Laporan DevCon2 Ethereum (Day One)

Yooo kawan kawan semua… wuihh.. sangat beruntung dengan adanya teknologi internet di masa kini, semua update berita serasa digengaman tangan … hehehe… Yah.. Tidak lupa ane mau memberikan Big Credit kepada seseorang narasumber yg memberikan laporan terperinci berhubungan dengan kegiatan DevCon2 Ethereum di hari pertama kemarin. Jika anda mau membaca versi fullnya kunjungi blog link yg sudah ane tandai diatas.

Regulasi Dapps

Seorang pembicara dari Coin Center yg bernama Peter membahas tentang adanya potensi resiko Dapps dengan regulasi undang undang di Amerika. Para Dev yg mau membangun Dapps ataupun yg hendak mengadakan Crowdsales dapat mencari dia karna dia tau bagaimana menyusun kalimat bahasa promosi yg tepat dan menstruktur teknologi yg tepat supaya lebih aman terhindar dari regulasi undang2 yg merumitkan. Sedikit sebanyak tentang Coin Center ialah sebuah organisasi penyelidikan non-profit yg berpusat di Washinton D.C dimana mereka fokus untuk mengatasi isu-isu kebijakan publik yg berhubungan dengan teknologi desentralisasi seperti Bitcoin dan Ethereum.

Swarm Dapps Peer to Peer Untuk Files Sharing

Swarm ialah salah satu Dapps yg berjalan pada platform Ethereum yg dikenal sebagai Web 3.0 dan Sistem Penyimpan Data. Jadi Swarms akan melakukan public testnet dalam beberapa minggu kedepan dan dengan pengrilisan testnet ini orang orang dapat datang dan mencoba sistem penyimpan datanya. Dalam dunia internet saat ini, hampir seluruh server server dikontrol oleh perusahaan2 besar yg mengaut keuntungan dari data2 yg ada di dunia ini. Akan tetapi dengan hadirnya Swarm, maka ini akan menjadi sebuah terobosan terbaru yg dapat menghapuskan ide ide lama tersebut dengan konsep “File Sharing” yg menyerupai BitTorrent. Tapi masalahnya dengan BitTorent ialah networknya terlalu lamban sehingga tidak ideal untuk digunakan dalam skala yg besar dan sudah Swarm mempunyai solusi untuk itu. Swarm akan menerapkan sistem algoritma “Proof of Custody” dimana seseorang akan membayar untuk menyimpan data yg langsung ditujukan kepada orang yg menyediakan tempat storage buatnya. Selain itu… swarm juga akan menggunakan “Judge Contract” yakni sebuah Smart Kontrak yg memastikan supaya tidak ada pihak manapun (pengguna dan supplier) yg dirugikan. Berbicara tentang Web 3.0, mereka telah merencanakan kode proof of concept yg ketiga dankeempat yg akan lebih fokus terhadap komunikasi internode, data streaming dan database desentralisasi sehingga jangan kira cuma Facebook atau Google lah satu satu nya perusahaan yg dapat menyediakan service internet.

Raiden Network

Saat ini tim dev Raiden Network sudah mempunyai versi prototypenya yg fungsional dan akan tersedia “sebentar lagi”. Jika anda belum tau tentang Raiden Network, ia dapat membawa transaksi yg terjadi dalam blockchain Ethereum keluar dari Chainnya dan memprosesnya secara instant up to 1juta transaksi/ detik. Ditambah lagi kelebihannya yg dapat mengecilkan lagi kos transaksi dan membantu melindungi kerahasiaan transaksi. Dalam DevCon2 ini, mereka menunjukkan demo dalam senario IoT (Internet of Things) dan dikarenakan kekurangan info berhubungan dengan itu, ane gak tau gimana menjelaskan gambarannya. But overall, they nailed it!!

Ethcore Membangun Pendistribusian Masa Depan

Parity Client ialah salah satu software yg wajib punya jika seseorang hendak menjalankan blockchain Ethereum secara full node, entah itu untuk tujuan mining, wallet management, dapps dan lain lainya. Meskipun ia mempunyai fungsi yg sama seperti Geth, tp Ethcore lebih ternampak unggul. Jadi pada devcon2 tersebut, dipertunjukkan UI Parity Client dengan fitur fiturnya yg lebih “wow” lagi.

Zcash Sayang Ama Ethereum

Wew.. terdengar sedikit gay bahasanya… gak apa, harap maklum aja.. lol. Jadi Zcash akan merilis blockchain pribadinya dan akan ada 3 langkah untuk menggabungkan kerahasiaan dan keupayaan untuk memprogramkan. Pertama ialah menambahkan fitur privacy (kerahasiaan) kedalam Ethereum yg disebut dengan Baby Zoe (Zcash on Ethereum). Lalu menambahkan keupayaan berprogram kedalam blockchain Zcash dan seterusnya menghubungkan Zcash ke Ethereum Blockchain. Projecy Alchemy ialah sebuah istilah dari ketiga tiga langkah diatas untuk mengverifikasikan PoWnya Zcash dalam bahasa solidity (bahasa program yg digunakan oleh smart kontrak Ethereum). Dengan begitu maka, ia akan mengaktifkan kontrak Ethereum untuk menerima dan mengirim Zcash sehingga transaksinya akan lebih terjamin kerahasiaannya. Sebagai catatan tambahan, Zcash akan mulai launching di tanggal 28 Oktober 2016.

Revolusi Mauve Ethereum 2.0 (Vitalik)

Yops…. seperti yg kita ketahui, pada fase ketiga Ethereum “Metropolis”, algoritmanya akan menjadi Hybrid, separuh “Proof of Work” dan separuhnya lagi “Proof of Stake” demi upaya mempercepat lagi transaksi Ether 3–4x lipat dari saat ini. Permasalahan utama dalam teknologi cryptocurrency ialah skalabilitas yg bermaksud ketidakupayaan lagi untuk mengvalidasi keseluruhan transaksi akibat bertambahnya pengguna blockchain spt contoh bank, perusahaan besar dllnya. Disini Vitalik menghebohkan dunia dengan cara mengungkapkan bahwa Ethereum sudah ada solusi untuk itu meskipun dia tidak membocorkan kapan waktunya akan dieksekusi. Info yg lebih details tentang spesifikasi update terbaru Proof of Stake bisa dibaca dimari. Sebagai catatan tambahan, juga bahwa kedua-dua Vitalik dan Vlad membangun versi protocol caspernya sendiri untuk peralihan PoW ke PoSnya Ethereum nantinya.

Sedikit bocoran tentang DevCon2 di Day Two (Hari Kedua) hari ini ialah Bank Spanyol Terbesar yg bernama Santander sedang melangsungkan sebuah proyek dimana ia akan menjadi bank pertama yg mensupport teknologi blockchain ethereum. Ia diumumkan barusan saja, oleh foundernya Ether.camp dan Developer Java Client Ethereum yg kemudian diakui oleh representasi dari Bank Santander itu sendiri. Kedepannya bank tersebut akan mengissueskan akun tokenized dengan mata uang digital yg disebut “Cash ETH” yg dapat ditukarkan kepada duit fiat. WOW!!

Yops… sy rasa sekian dulu sedikit sebanyak laporan dari Day One DevCon2 Ethereum, dan sebenarnya masih banyak info yg sy tidak tuliskan disini spt contoh: update EVM (Ethereum Virtual Machine) yg akan diupgrade ke tingkat versi 2.0 supaya bisa lebih cepat dan laju lagi. Alasannya sy tidak menulis lebih details berhubungan itu karna kekurangan sumber informasi.. Well…. stay tuned untuk laporan selanjutnya dari DevCon2…

Salam YesNo!

Originally published at www.oneyesoneno.com on September 21, 2016.