FAQ Tanya Jawab TheDAO — Slockit (Bagian Ketiga)

Yuhu…. Yops… Welcome welcome bersambung kita ke bagian ketiga ulasan sesi tanya TheDAO — Slockit hari ini, semoga aja sedikit sebanyak dapat memberikan kita gambaran tentang apa itu TheDAO.

21) Apakah TheDAO bisa mengadakan lagi pendanaan creation phase yg kedua, ketiga dan seterusnya?

Yup bisa bisa saja. Tapi saat ini, smart contract TheDAO tidak dapat memungkinkan hal itu terjadi. Mungkin kedepannya ketika DAO 2.0 sudah siap dirilis maka, ini dapat dapat dilakukan dengan cara mengupdate smart contract yg sekarang ini dengan yg baru. Ia bisa saja dalam bentuk akun yg sederhana atau masih dalam DAO yg sama atau juga ia bisa dengan kode yg segalanya baru. Kemudian sudah tentu… sebelumnya TheDAO harus melakukan voting dulu, minimal mendapatkan 53% persetujuan vote dari pemegang DAOToken.

22) Apakah kalian merasa bahwa komunitas crypto sudah bersedia komit untuk jangka masa panjang sebelum mentalitas trader menguasai mereka dan orang orang akan split saja karna mereka sudah bosan?

Saya pikir mereka mereka ini akan cuma menukarkan token mereka ke Exchanger dan sy harap mereka akan melihat ini bukan hanya sekedar token. Ini ialah sebuah proyek dimana pemegang DAOToken terlibat di dalamnya: mereka bisa bikin proposal sendiri, mereka bisa mengvoting dan sy harap akan melihat hal yg lebih banyak seperti ini.
Sesuatu yg menarik bagi saya ialah, Ether sudah menjadi bagian dari hidup saya sejak 2tahun lebih dan sy sangat paham tentang Ether bahkan sy bekerja di dalamnya. Justru sangat jelas bahwa Ether ialah segala sesuatu yg berhubungan dengan membina aplikasi dan Dapps. Lalu… ketika Exchanger mengintegrasikan TheDAO Framework kedalam platform mereka… mereka cuma menganggap ini sekedar coin aja. Mereka tidak memahami faktanya bahwa ini bukan hanya sekedar coin. Dan disini kami cuma bisa berharap, pada masa hadapan, mentaliti mereka bisa berubah dan exchanger akan memberikan lebih banyak perhatian tentang hal hal ini.

23) Apa bukti yg bisa kalian tunjukkan bahwa kalian benar benar mengerjakan produk dari proposal anda?

Dari sisi komunikasi, kami akan sangat aktif memberikan serial update setiap minggu atau setiap bulan, menunjukkan kalian apa yg sedang kita kerjakan, kami akan berusaha untuk menjadi terbuka dan transparent sebaik mungkin. Lalu kita mau punya video update dimana kita dapat menunjukkan prototype produk yg kita kerjakan dan bagaimana cara menggunakannya.
Pada dasarnya, sama percis seperti Ethereum dimana GitHub ialah tempat terbaik kalian bisa melihat hasil kerja yg kami update dengan code code baru setiap hari atau setiap jam. Jadi.. anda bahkan dapat mencoba langsung menjalankan kode tersebut secara sendiri dan menerapkannya pada device anda sendiri. Disitulah tempat terbaik untuk melacak aktivitas kami.

24) Jika saya menjual DAOToken saya kepada seseorang, apakah ROI sy juga ikut tertransfer ke pemilik yg baru?

Jadi apa yg akan anda lakukan sebelum menjualnya ialah akan ada sebuah “function” yg bisa mengeluarkan rewardsnya. Jika anda mentransfer token anda dengan cara seperti itu maka anda akan mendapatkan dulu sebagian porsi dari reward anda ke dalam akun sendiri, lalu anda transfer DaoToken ke pemilik baru dan sudah tentu semua reward kedepannya yg dihasilkan dari TheDAO akan menjadi milik kepada pemilik DAOToken yg baru itu.

25) Bagaimana anggota TheDAO melakukan negosiasi? Bagaimana gambarannya itu terjadi?

Jadi… sesuatu yg pastinya, anda dapat menggunakan sebuah formulir tapi masalahnya kami tidak dapat mengetahui siapa anda, apakah anda benar benar pemilik DAOToken atau hanya troller. Poinnya ialah jika anda tidak setuju maka kami akan mendengar apa alasan anda mengatakannya tidak setuju, dan mungkin kita dapat mencari solusi bersama dimana ia baik untuk semua orang dan terdengar masuk akal untuk kalian. Jadi.. satu satunya cara untuk bernegosiasi ialah melalui proses voting.

26) Masterlock dan perusahaan sentralisasi lainnya sudah mempunyai smartlocknya sendiri dengan aplikasi smart phone, jadi apa sih yg membuat Slock.It lebih bagus dari mereka mereka itu?

Baiklah… jadi memang benar bahwa apa yg dikerjakan didalam teknologi blockchain, dapat juga dikerjakan oleh perusahaan software lainnya yg bersifat sentralisasi, ada kalanya dengan bahasa ilusi bahwa mereka ini lebih hebat, lebih bagus, lebih murah, cepat dllnya. Tapi keunggulan blockchain yg nomor satu ialah menyediakan transaksi yg terpercaya dalam keadaan dunia yg tidak terpercaya.
Keunggulan smartlock kita pada blockchain ialah ia mempunyai kontrak bijak di dalam Komputer Ethereum yg dapat berinteraksi dengan banyak jenis smart lock lainnya seperti mesin pencuci, sensor, dllnya ; ideanya ialah melalui sistem ini, kita mempunyai sistem otonomi yg berarti bahwa ia tidak melibatkan pihak ketiga untuk ia ditemukan, lalu tidak ada keharusan anda untuk membayar 10% atau 20% bagi setiap servis/ jasa/ produk tersedia untuk anda.
Seterusnya ialah Universal Sharing Network kita membisakan microtransaksi dimana ia ialah sangat murah sekali dan bahkan hampir tidak ada fee. Ini sangat penting sekali karna seperti contohnya anda mau merental sebuah mesin pencuci dengan harga 1dollar/ jam, lalu anda mencoba membayar dengan menggunakan PayPal atau Visa… transaksi yg seperti itu tidak akan berhasil.
Lalu konsep desentralisasi juga tidak kalah pentingnya ketika ia berhubungan dengan managemen kunci karna apa yg dapat ia lakukan ialah ia memungkinkan anda untuk memanajemenkannya tanpa ada campur tangan dr pihak manapun, khususnya jika ia bersangkutan dengan sesuatu yg sangat tinggi nilainya.
Jadi sangat banyak benefit dari smartlock yg berjalan pada blockchain dan banyak orang salah paham dengan kami, karna mereka mengira kami akan memproduksi perangkat keras smartlock ini. Jadi tidak.. kami tidak memproduksi perangkat keras smartlock, tapi kami menciptakan sistem smartlock (Universal Sharing Network) yg mengkoneksikan smartlock yg sudah ada diluarsana kedalam blockchain yg mempunyai keunggulan dari poin poin yg sudah disebutkan diatas. Sesiapapun produsen smartlock, kita bisa aktifkan lalu membisakan mereka mengkontrol smartlock mereka melalui blockchain dan hanya komputer Ethereum yg dapat memungkinkan hal ini terjadi.

27) Apakah yg akan terjadi pada revenue (pembagian hasil) yg dijanakan oleh TheDao, apakah ia akan diinvestasikan ulang kedalam proyek baru atau dibayarkan dalam bentuk dividen?

Ini ialah sesuatu yg ditentukan oleh TheDao sendiri. Ketika anda mengambil keluar reward dari akun reward, kalian harus memilih apakah ia akan digunakan untuk diinvestasikan kedalam TheDAO lagi, atau dikirim ke akun reward lainnya dimana ia dikirim ke masing masing pemilik DAOToken supaya setiap orang akan mendapatkan porsi rewardnya masing masing. Lalu semua keputusan ini hanya dapat dilakukan melalui Voting, jadi kalian tentukan sendiri apa yg mau kalian lakukan.

28) Apa saja jenis DAPPs yg bagus untuk proposal? Apakah proposal Internet Of Things (IoT) yg sama seperti slockit dan apa saja proposal yg tidak cocok untuk TheDAO?

Saya rasa sangat penting untuk TheDAO mendukung proposal yg berhubungan antara satu sama lain. Sy sangat berharap TheDAO akan fokus pada sesuatu yg berhubungan dengan sharing economi blockchain IoT dan membuat proposal yg satu jalur dengan itu, tapi saya tidak dapat berbuat apa apa dalam konteks ini karna semua keputusan ditentukan oleh TheDAO sendiri.
Secara pribadi, sy tidak suka dengan sesuatu yg bersifat perjudian dan berharap TheDAO tidak akan meluluskan proposal seperti itu, dan tetap fokus mendukung proposal sejalur yg memberikan benefit antara satu sama lain seperti layaknya bagaimana sesebuah perusahan berfungsi. Dengan proyek yg sejalur maka secara tidak langsung, ia akan menghasilkan efek networking yg besar. Semoga sekali TheDAO dapat berpikir dengan bijak dalam membuat keputusan ini.
Saya kasih contoh lagi… seperti Perusahaan Apple, jika mereka besok mau bikin perusahaan yg memproduksi peralatan pertanian, mereka bisa bisa saja melakukannya karna mereka punya 80milyar cash dalam perusahan mereka. Tapi faktanya, mereka tidak akan melakukannya karna itu bukanlah bagian dari kebudayaan perusahaan mereka dan juga bukan ahli bidang mereka.

29) Dalam Whitepaper TheDAO dijelaskan tentang fungsi para Curator, bagaimana sebenarnya tim Curator ini bekerja?

Satu hal yg penting ketika kita berbicara tentang Curator ialah sebenarnya ia ialah Multisig. Maksudnya ia ialah multisig (multi signature) yg terdiri dari 11 tandatangan curator pada smart contract dimana jika 5 dari 11 Curator mendatangani sesebuah transaksi maka mereka dapat menambahkan sesebuah proposal kedalam whitelist atau menyingkirkan proposal dari whitelist.

30) Apakah kalian pernah didatangin oleh regulator pemerintah manapun? jika iya maka apa yg menjadi persoalan buat mereka?

Tidak. Sejauh ini kami belum pernah didatangin oleh mereka dan justru kami sangat punya keingingan untuk berbicara dengan mereka. Malahan sy sendiri yg selalu mencoba untuk menghampiri mereka. Sy pernah berpidato pada majelis nasional di Perancis skitar 1,5 bulan yg lalu, dihadiri oleh beberapa wakil pemerintahan. Kemudian, setelah sy selesai berbicara, mereka sebenarnya sudah sangat menyadari atas kehadiran teknologi baru ini. Saya rasa sy mau terus menggalakkan mereka untuk berpartisipasi dan mencoba untuk memahami apa itu blockchain serta apa itu TheDAO. Apapun yg dapat kita lakukan untuk mengedukasikan masyarakat kita khususnya para pemerintahan, sy dengan senang hati akan ikut berpartisipasi dan membantu mereka.

Yops sekian dulu artikel sy pada hari ini, Well… Sesi tanya jawabnya belum selesai jadi bersambung lagi di artikel berikutnya.

Salam YesNo!

Sumber: http://www.oneyesoneno.com/2016/05/faq-tanya-jawab-thedao-slockit-bagian-ketiga.html