Info dan Spekulasi Ethash Dagger Hashimoto #1

Yop… hari ini di tanggal 8 Oktober 2016, ane hendak menghadirkan informasi seputar cryptocurrency yg menerapkan algoritma Proof of Work Ethash. Proof Of Work Etash ini diciptakan dengan konsep yg anti dengan ASIC dan merupakan beberapa versi modifikasi dari Dagger Hashimoto. Beberapa cryptocurrency yg menerapkan algoritma tersebut ialah Ethereum (ETH), Ethereum Classic (ETC) dan Exp (Expanse). Jadi dikarenakan artikel ini merupakan perpaduan antara info dan spekulasi (pribadi), untuk itu diharapkan anda melakukan research lagi sendiri utk memastikan kebenarannya ^_^v

ETHEREUM (ETH)

Saat sy menulis artikel ini, sy dapat melihat penurunan nilai harga Ethereum sempat menyentuh -5% tapi mulai naik kembali ke -3% dalam 24jam. Disini sy bukan pakar yg arif membaca chart teknikal, namun punca dropnya Ethereum ini, sy percayai masih dikarenakan isu permasalahan serangan DOS terhadap Network Ethereum.

Jika serangan DOS yg sebelumnya ditargetkan ke Klien Geth Ethereum, namun kebelakangan ini serangan tersebut ternampak telah berahli Klien Parity-nya Ethereum. Akibatnya… Klien Parity menjadi semakin lamban, tentu saja core dev Ethcore (Parity) segera merilis update versi terbarunya untuk mengantisipasi isu tersebut.

Disini timbul sedikit kecurigaan saya terhadap dalang disebalik serangan tersebut, karna untuk melaksanakan serangan tersebut, seseorang harus mengeluarkan dana ratusan dollar setiap harinya. Apa motifnya? Apakah karna cemburu dengan pencapaian ETH semata-mata? Atau secara sengaja untuk mengakumulasi ETH saat hargnya sedang anjlok?

Isu Hardfork untuk mengatasi masalah serangan DDOS ini juga disinggung oleh Dr. Gavin Wood (Founder Parity). Hardfork kali ini bukan hardfork yg menyerupai kasus hack THEDAO kemarin, karna ia hanya sekedar mengupdate protokol sistemnya, seumpama pengrilisan fase homestead beberapa waktu yg lalu. Dan beberapa anggota komunitas Ethereum lebih senang menyebutnya ProtokolFork berbanding dengan Hardfork. Disini Vitalik Buterin mengumumkan spesifikasi terbaru EIP 150 yg bertujuan utk menyeimbangkan kos gas demi memecahkan isu permasalahan serangan DOS ini.

Lebih mencurigakan lagi (disisi baiknya menurut ane), Christoph Jentzsch dengan username Cjentzsch di reddit yg juga merupakan salah satu dev Ethereum, bertanya kepada Gavin (yg kemudiannya dijawab oleh Vitalik): apakah update protokol ini harus dilakukan secepatnya atau menunggu sekaligus diluncurkannya fase Metropolis? Eitt….?? Metropolis?? Untuk menyebutkan Metropolis pada saat ini, ia memicu lagi misteri baru. Jangan-jangan Metropolis sudah hampir sempurna? Tanda tanya besar (?_?)

Next update terbaru yg hendak sy sampaikan berhubungan dengan Ethereum ialah, Ether.camp mengumumkan Hacker Gold Token yg dapat kita beli melalui ICO-nya yg akan diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2016. Untuk sepengetahuan kalian, Ether.camp merupakan organisasi sama yang menyatakan kerjasamanya dengan Bank Santander untuk merilis EthCash pada waktu DevCon2 berlangsung kemarin . Jadi kali ini… mereka ada aktivitas baru yakni mengadakan Kontes Hackaton ke-2 dimana semua para developer di dunia ini dapat datang mempresentasikan ide ide aplikasi mereka dengan memanfaatkan platform Ethereum.

Dilaporkan akan ada lebih dari 300 ide dan pemenang dari kontes tersebut akan mendapatkan rewards $50.000. Kontest Hackaton ini akan diselenggarakan pada bulan November 2016 dan para investor yg memiliki Hacker Gold Token yg mereka peroleh melalui ICOnya, mempunyai hak untuk melakukan voting terhadap presentasi ide yg mereka rasakan paling bagus. Selain dari itu, para pemilik Hacker Gold Token juga berkesempatan menjadi yg terawal untuk memperoleh token terarwal sesebuah ide proyek yg belum dilaunching. Info lebih lengkap tentang Hacker Gold Token ini akan sy bahas pada kesempatan yg berikutnya.

ETHEREUM CLASSIC (ETC)

Yops… Meskipun Bitcoin (BTC) saat ini mengalami kenaikan harga dikarnakan fundamental yg lumayan bagus kebelakangan ini, namun begitu nilai harga Ethereum Classic (ETC) masih aja ternampak tetap stabil diantara $1.16 — $1.18 saat ini. Disini sy melihat ada beberapa indikator yg menunjukkan bahwa adanya dukungan komunitas Bitcoin di China terhadap Ethereum Classic (ETC).

Kejadian yg menimpa Ethereum (ETH) saat ini seperti yg disebutkan pada poin-poin diatas, menjadikan komunitas Ethereum Classic (ETC) tetap selalu siap siaga memantau perkembangannya, karna walaubagaimana pun jua, ETH dan ETC merupakan 1 blockchain yg sama. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa serangan DOS yg sama dapat terjadi di ETC juga. Update terbaru berhubungan dengan Ethereum Classic (ETC) ialah ia telah diintegrasikan oleh penyedia mobile wallet pihak ketiga Jaxx.io dan ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa Apple meluluskan keberadaan ETC di iTunes Storenya.

Selanjutnya ETC membentuk sebuah komunitas disebut dengan “BORGDAO”, dimana sy merasa cukup menarik karna ia bertujuan untuk menarik perhatian para developer untuk datang ke ETC dan menciptakan Dapps. Lalu berhubungan dengan BORGDAO, dikabarkan bahwa mereka akan melakukan ICO dalam waktu terdekat ini.

EXPANSES (EXP)

Sepertinya ini ialah pertama kalinya sy menulis tentang Expanse (EXP), haha… Nah… sebenarnya Expanses ini ialah copy and paste dari source codenya Ethereum dan mengamalkan sepenuhnya Proof of Work dimana token EXP hanya dapat diperolehi melalui Mining. Expanses mempunyai visi dan misi yg tersendiri, dan sy lumayan salut ama mereka karna tidak banyak drama yg terjadi di komunitas Expanses. Saat ini harga Expanse (EXP) masih cenderung mengalami kemerosotan dan dihargai $0.35/ EXP.

Update terbaru berhubungan dengan Expanses (EXP) ialah dikabarkan bahwa mereka akan merilis penampakan situs barunya. Selain itu, salah satu core dev Expanses, Christopher Franko akan berpartisipasi Hackathon ke-2 Ether.Camp untuk mempresentasikan “Borderless Identity Management System”.

Seterusnya sy mendapat tau bahwa ternyata Developer Ethereum juga ada turut menyumbangkan kontribusinya kedalam developement Expanses, contohnya Gav Wood (Pencipta Ethcore Parity) membantu mendukung Expanse ke dalam Ethcorenya pada Ethereum Github.

Yops… ane rasa sekian aja dulu artikel pada hari ini seputar informasi dan spekulasi cryptocurrency yg berhubungan dengan Etash Dagger Hashimoto edisi #1. Aha! Stay tuned utk artikel yg berikutnya.

Salam YesNo!

Invite Link Telegram Grup @CryptoIndo

Originally published at www.oneyesoneno.com on October 12, 2016.