Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Memilih Bisnis Usaha Franchise

Seperti yang Anda ketahui sekarang, saat ini bisnis usaha franchise atau waralaba sangat menjamur. Mulai dari makanan, pendidikan hingga fasilitas medis. Tentunya jika ingin memilih bisnis usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan kantong haruslah di persempit dalam beberapa kriteria, beberapa diantaranya adalah prospek, modal dan minat Anda sendiri.

Biasanya orang awam sering mengabaikan di beberapa kriteria karena mereka menganggap bahwa bisnis adalah apa yang bisa mereka jalani tanpa harus berpikir mengenai kantong, needs market dan lain-lain. Pada intinya franchise sendiri adalah model bisnis yang sudah mengakar namun memerlukan kejelian dalam melihat peluang yang ada sehingga bisa berkembang.

Untuk memastikan hal diatas, setidaknya ada 5 pertanyaan yang harus dijawab sebelum memilih bisnis usaha franchise. Maksud dari 5 hal ini untuk mengetahui sejauh mana minat dan pengetahuan Anda tentang franchise sehingga Anda mudah gagal saat sudah memilih.

Apa latarbelakang profesionalitas Anda?

Franchise telah membuktikan diri bahwa model bisnis ini adalah tipe bisnis yang bisa menarik berbagai macam latarbelakang si pemilih untuk menjalani bisnis. Perlu di ketahui bahwa tidak hanya 1 jenis orang yang telah menjalani franchise dan pengalaman dunia kerja atau dunia bisnis memengaruhi keberhasilan dalam menjalani roda bisnis.

Jika pewaralaba tidak menanyakan tentang siapa Anda dan latarbelakang yang sudah Anda jalani, perlu diperhatikan kembali karena franchise yang baik adalah mereka yang mempunyai record mengenai siapa pelanggan mereka. Ini juga berarti uang Anda tidak layak diinvestasikan dalam bisnis tersebut.

Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk sukses di bidang ini?

Setiap penjual waralaba memiliki panduan dalam bisnisnya sehingga mengetahui kapan bisnis akan berjalan, berkembang, dan mencapai tahap sukses. Bahkan untuk tipe model bisnis ini membutuhkan banyak sekali usaha agar bisa sukses (memiliki omzet yang besar). Bisnis adalah hal yang kompleks.

Apa yang Anda capai?

Setiap orang menginginkan kesuksesan. Jangan pernah berharap modal kerja di franchise bisa kembali dalam 1 bulan saja, bahkan ada yang harus menunggu 1 tahun lebih. Bayangkan kerja keras yang Anda lakukan setiap hari untuk mendapatkan kesuksesan. Seperti bisnis yang lain franchise pun juga membutuhkan aktu untuk berkembang hingga membuat sukses.

Waralaba juga berbicara mengenai pengembangan dan target. Jika penyedia waralaba memiliki konsep yang menurut Anda ragu dalam memilih, segera tinggalkan dan cari penyedia lainnya.

Apa alasan Anda suka waralaba?

Orang mempunyai berbagai alasan masuk dalam bisnis waralaba, ada yang ingin menambah pemasukan, belajar bisnis, dan mencari pasar bisnis baru. Selain itu bisnis franchise juga adalah mimpi berwirausaha bagi karyawan sebelum benar-benar meninggalkan status pekerja, yang suatu hari menjadi karir baru.

Masalahnya tidak semua orang cocok menjalankan bisnis waralaba, hal ini diperkuat dengan target dan pengembangan.

Mengapa Anda tertarik dengan model bisnis waralaba tertentu?

Sudah barang tentu bahwa menjalani bisnis adalah intuisi atau minat. Setiap orang dengan berbagai macam sifat maka berbeda pula minatnya dalam menjalani bisnis. Keuntungan bukan hanya faktor yang paling penting dalam bisnis. Kadang orang berbisnis hanya untuk memuaskan rasa penasaran saja.

5 pertanyaan diatas setidaknya mewakili dibidang apa Anda cocok untuk memilih franchise. Memang tidak semua benar namun semua pilih kembali pada Anda. Terima kasih sudah membaca 🙂


Originally published at ulasankarir.com.