Life skills: Pentingnya Komunikasi dalam Dunia Kerja

Komunkasi adalah salah satu bentuk apresiasi terbesar dalam sebuah hubungan. Dimana ketika komunikasi terjalin dengan baik akan memberikan feedback yang baik pula. Karena komunikasi bisnis mampu diantar menjadi raja di bidangnya, karena komunikasi pula seorang karyawan bisa dipromosikan menjadi pimpinan yang berpengaruh. Komunikasi di tempat kerja dapat terbagi menjadi beberapa bentuk, berdasar dari hal ini menentukan komunikasi dalam bentuk apa yang akan Anda wujudkan baik terhadap atasan ataupun rekan kerja.

Apapun jenis komunikasi yang Anda gunakan, pastikan Anda berpartisipasi dalam diskusi, mengajukan pertanyaan di mana diperlukan dan memberikan tanggapan ketika ditanya. Hal ini akan berpengaruh pada situasi kantor, iklim kerja dan pandangan rekan kerja. Fakta lain membuktikan dengan lancarnya komunikasi semakin meningkatkan nilai tambah pada diri Anda, termasuk nilai tambah sebagai calon karyawan teladan.

Tidak peduli dalam keadaan apapun, pastikan nada komunikasi Anda profesional. Apa yang Anda katakan adalah refleksi besar pada Anda, jadi pastikan Anda berpikir sebelum berbicara. Pastinya pernah ingat bukan “Mulutmu harimaumu”. Bukan berarti setiap pertanyaan harus dijawab, namun gunakan teknik tertentu ketika Anda tidak bisa menjawab seperti,”mungkin rekan yang lain lebih mengetahui hal itu disbanding saya, coba kita tanyakan”. Intinya adalah bukan jawaban, namun bantuan yang Anda lakukan agar rekan yang bertanya memiliki harapan untuk terjawabnya pertanyaan ini. Mudah bukan? Melakukan hal ini tak ubahnya Anda juga merubah persepsi rekan kerja bahkan perusahaan terhadap Anda.
 
Baca Juga : Career Action Plan, apa dan bagaimana?

Satu keuntungan jika Anda dapat membangun kredibilitas di awal bekerja, Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah dalam menapaki jenjang karir. Selalu berusaha berkata yang sebenarnya dan tulus, ini adalah salah satu resep yang secepatnya bisa dipraktekkan. Anda akan cepat mendapatkan kepercayaan rekan kerja ‘dan manajer’ jika Anda menunjukkan kualitas ini.

Di banyak tempat kerja dan bidang karir, Anda akan bekerja dengan orang lain yang mempunyai berbagai macam sifat. Kadang-kadang sulit untuk bergaul dengan berbagai kepribadian dan itulah mengapa komunikasi yang jelas sangat penting. Cara tepat mendekati pribadi seperti diatas adalah luangkan waktu lebih untuk mendengarkan mengenai apa yang mereka pandang atau pola pikir mereka. Anda mungkin tidak selalu setuju, tapi kemungkinan Anda dapat belajar sesuatu yang baru dengan menjadi terbuka untuk perspektif lain.
 
Baca Juga : Begini agar lebih disukai di kantor

Sebagai seorang profesional muda, Anda akan diharapkan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, manajer Anda, dan pemimpin mungkin lebih senior dalam organisasi. Banyak perguruan tinggi membuka program public speaking dan kelas komunikasi pengantar dasar untuk lebih mempersiapkan siswa untuk tempat kerja, tapi kadang-kadang hal ini tidak cukup. Kenapa? Karena dunia kerja berbeda dengan dunia pendidikan. Selain itu improvisasi diri juga dibutuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Juga ingat bahwa sebagian besar komunikasi adalah wujud saling menerima pesan. Anda profesional muda harus terbuka untuk menerima arahan ataupun masukkan dari rekan kerja dan manajer dalam organisasi perusahaan. Banyak bergaul dengan atasan yang sudah lama diperusahaan akan membuat Anda makin banyak pengalaman.

Mendengarkan masukkan dan kemudian mengambil tindakan untuk memperbaiki apa pun yang masih belum dicapai adalah langkah paling tepat untu profesional muda. Tidak ada yang sempurna, namun dari ketidak sempurnaan itu setidaknya ada harapa untuk mejadi yang lebih baik. “Guru yang terbaik adalah pengalaman di masa lalu”.
 
Terima kasih sudah membaca. Semoga sukses!

Baca selengkapnya di : Ulasankarir.com