KETAHUI BUAT KAMU MAHASISWA YANG INGIN DAFTAR MSIB! INI BENEFIT KALAU KAMU IKUTAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN DI SEAL

SEAL MSIB Jkt-Bdg
3 min readDec 14, 2022

--

Source: seal.or.id

Mulai tahun 2021 Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka sebuah program yang dinamakan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang mana terdiri dari dua jenis program yakni magang dan studi independen. Adapun tujuan dari program ini adalah untuk merancang dan memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia pekerjaan di masa depan, sekaligus menjadi ajang persiapan sebelum menuju dunia pekerjaan.

Adapun pada artikel ini penulis ingin berbagi pengalaman selama mengikuti program studi independen ini pada batch 3 dengan mitra Social Economic Accelerator Lab (SEAL), mulai dari pengalaman belajar yang baru hingga benefit yang didapatkan. Adapun sedikit penjelasan terkait mitra yang saya daftar yaitu SEAL merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang transformasi digital di sektor pemerintahan dan publik. Tujuan dari program SEAL ini adalah untuk menghasilkan keahlian berstandar tinggi yang sesuai dengan standar Industri di bidang transformasi digital pada instansi pemerintahan dan publik. Adapun proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode online learning & mentoring, dimana saya sebagai peserta harus mengimplementasikan materi yang diperoleh melalui sebuah projek.

Setelah mengikuti kegiatan ini selama satu semester penuh (kurang lebih 5 bulan), banyak hal yang saya pelajari dan kiranya tidak mungkin saya dapatkan jika hanya belajar secara formal di kampus, mulai dari pembelajaran dengan metode project based learning yang langsung dilakukan dan dikolaborasikan dengan instansi pemerintahan atau publik setempat, lalu pembelajaran yang diisi oleh pemateri yang kompeten dan ahli di bidangnya, serta dipertemukan dengan mentor dan teman baru dari beragam kampus dan daerah yang berbeda, sehingga pembelajaran cukup menarik dan merupakan hal baru bagi saya.

Disamping itu banyak benefit yang saya dapatkan dari materi pembelajaran terkait transformasi digital. Mulai dari skill IT seperti web development (pembelajaran untuk membuat dan mengembangkan website), mindset dan metode Agile dan Scrum yang tidak hanya sebatas teori namun dipraktekan langsung dengan pembuatan projek, UI/UX (pembelajaran untuk mendesign sebuah tampilan pada platform), Design Thinking & Design Sprint (metode problem solving yang sangat menarik dan sedang ramai digunakan oleh startup di masa kini), dan masih banyak lainnya. Adapun dari semua pembelajaran itu, saya bisa merangkum beberapa benefitnya sebagai berikut:

1. Skill dan Mindset baru

Bicara soal keahlian tentunya dengan program studi independen di SEAL saya banyak memperoleh keahlian baru dari beberapa mata kuliah yang diberikan seperti yang saya sebutkan diatas, dan disamping itu muncul mindset baru bagi saya dari pembelajaran Agile thinking, yang mana saya jadi lebih ulet dan cerdik dalam memanfaatkan waktu yang saya punya selama sehari untuk menyelesaikan segala tugas harian, mingguan, bulan dan tahun dengan target dan goals yang sudah saya susun sedemikian rupa.

2. Teamwork dan leadership

Di program Seal ini pembelajaran tidak hanya berfokus pada pengembangan individu, melainkan terdapat kolaborasi antar peserta dengan dibentuknya kelompok untuk menyusun final projek secara bersama. Dan melalui kelompok ini saya banyak belajar terkait teamwork dan leadership.

3. Merancang projek dan kolaborasi

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, pada program ini saya bisa berkolaborasi dengan sektor pemerintahan untuk merancang sebuah projek yang bertujuan untuk transformasi digital. Adapun projek yang saya dan kelompok buat melibatkan lembaga di tingkat pemerintahan Kota Bandung yakni BDC atau Business Development Center dengan membuatkan instansi tersebut sebuah website yang bermanfaat.

4. Konversi SKS dan Sertifikat

Terakhir, selain kamu mendapatkan 3 benefit diatas tentunya program ini bisa menggantikan kegiatan studi di program studi masing-masing yang setara dengan 20 SKS sekaligus mendapatkan sertifikat yang tentunya dapat bermanfaat sebagai pendamping ijazah nanti jika sudah lulus.

Jadi, itulah pengalaman saya selama mengikuti kegiatan studi independen di Social Economic Accelerator Lab (SEAL) pada program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan Kemendikbudristek melalui Kampus Merdeka. Buat kalian para mahasiswa yang tertarik atau memiliki minat terkait transformasi digital, kalian bisa daftar di program studi independen dari SEAL di batch ke 4 tahun 2023 nanti.

Author: Fariq Irham Hudiya

--

--

SEAL MSIB Jkt-Bdg

Independent study group at Social Economic Accelerator Lab (SEAL)