Masih Mabuk Perjalanan? Coba 10 Tips jitu Ini!

22 Aug2016

Written by Nofa Riyanto Nurhuda. Posted in Tips Umum

Bepergian jauh menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara tentu akan sangat menyenangkan. Namun hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi mereka yang sering mengalami mabuk perjalanan. Terkadang, rencana untuk berlibur ke tempat yang jauh akan terganggu ketika kondisi tubuh menurun akibat mabuk kendaraan.

Ketika mengalami mabuk perjalanan, perut akan terasa mual, kepala pusing dan terasa sakit, tubuh lelah, muncul keringat dingin, peningkatan air liur, dan juga kulit nampak pucat. Kondisi tersebut menjadi gangguan besar bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Bahkan orang-orang yang sering mengalami mabuk perjalanan seringkali merasa malas melakukan perjalanan jauh karena mentalnya sudah takut untuk merasakan mabuk perjalanan.

Nah kali ini Admin akan share tips mengatasi mabuk perjalanan.

Duduk di Bagian Depan

Jika Anda bepergian menggunakan mobil, usahakan agar Anda selalu duduk di kursi depan. Para peneliti menyatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang akan menyebabkan mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan.

Untuk mengatasi hal tersebut, duduklah di kursi depan sehingga fokus mata berada di jalan yang Anda lihat di kursi depan. Kondisi itu akan membuat mata dan juga tubuh Anda menginterpretasikan informasi yang sama.

Fokuskan Pandangan

Jika kondisi tidak memungkinkan Anda untuk duduk di kursi depan, maka metode lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memfokuskan pandangan pada cakrawala. Lihatlah ke luar dinding jendela, perhatikan pohon, gunung, atau obyek yang ada di depan sehingga membantu mata, telinga bagian dalam, dan juga saraf tetap berada dalam kondisi terkendali. Usahakan agar pandangan Anda mengarah ke bagian depan. Hindari melihat obyek melalui jendela bagian samping karena akan mengganggu mata dan juga sistem saraf Anda.

Buat Sirkulasi Udara yang Baik

Beberapa faktor yang menyebabkan mabuk kendaraan di antaranya adalah kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya Anda membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh Anda juga tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh Anda.

Hindari Aroma yang Terlalu Tajam

Ketika berada di dalam kendaraan, hindarilah mencium aroma yang terlalu tajam seperti parfum. Bila perlu, hindari membawa benda atau makanan dengan bau yang terlalu menyengat, seperti durian. Sesuatu yang beraroma tajam akan membuat kepala lebih rentan terhadap rasa sakit dan juga rasa mual lebih cepat datang.

Posisikan Kepala dalam Keadaan Stabil

Untuk menjaga pandangan mata tetap dalam keadaan stabil ada baiknya anda juga menjaga posisi kepala dalam keadaan yang stabil pula. Hal tersebut juga akan menjaga kondisi kepala tetap dalam kondisi rileks sehingga kepala tidak terasa pusing. Anda juga bisa menjaga posisi kepala tetap stabil dengan menggunakan bantuan bantal kepala.

Mencoba Tidur di Dalam Mobil

Tidur bisa menjadi salah satu alternatif yang paling efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Cara ini juga terbukti berhasil dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai tindakan antisipasi. Jika Anda kesulitan untuk tidur di dalam kendaraan, Anda bisa menggunakan bantuan obat tidur agar tubuh bisa beristirahat di dalam kendaraan. Namun, sebelum mengkonsumsi obat tidur pastikan bahwa Anda tidak akan memegang kemudi selama perjalanan.

Hindari Pandangan ke Bawah

Hindari terlalu sering melakukan aktivitas yang mengharuskan kepala untuk menunduk dan melakukan pandangan ke bawah. Pandangan ke bawah akan membuat rasa mual datang lebih cepat. Selain itu, kepala juga akan lebih cepat merasa pusing. Hindari beberapa hal yang dapat mendatangkan rasa mual, seperti bermain gadget, membaca, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menghilangkan rasa bosan, Anda dapat mendengarkan musik atau melakukan permainan dengan penumpang yang lain. Hindari pula fokus obyek di dalam kendaraan. Usahakan agar fokus penglihatan Anda berada di luar kendaraan sehingga mabuk perjalanan dapat dicegah. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa melakukan aktivitas yang terlalu terfokus di dalam kendaraan seperti bermain gadget dan juga membaca dapat menyebabkan mabuk perjalanan.

Jangan Makan Berlebihan

Sebelum melakukan perjalanan sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah tubuh merasa kelelahan. Namun, jangan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak. Tidak hanya itu saja, usahakan agar Anda menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih dan juga makanan pedas. Kedua jenis makanan tersebut berpotensi menyebabkan rasa mual dan juga muntah.

Permen Mint dan Permen Karet

Jangan lupa membawa permen mint dan juga permen karet ketika Anda ingin bepergian jauh. permen mint akan memberikan pengalihan pertama untuk mengendalikan mabuk perjalanan anda. Rasa mint dari permen akan memberikan rasa nyaman pada mulut sehingga keinginan untuk muntah dapat dicegah. Selain permen mint, anda juga bisa mengunyah permen karet untuk mencegah mabuk perjalanan. Mengunyah permen karet akan membantu produksi air liur lebih banyak sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Muntahkan Jika Sudah Tidak Tertahankan

Jika rasa mual sudah tidak tertahankan, Anda bisa berhenti sejenak, keluar dari kendaraan, kemudian muntahkan isi perut jika sudah terasa tidak tertahankan. Cara tersebut biasanya cukup efektif untuk menghentikan mabuk kendaraan. Bahkan kebanyakan kasus menunjukkan mabuk kendaraan akan segera reda ketika seseorang telah memuntahkan isi perutnya.

Pastikan tips diatas bisa Anda lakukan jika terindikasi mabuk perjalanan. Mintalah pada penjual saat membeli tiket travel agar posisi duduk bisa di depan. Selamat berlibur ya!

Sumber : Halosehat.com

Tags: jual tiket murah, tiket murah, tiket travel