10 Tools Social Bookmark yang Harus Kamu Coba

Kita semua tentu hobi menjelajahi internet. Apakah itu hanya sekedar mencari informasi atau sekedar melihat hal-hal menarik untuk disimpan. Skenario terburuknya adalah kita lupa akan semua hal itu, kita melupakan banyak situs-situs menarik yang pernah disimpan. Atau masalah lainnya adalah sistem bookmarks di browser yang sangat berantakan dan sulit diorganisisr. Inilah saatnya tools social bookmark beraksi.

Beberapa tools di bawah ini akan sangat mudah memantau semua hal yang kamu temukan online, mengaturnya dan menyimpannya untukmu, bisa diakses kapan saja dan melalui perangkat apa saja asalkan terhubung ke internet. Semoga dengan beberapa daftar di bawah ini kamu bisa menemukan yang tepat buatmu!

Dragdis

Dragdis adalah aplikasi web akan membantumu mengumpulkan berbagai hal dengan baik dan mudah. Dengan sidebar yang sangat simpel, kamu bisa langsung mengorganisir sumber-sumber yang ingin kamu simpan ketika membukanya. Sidebar dengan beberapa folder akan muncul setiap kamu mulai mendrag konten dari website seperti gambar, video, link dan teks, cukup seret konten tersebut ke folder yang ada di sidebar untuk penyimpanan yang aman.

Pinterest

Pinterest adalah tools penemuan visual yang bisa digunakan untuk menemukan ide-ide project atau menemukan hal-hal menarik yang berkaitan dengan minat dan hobi kita.

Scoop.it

Scoop.it hampir mirip dengan Pinterest, mudah digunakan. Tools ini memungkinkanmu membuat boards dan memilih konten sesukamu. Kamu bisa membagikan boardsmu, dan membuat user lain dengan mudah menemukannya melalui Scop.It community, atau membuatnya private.

Diigo

Diigo adalah tools keren lainnya untuk melakukan social bookmarking, serta menawarkan berbagai fitur menarik lainnya untuk menunjang kegiatan bookmarkingmu. Digital highlighters, annotation tools, easy collaboration, dan archived webpages hanyalah beberapa fitur bonus Diigo.

Kippt

Gunakan Kippt untuk mengumpulkan sumber, ide dan inspirasi untuk proyek. Kamu bisa membuat link-link tersebut private, ataupublic, dan membagikannya dengan kolaborator lain. Konten seperti artikel, gambar, video, catatan dan link bisa didiskusikan, dihighlightdan dilacak dengan mudah.

Ember

Ember adalah program spesifik Mac yang memiliki fitur –fitur menarik. Selain menyimpan website, kamu bisa mengambil dan mengedit foto, melakukan screenshot, analisis warna, menambahkan keterangan pada item-item yang disimpan, serta menshare semuanya di Twitter dan Facebook. Bahkan kamu bisa menggambar bebas di sini!

Saved

Saved.io bisa diakses di semua perangkat, dan di semua browser tanpa perlu extensions atau plugin. Link akan disimpan dengan rahasia dan tidak dibagikan dengan siapapun. Tanpa extensions danplugin, dan bisa dibuka di browser mana saja.

Bundlr

Bundlr, sesuai namanya, bisa membuat bundles dari sumber-sumber yang kamu temukan. Berkas itu bisa dibuat privat, namun public bundles bisa memiliki followers dan kamu juga bisa follow pengguna bundlr lainnya. Ini akan sangat bermanfaat untuk menemukan sumber-sumber lengkap dari orang yang memiliki minat yang sama, serta sangat berguna untuk desainer yang sedang mencari ide baru. Bisa disinkronkan dengan Dropbox jadi kamu bisa membagikan item yang kamu miliki yang ada di platform tersebut.

Delicious

Delicious adalah tools social bookmarking yang sangat besar — kamu bisa mengetag dan membagikan bookmarksmu dengan orang yang memiliki minat yang sama. Tidak hanya mampu mengklasifikasikan dan mengorganisir bookmarks, kamu juga bisa menemukanbookmark menarik lainnya di dalam sini. Sistemnya Delicious memungkinkanmu untuk menilai kualitas sebuah link dengan melihat jumlah orang yang membookmark dan memberikan komen.

Stache

Nah, Stache adalah daftar terakhir dari artikel yang saya ambil di Hostingbali.com. Stache sangat mudah dan cepat untuk mengumpulkan dan menemukan kembali halaman yang menurutmu bermanfaat, menarik, atau menginspirasi dalam sebuah library yang memiliki desain sangat indah dan mudah dicari.

Nah itu dia sepuluh tools social bookmark yang bisa kamu coba untuk mempermudah kegiatanmu di internet. Dengan penyimpananbookmark yang rapi dan tertata maka kamu akan dengan mudah menemukannya kapan saja ketika dibutuhkan. Selamat mencoba!