Langkah dan Tools Memulai Trading Cryptocurrency

Yops… industri cryptocurrency sy percayai akan menjadi semakin marak di tahun 2017 yg akan datang. Buktinya pada saat ini, kita dapat melihat peningkatan dari total marketcap cryptocurrency berjumlah 14milyar dollar, yg kian meningkat dari waktu ke waktu. Bukan hanya Bitcoin satu satunya cryptocurrency yg popular, tapi banyak lagi teknologi dan ide lainnya yg bermunculan, sehingga semakin banyak pilihan trading yg dapat kita perdangangkan dalam industri cryptocurrency ini.

Memang benar bahwa dunia trading cryptocurrency dapat mendatangkan keuntungan yg lumayan besar, akan tetapi pada sisi lainnya, banyak juga beredar informasi informasi bodong, scam dan lain lainnya, yg dapat menyebabkan seseorang kerugian semua cryptocurrency. Ada juga yang mudah terpedaya dengan rumor rumor pump dan dump (poloniex trollbox) yg menyebabkan mereka memperdagangkan cryptocurrency yg tidak bernilai ataupun membeli cryptocurrency pada moment yg salah.

Okay… jadi disini, sy akan berkongsi jadi beberapa tools dan langkah langkah yg mungkin anda butuhkan selaku pemula dalam memulai trading cryptocurrency.

1) Memiliki Akun Trading Pada Platform Exchanger Terbaik

Memilih platform yg terbaik dapat menentukan kesuksesan anda karna banyak sekali platform trading cryptocurrency diluar sana yg ternampak mencurigakan. Beberapa dibawah ini ialah platform trading yg biasa direkomendasikan oleh para mastah trading cryptocurrency:

  • Vip Bitcoin Indonesia — Vip merupakan salah satu platform trading cryptocurrency yg sudah cukup lama beroperasi di Indonesia. Jika anda hendak memperdagangkan pair Bitcoin/Rupiah, maka anda dapat datang kepada Platform Exchanger yg satu ini. Pada tahun 2016, Vip melakukan update interface pada platform trading mereka, sehingga ia memberikan tampilan yg lebih nyaman dan praktis kepada para penggunanya.
  • Poloniex — Merupakan platform trading cryptocurrency yg popular dengan ALT-Coinnya. Poloniex menjadi naik daun, karna dia merupakan satu satunya exchanger pertama yg menerima trading Ethereum.
  • Bittrex — juga lumayan terkenal dengan ALT-Coinnya dan bisa dibilang no.2 terbaik selain dari Poloniex. Ada kalanya altcoin lainnya yg tidak didukung oleh Poloniex, anda dapat menjumpainya di Bittrex. Meskipun Bittrex kadang membuat orang kesal karna selalu melakukan wallet maintenance, tapi harus diakui juga bahwa sekuritasnya lumayan aman dan tidak pernah ada kasus hack yg pernah terjadi di Bittrex sejauh ini.

Satu hal yg harus anda ketahui berhubungan dengan kesemua platform trading exchanger tersebut ialah, jangan menggangap mereka ialah bank-mu. Alasannya ialah sangat banyak kasus platform exchanger yg kena hack seperti contoh poloniex di tahun 2014, bitfinex di tahun 2016 dllnya. Jika anda tidak aktif bertrading di platform exchanger, sebaiknya amankan cryptocurrency anda ke wallet resmi sesebuah cryptocurrency, dimana anda sendirilah yg mengkontrol private keynya.

2) Menggunakan Tool Chart Terbaik

Jika anda datang dari background seorang trader, anda butuh peralatan teknis yakni: tools charting untuk menganalisa cryptocurrency pilihanmu. Disini anda dapat memanfaatkan tradingview atau coinigy. Setiap dari dua tools tersebut mempunyai kelebihan mereka masing masing. Di tradingview, kita dapat menyaksikan analisa para trader lainnya sedangkan, coinigy pula dapat mengkoneksikan semua akun anda pada platform exchanger yg berbeda beda dalam satu interface, sehingga memudahkan anda memantau semua aktivitas tradingmu.

3) Aplikasi Mobile Cryptocurrency

Kita tidak selalunya duduk di depan komputer selama 24jam, karna ada waktunya kita harus keluar dan melaksanakan aktivitas seharian kita. Untuk itu lumayan penting juga jika kita dapat mengakses apa saja update harga dan berita terbaru berhubungan dengan cryptocurrency pilihan masing — masing, melalui aplikasi mobile yg selalu kita bawa bawa saat berpergian.

  • Cryptonator — mendukung lebih dari 500+ cryptocurrency, tools, winner dan loser.
  • zTrader — mendukung berbagai cryptocurrency pada 17exchanger yg berbeda-beda serta sangat ringan untuk digunakan.
  • ZeroBlock — lebih spesifik mendukung Bitcoin dan menhadirkan news seperti live berhubungan dengan Bitcoin.
  • Blockfolio — mendukung management cryptocurrency dan menghadirkan harga serta informasi market berhubungan dengan spesifik cryptocurrency dalam satu tempat.

#Pastikan anda selalu waspada saat menggunakan applikasi pihak ketiga yg disebutkan diatas, penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yg terjadi dari applikasi2 tersebut.

4) Amankan profit anda secara offline pada hardware wallet.

Seperti yg dideskripsikan pada point yg nomor satu bahwa platform exchanger itu tidak boleh kita percayai sepenuhnya sebagai tempat untuk menyimpan cryptocurrency. Jadi solusi tempat teraman ialah anda dapat membeli perangkat hardware seperti Trezor atau Ledger Nano S untuk mengamankan cryptocurrency anda secara offline (tidak terhubung ke internet), sehingga tidak ada para hacker yg dapat mencuri cryptocurrency anda. Memang semua ini tidak gratis dan anda harus membelinya skitar $60-$100 , tapi sy rasakan ini penting jika anda hendak serius mendalami industri cryptocurrency.

Alternatif lain untuk mengamankan cryptocurrency tanpa membeli hardware ialah memanfaatkan wallet resmi sesebuah cryptocurrency itu sendiri atau bisa juga memanfaatkan penyedia wallet pihak ketiga, seperti contoh jaxx.io. Untuk hal sedemikian sangat disarankan supaya komputer anda benar benar bebas dari virus, malware dan spyware demi mengelakkan hal hal yg tidak diinginkan terjadi.

5) Bergabunglah dengan komunitas trading cryptocurrency

Melakukan trading ialah sesuatu aktivitas yg menguji mental seseorang ibaratnya seperti saat anda bermain poker atau catur. Banyak para trader lainnya mengalami kerugian disini karna kurangnya edukasi dan kesabaran. Jika anda tidak sabar untuk mempelajari strategi dan tekniknya, maka anda akan kehilangan duitmu kepada para trader yg lebih profesional daripadamu. Jadi dengan berkumpul dengan sesama kawan kawan dalam satu bidang yg sama, anda akan mempelajari konsep konsep dasarnya dalam trading cryptocurrency. Dalam grup Telegram CryptoIndo, kami selalu berkongsi berita berita perkembangan seputar cryptocurrency, dan mungkin jika anda berkenan dapat ikut bergabung (gratis) serta berbagi pengalaman bersama kami.

Yops… jadi saya rasa sekian aja dulu sharing saya dalam artikel pada hari ini. Dan barangkali saja, jika artikel yg satu ini, anda rasakan bermanfaat buat kawan kawan anda lainnya, bisa turut disharekan kepada mereka dengan harapan kita kita semua dapat saling belajar dan sukses dalam industri cryptocurrency.

Salam YesNo!


Originally published at www.oneyesoneno.com on December 7, 2016.

Like what you read? Give Oneyesoneno.com a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.