Sistem Kompetisi Liga 1 Indonesia Terbaru

Sepak bola Indonesia kembali bergeliat, setelah dua tahun tidak ada liga, kini di tahun 2017 akhirnya liga tertinggi tanah air resmi digulirkan oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), sebanyak 18 klub peserta akan berjuang memperebutkan gelar juara Liga 1 Indonesia, tahun ini nama Liga tertinggi tanah air mengalami perubahan, sebelumnya Liga tertinggi Indonesia bernama Indonesia Super League (ISL) tahun ini berganti menjadi Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia setelah dua perusahaan jasa tersebut menjadi sponsor utama liga Indonesia 2017.

Sejumlah regulasi baru pun diterapkan oleh PSSI salah satunya adalah setiap klub diwajibkan mendaftarkan minimal 5 pemain dibawah usia 23, setiap klub diharuskan memainkan minimal 3 pemain dibawah usia 23 sejak pertandingan dimulai dengan durasi bermain sekurang-kurangnya 45 menit, pemain dibawah usia 23 tahun hanya bisa digantikan dengan pemain dibawah usia 23 tahun lainnya, tidal bisa digantikan dengan pemain diatas u-23, regulasi tersebut tentu sangat menguntungkan untuk timnas U-23, pasalnya para pemain muda ini akan mendapatkan pengalaman jam terbang lebih tinggi, sehingga mereka akan lebih siap ketika melakoni laga-laga ditingkat Internasional.

Sistem Kompetisi Liga 1 Indonesia pun mengalami perubahan yakni dengan fomat satu wilayah, sebelumnya Liga Indonesia menggunakan 2 wilayah, 18 klub peserta akan saling bertemu dengan format kandang dan tandang sama halnya dengan liga-liga terbaik di dunia, berikut poin-poin sistem kompetisi Liga 1 Indonesia 2017

1. Pertandingan akan dimainkan dengan sistem kompetisi penuh (round robin) dimana setiap klub akan bermain melawan klub lainnya dengan format kandang dan tandang (home and away) sesuai dengan jadwal liga 1 Indonesia yang telah ditetapkan.

2. Pertandingan berlangsung selama 90 menit yang terbagi atas 2 babak masing-masing berlangsung 45 menit. Pertandingan dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

3. Perolehan nilai klub didapat dari hasil pertandingan, perhitungannya sebagai berikut:

a. menang, mendapat nilai 3 (tiga)

b. seri, mendapat nilai 1 (satu)

c. kalah, tidak mendapat nilai.

4. Penentuan peringkat di klasemen ditentukan sebagai berikut:

a. jumlah nilai yang diperoleh klub dari hasil pertandingan yang dimainkan

b. apabila terdapat 2 klub atau lebih memiliki jumlah nilai poin yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan oleh pertemuan kedua klub (head-to-head), apabila masih tetap sama maka mengacu pada selisih gol, jika masih sama juga dihitung dari jumlah gol memasukkan, jika tetap masih sama maka akan ditentukan dengan undian.

5. Peringkat 1 dalam klasemen akhir Liga 1 dinyatakan sebagai juara Liga 1.

6. Peringkat 16, 17 dan 18 dalam klasemen akhir Liga 1 degradasi ke Liga 2 musim 2018.

Semoga dengan sistem kompetisi Liga 1 Indonesia di atas, yang sama dengan liga terbaik di dunia dapat memajukan persepakbolaan tanah air, tentu kita sebagai masyarakat Indonesia sangat menginginkan Timnas maupun klub Indonesia bisa mengukir prestasi memuaskan dikancah Internasional

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.