3 Alasan Penting Bisnis Kecil Perlu Sebuah Website

Hostingsemarang.com — Jika saat ini kamu membaca artikel ini melalui desktop, tablet atau mobile, kamu berarti termasuk salah satu orang yang memahami pentingnya sebuah website. Bagaimanapun juga, website merupakan tools untuk menyalurkan konten kepada user/visitor. Membuat website untuk bisnis kecil bukanlah keputusan yang sulit, tentu saja kamu membutuhkan website! Itu adalah salah satu tools paling penting yang harus kamu miliki. Website juga menjadi salah satu cara untuk bisa sukses dan bertahan di dunia yang serba digital dan modern saat ini,

Mengapa bisnis kecil memerlukan website?

1) Memberikan edukasi pada user.

Website-mu akan membantu user atau visitor mengetahui tentang bisnismu dan bagaimana bisnis tersebut bekerja. Jangan menunggu hingga ada reporter yang meliput tentang bisnismu. Ceritakan semua hal itu dalam website. Informasi adalah kuncinya. Kamu tentu pernah mencari tahu tentang sebuah perusahaan atau membaca review suatu produk bukan? Konsumen membutuhkan komunikasi yang valid dan efektif. Website mampu menyalurkan semua informasi tentang siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan ke calon konsumen.

2) Penampilan adalah segalanya.

Kesan pertama akan membekas selamanya. Dalam kenyataannya, memang tidak ada seorangpun yang menilai sebuah buku hanya dari sampulnya saja dan tidak ada orang yang akan menilai sebuah bisnis hanya berdasarkan website-nya. Tapi jika gambar yang kamu tampilkan di website tidak cukup berkualitas, atau informasi kontak yang tidak lengkap, calon konsumen akan berasumsi bahwa up-to-date tidak menjadi prioritas bisnismu. Tampilan dan imej dari website-mu akan berpengaruh pada brand. Pastikan apa yang tercantum di website benar-benar merepresentasikan brandmu. Jika kamu membutuhkan bantuan, tersedia banyak jasa dari para ahli komunikasi yang bisa membantumu membangun website yang user-friendly dan brand yang profesional.

3) Archive = kredibilitas.

Apa perbedaan antara kencan pertama dan kencan ke-50? Tentu di kencan ke lima puluh kamu sudah membangun sebuah sejarah dan kenangan. Hal yang sama juga berlaku dengan website. Hal ini bisa berupa blog atau arsip dari press release, bisa dijadikan galeri gambar/foto. Video YouTube atau review. Ketika sebuah konten bersentuhan dengan bingkai waktu, maka akan menambahkan nilai sejarah yang membuktikan bahwa bisnismu sudah muncul dan eksis. Hal ini tentu akan memberikan dampak pada kredibilitasmu. Kamu sekaligus sedang melakukan proses membangun visibilitas online.

Website di era saat ini bukan lagi menjadi sebuah pilihan, tapi keharusan. Dengan mengetahui poin-poin di atas kamu tentu tak perlu lagi ragu ketika akan memulai bisnis kecil karena dengan adanya website maka akan mempermudah seluruh kegiatan pemasaran yang sifatnya online. Jika saat ini kamu sedang berencana membangun bisnis toko online, ada solusi yang lebih mudah untukmu.