Yohanes Chandra Ekajaya — Langkah Bekerja Duduk Seharian Didepan Komputer

Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya — Jakarta, Bekerja dengan duduk seharian di depan komputer bisa berdampak negatif bagi kesehatan maupun postur tubuh. Sakit punggung, sakit leher, juga gangguan penglihatan kerap dialami pekerja yang setiap harinya menghabiskan waktu lama dalam posisi duduk. Berbagai gangguan kesehatan itu bisa dicegah dan diatasi, dengan melakukan tujuh langkah berikut ini :
 
 1. Sesuaikan Tinggi Monitor dengan Posisi Duduk
 Layar komputer sebaiknya sejajar dengan mata Anda. Jika komputer terlalu rendah dari posisi duduk, akan berisiko sakit punggung dan leher. Sementara apabila layar komputer terlalu tinggi dari posisi duduk sehingga kepala harus menengadah, bisa terjadi kekeringan pada mata. Atur tinggi kursi kerja Anda hingga posisi kepala sejajar dengan layar monitor.
 
 2. Cukupi Asupan Air
 Oleh Yohanes Chandra Ekajaya Minum cukup air penting untuk memelihara kesehatan, tapi juga bisa menghindarkan Anda dari gangguan tulang leher dan punggung. Dengan meminum banyak air, tentu Anda perlu lebih sering berjalan ke pantry untuk mengisi ulang gelas. Usahakan tidak menyimpan botol minum besar agar frekuensi Anda bangun dan berjalan ke pantry untuk mengambil air lebih banyak. Tubuh yang lebih banyak bergerak tentu lebih baik ketimbang selalu duduk berjam-jam.
 
 3. Pasang Alarm
 Bukan untuk membangunkan jika Anda tertidur di meja kantor. Pasang alarm yang berbunyi setiap satu jam. Setiap kali alarm berbunyi, ingatkan pada diri sendiri bahwa sudah saatnya Anda bangun dari kursi untuk ambil air, ke toilet atau sekadar berjalan-jalan di sekitar kantor. Tubuh pun jadi lebih aktif dan banyak bergerak.
 
 
 4. Kurangi Naik Lift
 Kini Yohanes Chandra Ekajaya Jika kantor Anda berada di lantai yang tidak terlalu tinggi, misalnya hanya terletak di lantai dua atau tiga, manfaatkanlah tangga ketimbang lift. Gunakan tangga untuk naik dari lantai dasar ke kantor, atau sebaliknya. Naik-turun tangga akan membuat tubuh juga lebih banyak bergerak, juga ikut melatih otot agar tidak terlalu pasif karena seharian duduk di kantor.
 
 5. Stretching
 Luangkanlah waktu sejenak untuk meregangkan otot-otot agar tubuh lebih segar dan bersemangat hingga jam pulang kantor. Mengetik terus di depan komputer bisa membuat tulang lengan atas dan tulang selangka terasa kaku. Regangkan dengan menggerakkan tangan kanan ke depan menyamping kiri. Tekan di bagian siku menggunakan tangan kiri, tahan 10 detik. Selama itu, Anda akan merasakan kontraksi. Lakukan hal yang sama pada tangan lain. 
 
 6. Gunakan Font Huruf yang Besar
 Ketika teks di layar komputer terlalu kecil, Anda cenderung akan menyondongkan tubuh ke depan sehingga punggung dalam posisi bungkuk. Inilah yang menyebabkan tubuh sering pegal-pegal dan kelelahan pada mata. Maka dari itu pilihlah font huruf berukuran besar yang cukup jelas Anda lihat dengan posisi tegak dan menyender pada kursi. 
 
 7. Banyak-banyak Berkedip
 Terlalu lama menatap layar komputer cenderung membuat mata kering karena secara otomatis, mata akan lebih jarang berkedip. Biasakanlah untuk lebih sering mengedipkan mata ketika bekerja. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya Lakukan juga aturan 20–20–20 saat menatap layar komputer. Setiap 20 menit, alihkan pandangan mata ke tempat lain dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari posisi duduk, lalu tatap objek itu selama 20 detik.

silahkan lihat video