Seputar Blockchain #1 — Nick Ayton SmartLedger

Yops… hola kawan kawan semua… judul artikel hari ini “Seputar Blockchain” akan menjadi salah satu serial artikel blog oneyesoneno yg berhubungan dengan perkenalan tokoh tokoh terkenal dan penemuan2 terbaru yang sedang hangat dibicarakan dalam industri blockchain. Semua penulisan ini dan begitu juga artikel2 kedepannya, hanya dapat dimungkinkan berkat adanya (Big Credits) sumber wancana Ether.Camp yg sy kutip langsung pada Youtube Channel mereka sebagai referensi. ^^v

Nich Ayton merupakan seorang entrepreneur teknologi yg telah berpengalaman lebih dari 30tahun dan juga merupakan salah satu CEO SmartLedger. Dia mengfokuskan dirinya pada model bisnis blockchain yang mendukung era Internet dan dunia digital yang semakin canggih dari hari ke hari. Disini jurus spesialisnya ialah dia dapat mengtransformasikan sesebuah bisnis/ organisasi untuk teradaptasi dengan teknologi blockchain.

Menurut Nich Ayton, sirklus hidup teknologi telah bermulai sejak tahun 1950-an yg lalu, apabila komputer sudah mulai dimanfaatkan dalam peperangan. Lalu ditahun 1960-an hadirlah mainframe komputer yg masiff dan di tahun 1970-an pula, kita dapat melihat revolusinya komputer yg disebut PC (personal computer) dimana ia mulai teradopsi pada tahun 1980-an. Seterusnya tentu saja di tahun 1990-an, hadirlah yg namanya Internet, dan semua gelombang gelombang teknologi yg disebutkan diatas semakin mendalam dan tidak dapat kita prediksikan karna ia bergerak dengan sangat cepat.

Apa yang sedang terjadi sejak tahun 1970-an sampai sekarang ialah struktur sesebuah organisasi/ perusahaan bersistemkan hirarki, dalam arti kata lain pengaturan jalan kerjanya sesebuah grup/ organisasi/ perusahaan ialah berdasarkan status rangking atau status kekuasaan. Maka untuk itu, ia menciptakan suasana kerja yg nol-kepercayaan, dimana ia dialami oleh kebanyakan organisasi saat ini. Seandainya jika anda bekerja dalam sesebuah organisasi dan anda menyimpang dari area yang bukan sepatutnya wilayah anda, maka anda bisa lgs dipecat. Jadi… apa yg terjadi saat ini ialah, teknologi blockchain dapat mengubah sistem kerjanya sesebuah organisasi yg bersifat hirarki seperti itu. Selain dari itu, blockchain menyediakan sistem distribusi transparansi yang mengubah database infomasi sesebuah organisasi yg bersifat sentral dan tertutup. Dengan adanya teknologi blockchain, maka semua orang dapat melihat sendiri apa saja aktivitas yg sedang berlangsung dalam sesebuah organisasi, tidak kayak sistem tradisonal saat ini dimana arsip databasenya dapat dimanipulasi dan diduplikasikan sesuai kehendak sesebuah pihak.

Teknologi blockchain dapat merubah bagaimana kita mencatat dan berbagi informasi dan Nich Ayton juga menganggap blockchain bisa mendefinasikan apa model operating yang hendak seseorang terapkan dalam organisasinya. Jadi… teknologi blockchain merupakan sebuah revolusi komputer science yang tidak akan kita ketahui bagaimana bentuknya dan ia sangat menarik karna blockchain menyelesaikan permasalahan fundamental yg sedang terjadi di dunia saat ini. Bayangkan seandainya anda mempunyai model bisnis yang tidak ada kepercayaan atau kepercayaan yg rendah dari para pengguna/ investor, dan saat ini ada sebuah solusi dimana anda dapat merubah model bisnismu menjadi sangat terpercaya, baik dari sisi transaksi, partnership, performa, dllnya… tentu saja, bisnis anda akan langsung berubah 360derajat dan inilah yg dimaksudkan dengan kehandalannya teknologi blockchain.

Namun begitu… apabila sebuah teknologi baru datang menerpa untuk menggantikan sistem tradisional saat ini, maka ia akan menciptakan sebuah jeda waktu, dimana orang orang akan berkumpul, memikirkannya dan bereksperimentasi dengannya. Jadi… inilah alasannya kenapa setelah 8tahun berlalu sejak blockchain Bitcoin hadir di dunia ini, barulah sekarang ini kita dapat melihat perusahaan perusahaan besar sibuk utk melirik kepada teknologi blockchain. Contohnya saja pada saat internet baru hadir di dunia, seseorang harus mengrilis lapisan lapisan sekuritas diatasnya sampai ia benar benar matang, sehingga di era tahun 2000-an barulah kita dapat mulai bertransaksi instrumen finansial secara online yg tidak dapat kita lakukan pada tahun tahun sebelumnya. Tak lama setelah itu, kita dapat melihat bisnis bisnis e-commerse mulai naik daun hingga ke hari ini. Jadi… teknologi blockchain juga akan melalui sirklus yg serupa seperti itu dan ia akan terjadi saat waktunya tiba nanti untuk mengubah sebagaimana dunia ini berfungsi.

Saat ini banyak sekali orang orang yang tidak dapat kita kenali, dimana mereka sudah mulai menggunakan teknologi blockchain untuk memecahkan kasus-kasus permasalahan. Konsep blockchain yg open-sources (terbuka) memikat ketertarikan para developer yg ada di dunia, dan mereka menciptakan serta bereksperimen dengan blockchain versi mereka sendiri. Intinya… banyak sekali hal hal yg baik sedang terjadi saat ini dan Nick Ayton beranggapan bahwa tahun 2017 akan menjadi tahun yg luar biasa karna akan ada sesuatu yg mulai dapat kita sentuh dan saksikan.

Yops… sekian aja dulu postingan artikel untuk hari ini

Salam YesNo!


Originally published at www.oneyesoneno.com on December 7, 2016.