaan. Jika tanpa sadar kamu tengah berpikir tentang kegagalan yang sedang kamu hadapi, peluk pikiran itu dengan lembut dan labeli ia dengan “perasaan.” Di sisi lain, jika tanpa sadar kamu mempertanyakan untuk apa kamu ada di dunia ini, peluk pertanyaan itu dengan lembut dan labeli ia dengan “pikiran.” Hasilnya? Kamu lebih sadar bahwa kedua hal itu terpisah dari dirimu dan tidak mendefiniskanmu sebagai manusia.

Episode 7: How to deal with anger

Netflix/YouTube

Selain tingkat stres yang tinggi, tingkat kemarahan juga membuatmu kalut dan tak fokus. Teknik meditasi yang satu ini bisa membuat pikiranmu lebih adem sehingga lebih mudah untukmu mencapai fokus.

Di sini, kamu diajari untuk berempati kepada orang yang membuatmu kesal. Awalnya sulit dan tak sudi, tapi lama-lama, kamu akan menyadari bahwa setiap orang punya perjuangannya masing-masing. Hidup mereka juga sama beratnya dengan hidupmu.

The Takeway

Sebetulnya, ada 8 episode dalam serial Headspace Guide to Meditation. Episode yang aku tuliskan di atas adalah episode yang berhasil membantuku melewati masa-masa sulit selama 3 bulan ini. Hasilnya, aku bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu (buktinya aku bisa membuat tulisan ini sekali duduk selama 1 jam). Tak hanya itu, episode tersebut juga membuatku lebih menerima keadaan sehingga hidupku lebih tenang daripada sebelumnya.

Terakhir, di kehidupan yang serba cepat dan serba kewalahan ini, aku rasa, meditasi adalah obat terbaik untuk tetap waras. Aktivitas ini benar-benar direkomendasikan untukmu!

--

--

Liptuseka

I decided that I am a writer. An excellent one.