Ikutan Workshop Katazome

Hari ini, setelah nganter K dan ayahnya ke sekolah sekalian ngintip oyako festival (dan tentunya sambil belanja mainan yang harganya murce), langsung jalan ke Ginza untuk workshop Katazome.

Apa sih Katazome? Nah ini yang lengkapnya https://en.m.wikipedia.org/wiki/Katazome, pada dasarnya teknik aplikasi gambar di kain, hampir mirip seperti sablon.

Hari ini saya mencoba mengaplikasikan gambar di tas karung goni (agak lupa nama jenis kainnya apa ya kalau Bahasa Indonesia yang baik dan benar 😁). Pola gambarnya sudah disediakan oleh Tokyo Teshigoto yang punya booth di Hands Expo Tokyu Plaza Ginza lantai 7. Polanya sendiri bermacam-macam, cetakan pola hampir mirip ketika saya workshop teknik celup kain. Namanya Katagami. Pilihan polanya mulai dari gunung Fuji sampai salju, ichimatsu (kotak-kotak seperti anyaman) sampai bunga dan kelinci.

Prosesnya dijelaskan dengan singkat dan jelas oleh instruktur dengan bahasa Jepang, tapi mudah dipahami kok kalau yang bahasa Jepangnya minim kayak saya. Jadi gak perlu khawatir.

Alat-alatnya sudah disediakan pula, dari kain polos, brush alias sikat alias kuas yang dipakai, tampaknya menggunakan semacam merang. Tinggal oles-oles dan tadaaa!! Sudah jadi. Total kurang dari satu jam saya dan teman lainnya mengerjakan tas.

Selanjutnya, kami diajak jalan lihat hasil produk Tokyo Teshigoto ini, kainnya cakep-cakep, ya ampunnnn…pengen! Terus ada juga kotak bento dan perhiasan. Beberapa produk, cukup eksklusif tentunya dengan harga yang lumayan. Karena emang cakep sih.

Kalau kamu lagi di Tokyo, bisa mampir ke sini. Aksesnya gampang. Stasiun Ginza cari exit C3 langsung terpampang nyata Tokyu Plaza nan eksklusif dan mempesona ini. Acaranya sampai tanggal 30 November 2016.

Produk lain juga ada, lucu semua! Mau semua! 😍😍😍