Inchain — Berasuransi Dalam Lingkup Ekonomi Cryptocurrency

Mengandalkan Smart Kontrak yg berjalan diatas Platform Ethereum, Inchain dipercayai merupakan platform pertama asuransi berdesentralisasi yg akan melakukan ICO (Initial Coin Offering) pada tanggal 12 Oktober 2016. Sebelum menggali kedalam struktur spesifikasi ICO, terlebih dahulu akan diulas bagaimana fungsi dan sistem kerjanya Inchain.

Asuransi yg dimaksudkan dalam Platform Inchain bukanlah asuransi yg berhubungan dengan kesehatan atau jiwa, melainkan perlindungan asuransi yg tertuju pada ekonomi cryptocurrency. Seperti yg kita ketahui… volume perdagangan lingkup industri cryptocurrency saat ini telah mencecah 12millyar USD yg kian meningkat nilainya dari waktu ke waktu. Dan tidak dapat dinafikanlah lagi… sering kali kita melihat kejadian pembobolan (hack) yg terjadi pada exchanger cryptocurrency; setidaknya 1 atau lebih platform exchanger yg diserang hack setiap tahunnya.

Justru itu Inchain hadir sebagai sebuah solusi yg dapat meringankan resiko tersebut dengan cara mengasuransikan sebagian asset cryptocurrency yg selalu saja terdedahkan terhadap potensi serangan hackers.

Sedikit sebanyak gambarannya model kerja Incent, contohnya: anda mempunyai sekian banyak Bitcoin di Platform exchanger A, lalu anda datang ke Inchain dan membayar iuran premi asuransi terhadap sejumlah Bitcoin anda. Nah…. apabila terjadinya kasus hack pada platform exchanger A tersebut dan selagi premi asuransimu masih tetap aktif, maka kerugian anda akan dibayarkan sesuai dengan syarat dan ketentuannya yg berlaku sebelum anda mendatangani kontraknya (smart kontrak)

Pada awalnya, inchain mempunyai beberapa pertimbangan opsi blockchain yg hendak mereka manfaatkan untuk membangun platform asuransinya. Di ujung hari, mereka akhirnya memilih untuk membangun platformnya diatas Blockchain Ethereum karna Ethereum mempunyai keupayaan smart kontrak dan lain-lainnya dimana memungkinkan mereka untuk menangani tugas tugasnya. Selain dari itu.. mereka mempunyai anggota tim developer yg ahli dalam penggunaan blockchain Ethereum

Memadukan teknologi real-time data, Inchain akan mengkalkulasikan secara otomatis seberapa besar resiko sesebuah platform exchanger atau wallet-wallet berdasarkan data sejarahnya, hasil sekuritas audit, faktor 2FA dllnya kepada para penggunanya. Proses pembelian premi asuransi bagi calon pelanggan akan dirancang sesederhana mungkin dan tidak pake ribet. Apa yg harus dilakukan pelanggan ialah hanya memilih platform exchanger, kemudian menginput seberapa besar nominal cryptonya yg hendak diasuransikan dan beberapa parameter lainnya yg diperlukan.

Dengan campur tangan mekanisme DAO (Decentralised Autonomous Organisation), semua data data pengajuan premi asuransi tersebut akan dimuat dalam sebuah proposal dimana para pemegang token inchain dapat memilih untuk menerima atau tidak menerima resiko tersebut. Apabila penawaran asuransi tersebut diluluskan atau diterima oleh pemegang token Inchain, maka pelanggan premi akan diminta mengirim spesifik duit premi asuransi yg akan dicatat kedalam smart kontrak. Uniknya ialah para pelanggan tidak perlu melakukan klaim asuransi apabila terjadi kasus pembobolan hack karna semuanya akan diganti rugikan secara otomatis.

SPESIFIKASI INITIAL COIN OFFERING (ICO) INCHAIN

  • ICO Inchain akan berlangsung pada tanggal 12 Oktober 2016 sehingga 9 November 2016
  • Total Supply Coin ialah 100juta Inchain Token
  • 85 juta token Incent didistribusikan melalui ICO
  • 15 juta token Incent akan dicadangkan untuk program promosi, dan development team dgn pembagian sbb: 1juta untuk pendukung awal, 5juta untuk partner dan backers dan sisanya 9juta buat developer eam
  • Bonus 20% untuk periode ICO 12 Oktober — 18 Oktober
  • Bonus 10% untuk periode ICO 19 Oktober — 25 Oktober
  • Bonus 5% untuk periode ICO 26 Oktober — 1 November
  • ICO Incent dilaksanakan melalui layanan escrow (rekening bersama) pihak ketiga yg terpercaya

Klik gambar untuk perbesar

Apa manfaat selaku pemegang token Inchain? Pertama tama kita dapat berpartisipasi untuk menerima resiko asuransi dengan imbalan rewardsnya, sebagaimana apa yg dilakukan oleh perusahaan perusahaan asuransi yg sudah ada saat ini. Lebih details berhubungan dengan insurance bond and coupon rates akan dibahas pada artikel yg berikutnya, atau bisa disimak dulu melalui Whitepaper Inchain. Seterusnya ialah setiap aktivitas pelaksanaan proses asuransi ini memerlukan token Inchain sebagai media yg mengaktfikan smart kontraknya. Dan sudah tentu fitur fitur lainnya yg akan dirilis kedepannya dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh pemegang token Inchain.

Dikabarkan aktivitas Inchain dalam waktu terdekat ini ialah memperkenalkan siapa saja tim tim founder & devnya supaya para investor dapat mengenal lebih dalam berhubungan dengan Inchain. Yops… jadi sekian aja dulu pengenalan awal tentang apa itu Inchain dan spesifikasi ICOnya. Stay tuned untuk artikel yg seterusnya.

Salam YesNo!

Originally published at www.oneyesoneno.com on October 1, 2016.