Laporan DevCon2 Ethereum (Day Two)

Huluhala, yohhh saatnya laporan Day Two (Hari Kedua) DevCon2 Ethereum…. Yops… tidak lupa juga untuk sy selalu memberikan Big Credits kepada narasumber yg menyediakan informasi seputar DevCon2 “DavidBurela”,

ETH CASH (BANK SANTANDER)

Tidak dapat ditutup-tutup lagi, berita cukup tergempar semalam ialah pengumuman “EthCash” oleh Bank Santander dimana Ether dapat langsung diuangkan kepada duit kertas via Bank National. Sedikit sebanyak informasi yg saya kutip dari Wikipedia, Bank Santander mempunyai lebih dari USD 77millyar asset, 723 cabang bank dan lebih 2300 mesin ATM. Hal seperti ini, sy percayai belum pernah terjadi pada cryptocurrency manapun termasuk BitCoin dimana ada Bank National (Bukan Bank Digital) yg secara terang terang mengakui kehebatan teknologi blockchain dan menerimanya sebagai salah satu nilai asset uang. Sy juga percaya bahwa bukan saja Bank Santander yg akan mulai menerima Ether sebagai deposit/ withdrawal, Bank lain yg masih dirahasiakan juga akan melakukan hal yg sama: bisa saja spt: Swiss Bank, HSBC dllnya.

SEKURITAS SMART KONTRAK

Yops… dalam hari kedua ini lumayan banyak tools tools developer yg diumumkan, dan kebanyakan dari mereka ialah berhubungan dengan sekuritas. Ditunjukkan juga pada DevCon2 semalam, bagaimana TheDAO bisa kena serang karna kesalahan penulisan 1baris kode saja. Tools Rain or Shine, dapat membantu mengenalpasti kelemahan sesebuah smart kontrak secara visual dengan cara menganalisa kode kode smart kontrak tanpa harus mengeksekusikannya. Kemudian… mereka juga berbicara tentang Verifikasi Formal untuk Bahasa Solidity dan Imandra Kontrak yg juga turut menghadirkan fasilitas verifikasi formal untuk Ethereum serta Oyente yg dapat menjadikan smart kontrak lebih bijak lagi.

PAKAR SEKURITAS WALLSTREET NASDAQ BEKERJA FULLTIME DI ETHEREUM

Melalui Resume Mr Swende di Akun LinkedInnya, ia pernah bekerja di Yahoo sebagai software developer dan Nasdaq sebagai Informarmation Security Seniro Specialist. Jadi dia mempunyai pengalaman dan pengetahuan yg sudah bertahun tahun lamanya dalam bidang sekuritas teknologi internet. Dengan hadirnya Mr. Swende sebagai lead sekuritas fulltime di Fondasi Ethereum, tentunya ini merupakan salah satu asset berharga Ethereum dimana akan membawa sistem sekuritas Ethereum ke level yg lebih tinggi lagi.

ETHEREUM STUDIO DAN METAMASK

Ether.camp , yg bekerjasama dengan Bank Santander untuk merelisasikan proyek Eth Cash, juga memperkenalkan Ethereum Studio yg sudah tersedia pada Microsoft Azure. Jika anda tidak tau apa itu Ethereum Studio, ia ialah sebuah software yg memudahkan anda untuk menulis smart kontrak, mengedit dan kemudian mengeksekusikannya. Disamping itu Metamask… sebagai penyedia lightwallet Ethereum yg berbasis Plugin Google Chrome juga hadir dalam acara DevCon2. Mereka mengatakan bahwa ia telah mencecah lebih dari 12ribu pengguna dan 33rilis update. Untuk proyek seterusnya mereka akan mengembangkan sayapnya ke web browser lainnya seperti: Opera, Firefox dan Edge.

PENGENALAN TOOLS TOOLS DEVELOPMENT DAPPS

Cukup membingungkan untuk sy mengulas satu per satu tools tools development dapps karna sy sendiri aja gak paham maksudnya, tapi satu saja intinya iaitu mereka menghadirkan solusi yg lebih mudah untuk para developer membangun dapps (applikasi desentralisasi) antara lain: Drapple , EVM Dev Multotool, Solgraph, Truffle, Embark, Solidity 2.0, Infura dllnya…

DOMAIN NAME .ETH

Okay… beberapa domain yg paling lazim kita ketahui dalam dunia internet ialah .com , .net , .org dllnya. Maka untuk itu, disini, Ethereum akan memperkenalkan sistem domain tersendirinya iaitu .eth . Jadi para developer dapps yg legit (lengkap dengan data diri atau perusahaan) dapat menggunakan nama servis domain .eth tersebut.

SIKORKA — MENGHADIRKAN ETHEREUM DI LINGKUNGAN LUAR

Ia merupakan sebuah sistem yg mengfasilitaskan eksekusi smart kontrak di lokasi nyata sehingga ia dapat berinteraksi langsung dengan keadaaan lingkungan. Menyediakan Proof of Presence dimana kita dapat memastikan bahwa pengguna tidak bohong dan benar-benar ada dilokasi itu. Kemudian ia dapat digunakan untuk membuktikan keabsenan seseorang yg wajib hadir pada acara acara resmi. Terus ia juga dapat bermanfaat untuk program loyalty seperti menyediakan diskon spesial jika orang orang mengunjungi spesifik lokasi (kayak main PokemonGo aja) .

Yopsss… sekian aja more or less rincian laporan hari ke-2 DevCon2 Ethereum semalam, Stay Tuned utk update laporan hari ke-3 DevCon2 yg sedang berlangsung hari ini.

Salam YesNo!

Originally published at www.oneyesoneno.com on September 21, 2016.