2037 (k-Movie) #review

Asa Mode Baca
3 min readAug 15, 2023

--

Judul : 2037

Director : Mo Hong-jin

Produser : Kin Dae Geun

INI FILM SEDIH BANGET SUMPE!!!!, Aku nih sampe bertanya tanya loh. “Gimana hidup bisa sesial itu buat dia”.

Kali ini aku mau bahas Film 2037. Film ini udah ditayangkan dari tahun 2022 lalu. Dengan latar kehidupan narapidana di penjara. Aku sangat penasaran waktu liat cuplikan film ini di sosial media waktu itu. Terakhir nonton drama dengan latar kehidupan narapidana ya Prison Playbook lalu, dan aku suka sekali drama itu, jadi kali ini aku punya harapan tinggi waktu mau nonton film ini.

Kisah ini menceritakan tentang seorang siswi SMA berusia 19 tahun bernama Yoon-Young. Yang hidup berdua bersama ibunya Kyung-seok yang tuna rungu. Jadi sebenernya Yoon-Young ini udah putus sekolah tapi hal itu dia sembunyiin dari ibunya, jadi dia ini keliatannya berangkat sekolah tapi aslinya dia tuh kerja gitu. Ibunya Yoon-young ini kan juga kerja, disana tuh dia punya bos, awalnya tuh ga mencurigakan bosnya ini tapi emang suka ama Yoon-Young kalo gasalah.

Suatu hari gitu aku aga lupa gimana kondisi cerita sebelumnya, tapi si Yoon-Young ini tiba tiba mendapatkan kekerasan seksual oleh bos tempat ibunya bekerja itu, dia mendapat pelecehan seksual gitu di suatu semak ilalang. Bener bener kasian kalo inget adegan itu, nah waktu si Yoon-Young udah aga sadar dia ngambil batu buat nyerang si pelaku pelecehannya itu (aka bos ibunya tadi), dipukuli lah dia sampe metong kayanya itu.

Tapi setelah melakukan pembunuhan itu dia ditangkap dan diadili, dia dapet hukuman lima tahun masa kurungan, aga sedih sebenernya liat hukumannya, bayangin aja dia ini dilecehin sampe kaya gitu ya wajar dong membela diri, tapi kalo sampe metong mungkin jatohnya pembelaan yang berlebihan, TAPI YA GIMANA?!!! TETEP GA ADIL BANGET GASIH BUAT DIA!!!

Akhirnya dia menjalani masa hukuman dia yang lima tahun itu, menghabiskan separuh masa muda dia di sel kurungan, dia ditempatin di sel 12 bersama dengan lima orang baik penunggu sel,( eh dibilang baik juga mereka masuk penjara karena perbuatan buruk mereka ya ) pokoknya mereka baik menurut aku aja. Yaa awal awal pasti ada orang yang sulit untuk di dekati lah apalagi Yoon-Young disini mentalnya juga lagi hancur jadi dia menutup diri dari dunia, tapi temen temen sel dia kaya ngerti kondisi dia gituloh. Cerita terus berlanjut sampe aku ngerasa kalo Yoon-Young ini udah aga bisa menerima keadaan udah bisa berdamai dengan apa yang terjadi. Tapi tiba tiba badai yang lebih besar dateng, Yoon-Young hamil anak dari orang yang udah ngelecehin dia, ga bisa bayangin sekacau apa Yoon-Young saat itu, yang awalnya dia udah mulai mengalah dengan keadaan udah bisa menginginkan mimpi dia setelah bebas tapi malah kaya gini. Dia hancur bener bener hancur, yang terpikir di benak dia cuma gimana caranya mati.

Tapi gatau ya emang perasaan aku dimainkan disini, awalnya aku mau sedih buat Yoon-Young tapi seringkali dibuat ketawa sama tingkah temen satu selnya yang pada gasabar punya ponakan baru, mereka bener bener ngejaga Yoon-Young dan calon anaknya dengan seluruh kasih sayang yang mereka miliki, calon bayinya Yoon-Young dibikinin baju baju, selimut, bahkan mainan. Dengan tingkah mereka yang lucu lucu cukup buat jadi hiduran dalam film ini.

Akting dari masing masing pemain juga iconic semua, dengan cara mereka masing masing berhasil bikin aku ikut terharu sama mereka, tapi kisah hidup Yoon-Young ga berhenti sampe situ aja ada masa berat lain yang harus dia lewatin sendirian. Seru pokoknya ini film buat ditonton

RATING DARI AKU

Aku bakal beri film ini 9/10. Film yang sangat mengharukan, banyak pembelajaran yang aku dapet dari film ini. Apa yang dialami dan dirasakan oleh karakter utama seperti benar benar sampai di aku, selain itu aku juga bisa melihat sisi lain dari setiap orang, jangan dulu menilai orang terlalu cepat, banyak hal yang bisa terjadi di dunia ini. Aku sedikit menyayangkan endingnya kaya kurang jelas menurutku, aku kurang paham dengan ending seperti apa yang ingin disampaikan, apakah hanya aku aja yang seperti itu kurang tau juga. Tapi selebihnya film ini sudah cukup menarik untuk ditonton. Bukan tontonan yang ringan tapi kalo kalian lagi pengen sedih cocok buat nonton film ini.

Sekian review dari aku, seperti biasa aku hanya ingin menulis tentang bagaimana aku melihat film ini, bukan ulasan yang cukup membantu mungkin. Peace. Bye.

-ASA.

--

--

Asa Mode Baca
0 Followers

Aku cuma mau membaca, udah itu aja:)