UX Writing RooteTrails: Improving the Website’s Voice, Tone and Messaging

Rafly Yansyah Effendi
5 min readNov 27, 2023

--

Photos included in my design are copyrights of RooteTrails.

Background : RooteTrails merupakan platform informasi pariwisata terintegrasi yang mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan (lingkungan, sosial-budaya, ekonomi lokal sampai inklusifitas). Dengan format tourism trail (jalur wisata), wisatawan bisa memandu diri mereka sendiri dan membuat traveling lebih seru dan bermakna sehingga wisata #BukanCumaSelfie. Sistem informasi & interpretasi wisata yang mudah di update, fleksibel serta user-friendly akan mendukung aksesibilitas, fasilitas dan pemasaran destinasi-destinasi pariwisata secara efektif.

Analisis Singkat

Setelah saya menganalisis website rootetrails saya menemukan beberapa hal yang di perbaiki, karna saya tidak mempunyai data segmentasi pasar dan brand guidelines Rootetrails, atau lebih tepatnya voice and tone pada rootetrails. jadi saya sempatkan untuk menganalisa kecil kecilan. saya sempat mampir pada akun instagram rootetrails yang menurut saya sangat playful, energetic, exciting dan bernuansa gen-z. Saya memutuskan voice and tone yang playful, energetic dan exciting yang akan saya pakai untuk membuat pada beberapa microcopy yang akan saya improve.

Problem Statement

Setelah mereview website dari Rootetrails saya menemukan beberapa microcopy yang terdengar seperti robot, bahasa yang tidak konsisten, banyak juga kata yang berulang, dan beberapa ukuran yang menurut saya masih bisa di improve dan beberapa hal yang perlu di tambahkan untuk memudahkan dan membuat pengalaman pengunjung website rootetrails lebih apik lagii!

Oleh karena itu, saya ingin menambahkan atau mengimprove beberapa hal pada website Rootetrails agar membuat pengunjung website merasakan experience yang lebih baik lagii. Dengan mengimprove beberapa hal ini, saya dapat memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan mereka terjawab secara menyeluruh dan meminimalisir pertanyaan pertanyaan mereka dan langsung ditangani secara efektif. Saya berharap saya bisa berkontribusi pada peningkatan pengalaman pengguna di situs web Rootetrails.

Style, Tone & Voice

  • Energetic dan Exciting : Menanamkan energi dan kegembiraan ke dalam microcopy, memicu antusiasme pengguna terhadap rencana perjalanan mereka yang akan datang.
  • Friendly and Conversational: menggunakan nada yang hangat dan terdengar akrab, untuk menciptakan hubungan pribadi dengan pengguna. Buat mereka merasa seperti sedang mengobrol dengan teman yang membantu.

Goals

Website Rootetrails sudah sangat menarik, namun ada beberapa hal yang membuat saya ( yang sedang memposisikan diri sebagai user ) seperti sedang berinteraksi dengan robot. Karena itu saya ingin membuat website Rootetrails lebih menarik energetic dan exciting. Hal ini bisa di rasakan user / pengunjung website dengan cara mengubah beberapa copy yang terdengar seperti robot. Mengubah beberapa copy menjadi terdengar lebih exciting dan menarik. Tidak hanya memberikan pesan error, namun memberi arahan user untuk menyelesaikan permasalahan. Membuat user dengan cepat menemukan apa yang dia cari pada website Rootetrails.

Proposed Solution

Website Greeting

Greeting yang interaktif dan exciting

Error State

Error state yang kurang interaktif dan tidak memberi arahan selanjutnya kepada user

Selain memberi tau, saya juga memberi solusi untuk mencoba email yang lain

  1. Untuk membuat website ini terdengar lebih energetic dan exciting. Saya mengubah Welcome back. menjadi Ready to explore with our trails?
  2. Sebenarnya copy yang sudah ada di website rootetrails sekarang sudah bagus dan informatif namun sangat terdengar seperti robot. Saya membuat error state yang lebih ramah dan memberi arahan selanjutnya untuk user yang sedang mengalami masalah.

Header Improvement

Saya membuat copy yang terdengar lebih exciting dan interaktif, walaupun terlihat lebih panjang

Copy Improvement

Copy ini sudah menarik, namun terdengar sedikit kaku.

Saya mengubah copy blog menjadi terdengar lebih exciting dan interaktif, saya mengubah kata akhir menjadi : Atau mungkin jadi tujuan wisata mu selanjutnya?

Ukuran Yang bisa di Improve

Masih banyak space tersisa pada halaman ini. namun tulisan terlihat kecil

Penambahan beberapa Icon

Saya menambahkan 2 icon untuk membantu pengunjung website mengetahui berapa lama perjalanan dan akan pergi ke berapa tempat. Saya juga membuat 2 opsi untuk microcopy pada button, Detail dan Lihat (opsi lama)

Copy pada halaman ini sudah cukup lengkap, namun membutuhkan waktu untuk mengetahui dimana letak wisata tersebut

Saya mencoba untuk memisahkan tag lokasi wisata, menambahkan icon dan membuat tag Bandung terpisah. otomatis pembaca langsung tahu dimana letak wisata tersebut

Kesimpulan

Dengan mengubah dan menghindari beberapa copy yang terdengar kurang menarik / robotic interaction, dan menjadikan terdengar lebih energic dan exciting, Saya yakin bisa meningkatkan pengalaman pengguna website Rootetrails secara signifikan dan memberikan informasi dengan cara yang approachable yang membuat pembaca merasa nyaman dan terbantu. Memaksimalkan space yang tersisa pada halaman untuk dijadikan beberapa informasi tambahan pasti akan sangat membantu pengunjung website.

What I’ve Learned

  • I am very happy with my learning process in the field of UI/UX, So this is one part of the long process that I’m going to go through.
  • I also learned that UX Writing plays a big role in product design and how copy can also influence the user in their next action. This also made me pay more attention to how other products express themselves through writing.
  • Making copy that matches the tone & voice of a consistent brand is also a challenge and requires creativity in making copywriting.

--

--