Apa Itu Ethereum Classic? Kok Bisa Muncul di Exchanger?

Sebelum hardfork diberlangsungkan, gosip dan rumor yg akan terjadinya 2 jenis Ethereum sudah beredar. Jika anda mengikuti artikel artikel sebelumnya tentang Kasus TheDAO di blog ini, ane sudah beberapa kali menyebutkannya. Pada saat itu, semua hanyalah sebatas spekulasi dan kini ternyata rumor tersebut menjadi kenyataan. Jika anda fansnya Poloniex, anda akan melihat bahwa Ethereum classic (ETC) sudah mulai diperdagangkan pada platform tersebut.

Ethereum Hardfork memicu perdebatan yg menarik dan hakikatnya tidak keseluruhan orang 100% mendukung Hardfork. Lebih dari 90% hashpower dari Ethereum Network telah pun beranjak ke chain yg baru sesudah hardfork diberlakukan, sedangkan sisanya masih tetap berada di chain yg lama.

Tujuan Ethereum Classic ini hadir ialah Ethereum Network masih mau tetap menjaga keaslian kedesentralisasinya, sehingga menyediakan alternatif lain kepada mereka yg tidak bersetuju pada Ethereum hardfork. Memang terdengar sedikit gila tapi kenyataannya sekumpulan orang ini masih tetap menyumbangkan hashrate utk memastikan blockchain lama tetap berfungsi.

Taukah anda… fungsi desentralisasi ialah dimana setiap orang (users) yg menjalankan node node komputer mempunyai kesuluruhan copy blockchain sesebuah cryptocurrency. Dalam arti kata lain… apabila sesebuah blockchain sudah start running.. maka ia tidak dapat ditutup oleh sesebuah pihak kecuali keseluruhan node node komputer tersebut ditutup. Ini lah alasannya kenapa bisa ada 2 jenis blockchain di Ethereum saat ini.

Sebenarnya keadaan hadirnya Ethereum Classic bukan sesuatu yg baru karna ia juga pernah dialami oleh BitCoin, yaitu BitCoin Core dan BitCoin Classic. Namun demikian Ethereum berbeda dengan BitCoin dimana kedua dua blockchain Ethereum New dan Ethereum Classic tidak dapat saling berkoloborasi (sejauh ini). Untuk itu… hanya salah satu blockchain Ethereum yg akan terus berfungsi sedangkan yg satunya lagi akan punah.

Sekian aja dulu informasinya tentang apa itu Ethereum Classic, semoga bermanfaat.

Salam YesNo!

Sumber: http://www.oneyesoneno.com/2016/07/apa-itu-ethereum-classic-kok-bisa-muncul-di-exchanger.html