Resistor! Oh Resistor!

Hi ho! Balik lagi bersama orang paling ganteng di dunia (ngarep dibilang gitu). Jadi kemaren kan kelompok kami berencana mencoba FTDI. Kebetulan pas pemasangan saya masih belum balik dari kampus jadi cuma bisa denger cerita aja. Nah kata teman saya Posma, pada rangkaian kali itu dibutuhkan resistor dengan ukuran hambatan tertentu (saya lupa berapa), dan oleh sebab itu mereka jadinya harus ngitung hambatan resistor dilihat dari warna nya.

Nah mereka baru pertama kali ngitung yang kaya gitu, kalau saya dulu pas SMP pernah. Jadi mau cerita dulu ya hehe, saya dulu SMP di SMPK 5 BPK PENABUR dan selama kurang lebih 3 tahun di sana saya menjalani mata pelajaran yang namanya PTD (Pengenalan Teknologi Dasar). Nah PTD itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu Reparasi dan Produksi. Reparasi itu yang berkaitan dengan rangkaian elektronik, kalau Produksi itu berkaitan dengan pemotongan kayu gitu. Nah katanya sih yang masuk PTD Reparasi itu yang nilainya di atas rata-rata, jadi saya sombong dikit lah ya masuk reparasi hahahaha.

Ini di depan lab, tapi bukan foto saya hahaha

Di PTD Reparasi itu kami diajari mulai dari membaca resistor, menggambar rangkaian di atas PCB, melapisi dengan suatu cairan yang saya tidak paham terus dikerokin, menyolder, dan akhirnya menjalankan sebuah alah elektronik. Berhubung di luar sana mungkin ada yang tidak bisa baca resistor, pada kesempatan ini saya mau ngebahas cara baca resistor deh (semoga bener)

Penampakan resistor

Nah kalau yang dulu diajarin pas SMP sih buat baca resistor yang punya empat gelang aja, jadi disini gak dibahas ya yang lima warna gitu. Yang penting sih buat hitung-hitung itu ya harus afal warnanya. Ini di bawah ada tabel warnanya

Kita bahas warna resistor yang di atas ya tadi itu kan dia Merah-Ungu-Coklat-Emas. Gelang warna terakhir itu pasti emas, perak, atau tak berwarna, yang menandakan toleransi dari resistor itu sendiri. Nah dua warna pertama itu tinggal ditulis aja jadi angka puluhan-satuan gitu. Kalau disini kan berarti Merah-Ungu = 27. Terus gelang ketiga itu menandakan pengali kelipatan 10 nya gitu. Kalau disini Coklat berarti harus dikali 10 pangkat 1 gitu. Jadi kesimpulannya sih ukuran resistor yang digambar itu 27 x 10¹ Ohm dengan toleransi 5%.

Sekian lah ya penjelasan tentang resistor semoga paham hehehe :D